Pengalaman Kerja Online di Projects.co.id

21 Januari 2017

Apakah saat ini Anda sedang mencari cara bagaimana mendapatkan uang dari internet dengan bekerja secara part time? Jika ya, maka Anda telah menemukan artikel yang tepat. Pada artikel ini saya akan sedikit memberikan review pribadi tentang pengalaman kerja online di Projects.co.id.

Pengalaman Kerja Online di Projects

Pengalaman Kerja Online di Projects

Pengalaman Kerja Online di Projects.co.id

Projects.co.id merupakan situs marketplace freelancer (situs iklan lowongan kerja), jasa, dan produk digital yang mempertemukan pihak pencari jasa dengan para freelancer.

Sederhananya, Projects.co.id merupakan tempat bertemunya para owner proyek (pihak yang ingin membuat proyek) dan para worker (freelancer yang bersedia mengerjakan proyek). Jadi, selain sebagai tempat mencari uang bagi para freelancer, situs ini juga bisa membantu para owner proyek untuk mencari freelancer yang tertarik untuk bergabung di dalam proyek mereka.

Per tanggal 1 September 2015, saya resmi menjadi anggota dengan niat sekedar mencari uang jajan tambahan. Maklum, saat itu blog ini masih belum bisa menghasilkan uang. Dalam kurun waktu sekitar 1 tahun lebih hingga sekarang, alhamdulillah saya sudah mendapatkan sekitar 10 proyek dan hasilnya lumayan untuk menambah uang jajan.

Kelebihan Projects.co.id dibandingkan situs sejenis

Dari sekian banyak marketplace freelancer baik yang lokal ataupun yang luar negeri, Projects.co.id memiliki banyak keunggulan, yaitu AJEEB (Aman, Jelas, Efektif, Efisien, dan Berkualitas).

Aman, karena situs ini telah memiliki kedudukan, legalitas perusahaan yang jelas, berdomisili tetap di Indonesia, dan mudah dihubungi.

Jelas, dalam artian semua detail pekerjaan sudah disepakati sejak awal.

Efektif, karena setiap pemilik proyek dapat mencari pekerja yang sesuai dengan bidangnya dalam waktu yang cepat.

Efisien, karena setiap besaran biaya dari setiap proyek bisa ditentukan sebelumnya, tidak akan ada pembengkakan biaya sebagaimana yang biasa terjadi pada sistem konvensional.

Berkualitas, karena owner bisa mendapatkan hasil kerja sebagaimana yang diharapkan dan worker bisa mendapatkan pembayaran sebagaimana yang telah dijanjikan sebelumnya.

Keunggulan/kelebihan lainnya:

Keunggulan Projects.co.id

Keunggulan Projects.co.id

Kelebihan yang paling menjadi “primadona” saya adalah mereka hanya menarik biaya 12% dari total biaya proyek untuk setiap proyek yang berhasil dikerjakan.

Nilai tersebut merupakan yang paling rendah di antara situs sejenis. Maklum, anak kos memang harus sedikit perhitungan kalau masalah uang 😀

Jadi, misalkan nilai proyek Anda adalah Rp200.000, maka sebagai worker Anda akan mendapatkan bayaran sebesar Rp176.000 (potongan 12% atau Rp24.000 untuk mereka).

Per tanggal 27 Oktober 2016, biaya untuk semua proyek yang memiliki nilai Rp100.000 (atau kurang) sudah ditiadakan. Jadi, jika nilai proyek Anda Rp100.000, maka bayaran yang akan Anda terima juga Rp100.000.

Jenis pekerjaan yang beragam

Saat ini ada begitu banyak jenis pekerjaan online yang tersedia di Projects.co.id (tergantung owner proyek). Jadi, Anda dapat memilih proyek yang sesuai dengan kemampuan masing-masing. Beberapa proyek yang sering saya lihat di halaman utamanya adalah pencarian jasa penulis artikel, pembuatan blog, pembuatan toko online, pembuatan template website, desain grafis, dan lain sebagainya. Bahkan ada juga proyek yang tidak memerlukan skill khusus, contohnya jasa input data, jasa pembuatan email, jasa pembuatan akun facebook, dan masih banyak lagi.

Review sebagai owner (pemilik proyek)

Selain sebagai freelancer (worker), saya juga pernah membuat beberapa proyek di situs Projetcs.co.id. Fitur yang saya “suka” adalah uang yang saya bayarkan untuk proyek tidak akan masuk ke akun worker sebelum proyek benar-benar dinyatakan selesai. Jadi, tidak ada ceritanya worker menghilang dan membawa kabur uang proyek pada saat proyek sedang berlangsung.

Pada akhir proyek, juga ada fitur rating bagi owner untuk memberikan penilaian kepada worker, dan begitu pula sebaliknya. Jadi, sebagai worker, Anda jangan coba main-main saat sedang mengerjakan proyek karena penilaian oleh owner pada akhir proyek dapat menjadi pertimbangan owner lain saat Anda mencoba mengajukan penawaran jasa pada proyek yang lain.

Tips bagi worker saat mengajukan penawaran pada proyek

Berdasarkan pengalaman pernah menjadi owner proyek, ada bermacam-macam cara worker pada saat mencoba memberikan penawaran terhadap proyek. Ada yang menawarkan proyek tanpa perkenalan terlebih dahulu dan ada yang memberikan penawaran dengan basa-basi yang sangat panjang.

Terlepas dari kemampuan dalam mengerjakan proyek, sebenarnya cara penawaran diri seorang worker dapat menjadi nilai lebih bagi owner dalam memilih worker. Oleh karena itu, jika Anda berniat menawarkan diri dalam sebuah proyek, cobalah untuk sedikit memperkenalkan diri dan keahlian terlebih dahulu, bisa juga dengan menginformasikan tentang proyek sebelumnya yang pernah Anda kerjakan. Jangan terlalu to the point. Selain itu, juga berikan “sugesti” dan keyakinan kepada calon owner bahwa Anda pantas menjadi worker proyek tersebut.

Nah, sekian sedikit review saya tentang pengalaman kerja online di internet. Semoga bermanfaat dan sukses dengan proyeknya masing-masing 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.