Kumpulan Website yang Menyediakan SKP IAI Gratis

10 Juni 2021 © Protected by COPYSCAPE

Satuan Kredit Partisipasi atau yang sering disebut SKP adalah salah satu hal yang harus dikumpulkan oleh setiap apoteker di Indonesia sebagai syarat untuk permohonan resertifikasi atau perbaruan sertifikat kompetensi yang umumnya dilakukan setiap 5 tahun sekali. Salah satu domain SKP yang wajib dikumpulkan adalah SKP pembelajaran. Pada awal pandemi, kita memang mengalami kesulitan mengumpulkan SKP karena aturan yang tidak memungkinkan untuk diadakannya seminar, tetapi seiring berjalannya waktu, sudah begitu banyak website dan organisasi yang menyediakan berbagai kegiatan webinar, baik yang gratis ataupun yang berbayar.

Berikut ini saya bagikan beberapa situs atau website yang menyediakan CPD SKP IAI gratis.

1. P2AB PP IAI

Website P2AB, bisa diakses melalui link https://p2ab.net, merupakan program resmi dari IAI yang secara rutin menyediakan webinar untuk anggota IAI yang sudah terdaftar di Sistem Informasi Apoteker (SIAp). Sejauh tahun 2021 dan hingga artikel ini ditulis, sudah ada total 23 webinar yang dilaksanakan oleh IAI di dalam situs ini (belum termasuk yang tahun 2020).

Ada 2 jenis kegiatan dari program ini, yaitu kegiatan live webinar dan kegiatan webinar on demand. Kegiatan webinar on demand merupakan versi replay dari live webinar dan baru bisa diakses sekitar 3-4 minggu setelah kegiatan live webinar dilaksanakan. Saya pribadi lebih sering mengikuti kegiatan webinar on demand karena kegiatan live webinar umumnya dilakukan pada hari dan jam kerja, sehingga agak sulit untuk menyimak secara penuh pemaparan materi yang disampaikan oleh narasumber, berbeda dengan kegiatan webinar on demand yang bisa diakses kapan saja selama beberapa minggu setelah tersedia di daftar showcase akun P2AB.

Seperti kebanyakan kegiatan webinar lainnya, di akhir kegiatan akan dilakukan kuis (post-test) yang mana merupakan syarat bagi peserta untuk mendapatkan SKP pembelajaran jika memperoleh nilai lebih dari 80 poin. Jumlah SKP yang diberikan kepada peserta kegiatan webinar di tahun 2021 ini adalah 3 SKP pembelajaran per kegiatan (lebih banyak dibandingkan webinar tahun 2020 yang hanya memberikan 2 SKP pembelajaran).

Kelebihan perolehan SKP di website P2AB adalah SKP pembelajaran yang kita dapatkan otomatis terhubung dan terverifikasi di akun SIAp, berbeda dengan SKP pembelajaran dari kegiatan lain di luar webinar IAI, setiap SKP yang kita dapatkan harus kita klaim secara manual dan perlu menunggu verifikasi dari tim verifikator PC, PD, dan PP terlebih dahulu pada saat pengajuan proses resertifikasi.

Mau kunci jawaban soal kuis (post-test) dari CPD yang ada di P2AB PP IAI? Silakan akses https://muhrid.com/jawabanP2AB

2. Jurnal Cermin Dunia Kedokteran (Kalbemed)

Program CPD (Continuing Professional Development) yang merupakan hasil kerja sama antara PP IAI dengan Majalah CDK ini sedikit berbeda dengan P2AB PP IAI yang telah saya sebutkan pada poin pertama, SKP pembelajaran yang ditawarkan diberikan kepada apoteker yang mengikuti kegiatan dengan membaca jurnal yang telah disediakan, lalu diberikan link untuk mengikuti kuis (post-test). Berbeda dengan P2AB PP IAI yang mengharuskan peserta menonton video dengan durasi tertentu, peserta CPD CDK ini cukup membaca jurnal yang biasanya terdiri atas 1-8 halaman, tentu lebih hemat waktu dan paket data.

Sayangnya, jumlah CPD yang tersedia di Kalbemed tidak sebanyak seperti yang ada di P2AB IAI. Hingga artikel ini ditulis, jumlah SKP yang bisa saya dapatkan di Kalbemed adalah 10 SKP dari 5 CPD yang tersedia. CPD Jurnal Cermin Dunia Kedokteran bisa diakses melalui link https://www.kalbemed.com/cpd.

3. MIMS CPD

Program CPD yang disediakan oleh MIMS kurang lebih sama dengan program CPD Jurnal Cermin Kodekteran. Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan membaca artikel atau jurnal yang telah disediakan, lalu kita bisa mengikuti kuis (post-test) yang terdiri dari 20 soal dengan format benar atau salah.

Pada saat artikel ini ditulis (26 Juni 2021), jumlah CPD yang tersedia di MIMS CPD ada sebanyak 2 CPD dengan perolehan SKP pembelajaran sebanyak 2 SKP per CPD. Kemungkinan, program CPD yang disediakan oleh MIMS ini akan terus berkelanjutan dan bertambah seiring waktu. Silakan mengakses program MIMS CPD melalui link http://www.mims-cpd.co.id/id-id/cpdpharmacist.aspx.

4. Farmasetika

Pembahasan terkait perolehan SKP di Farmasetika.com akan segera saya perbarui kemudian.

Kebetulan, saya sudah mengikuti 3 CPD di website Farmasetika yang beralamat di https://cpd.farmasetika.com/courses/, tetapi belum mendapat SKP yang ditawarkan meskipun sudah mengikuti kelas dan kuis dengan nilai lebih dari nilai minimun (70 poin) karena tidak ada menu atau tombol untuk klaim sertifikat. Kendala ini sudah saya tanyakan di halaman Help Desk yang tersedia, tetapi masih menunggu persetujuan dan jawaban dari pihak penyedia.

5. SwipeRX

Jika 4 situs sebelumnya berbasis website, maka lain halnya dengan SwipeRX yang berbasis aplikasi mobile. SwipeRX tidak bisa diakses melalui website, sehingga sejawat harus mendownload aplikasi SwipeRX di perangkat smartphone terlebih dahulu agar bisa mengikuti program CPD yang disediakan. Sistem perolehan SKP di SwipeRX sama dengan di Kalbemed yang mengharuskan peserta untuk membaca jurnal, artikel, atau modul yang telah disediakan, kemudian menjawab kuis (post-test) dengan nilai minimal 80 poin untuk dapat mengklaim 2 SKP pembelajaran yang ditawarkan.

Jumlah modul yang tersedia memang cukup banyak (meski tidak sebanyak yang ditawarkan P2AB PP IAI), tetapi sejawat harus lebih teliti dalam memilih modul tersedia karena ada beberapa modul yang hanya menawarkan SKP untuk tenaga teknis kefarmasian saja, tidak untuk apoteker. Beberapa modul juga terkadang memerlukan kode akses untuk membuka soal kuis (post-test) di akhir pembelajaran, sehingga pastikan untuk lebih teliti dalam membaca ketentuan dari masing-masing modul yang tersedia.

Nah, itulah beberapa situs atau website penyedia SKP IAI gratis yang saya tahu sejauh ini. Mari manfaatkan fitur-fitur yang tersedia di masing-masing website tersebut 😀

Jika rekan sejawat memiliki informasi terkait website yang menyediakan SKP IAI gratis lainnya, silakan bagikan melalui kolom komentar di bawah. Artikel ini insyaAllah akan selalu saya perbarui jika ada informasi tambahan dari rekan-rekan sekalian.

Komentar pada artikel "Kumpulan Website yang Menyediakan SKP IAI Gratis"

Klik bagian ini untuk membuka riwayat komentar
  1. Lisa berkata:

    Terima kasih infonya, membantu sekali untuk saya yang sedang berburu SKP. Saya mau tanya kalau yg webinar on demand itu tetap bisa dapat SKP juga?

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Senang jika bisa membantu kak Lisa.

      Iya, dapat SKP sama seperti peserta yang mengikuti live webinar, bahkan SKP-nya bisa langsung diklaim dan masuk ke akun SIAP, tidak seperti SKP dari live webinar yang perlu proses verifikasi dan penyaluran terlebih dahulu, kak.

      Semangat berburu SKP-nya kak 😀

      1. Lisa berkata:

        Terima kasih 👍🏻

  2. Anonim berkata:

    Untuk mendapat SKP dr website P2AB tsb, apakah harus mengaktifkan aplikasi SIAp lebih dulu, atau bisa meskipun SIAp nya blm aktif?

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Asumsi saya, sepertinya bisa kak, dengan syarat minimal harus memiliki nomor anggota (NA), tetapi akan lebih baik jika akun SIAP sudah aktif karena SKP yang didapat bisa langsung diverifikasi otomatis.
      Jika akun SIAP belum aktif, maka perlu klaim manual SKP pembelajaran yang didapat.

  3. Bayu berkata:

    Terima kasih untuk informasi yg sangat berharga.
    Apakah teman sejawat punya kode akses salah satu modul di swiperx?

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Siap, terima kasih kembali sejawat Bayu.
      Per hari ini, saya sudah tidak memiliki kode akses salah satu modul di SwipeRX yang masih bisa digunakan mas, mungkin nanti akan saya informasikan jika sudah tersedia kembali 🙂

      Saat ini saya sedang merintis grup Telegram yang membagikan informasi terkait SKP IAI gratis. Jika tertarik, mas Bayu bisa bergabung menggunakan link berikut https://t.me/CPDapoteker

  4. Achen berkata:

    pak cara klaim skp dari jurnal bagaimana kah? kalo webminar dari p2ab kan sudah otomatis masuk ke akun SIap.. terima kasih atas jawabannya.

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Untuk klaim SKP selain dari P2AB SIAP, harus dilakukan secara manual dengan mengklaim menu klaim SKP di SIAP Pak Achen.

      1. Anonim berkata:

        siap pak… terima kasih banyak informasinya.. sangat bermanfaat sekali.
        oiya pak.. untuk CDK kalbemed, kok saya belum berhasil melihat jurnal atau test nya yah… tombol “klik update” nya gak bisa di klik.. kenapa ya pak..

  5. Purnama sari berkata:

    Terima kasih infonya sangat membantu sekali mas
    Sy mau nanya, website” tersebut apa hanya utk apoteker saja atau TTK bisa akses website tsb?

    Bgmn cara mendapatkan nomor Anggota (NA)?

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Senang jika bisa membantu Kak Purnama.

      Sejauh yang saya tahu hingga saat ini, dari 5 website yang saya sebutkan dalam artikel, hanya SwipeRX saja yang memberikan SKP untuk TTK (bahkan lebih banyak dibandingkan SKP untuk apoteker).

      Untuk nomor NA, jika Kakak merupakan anggota PAFI, silakan masukkan nomor anggota PAFI-nya Kak 🙂

  6. Tisna Misnawati berkata:

    Terima kasih atas sharingnya.

  7. July berkata:

    MasyaAllah sungguh pak muhammad riduan berhati mulia, telah memberikan link untuk kunci jwban webinar ini, saya sangat berterimakasih pak krn saya sangat terbantukan di mana saya yang banyak kekurangan skp ini, terimkaaih banyak sekali lagi pak semoga sehat sll dan Allah akan membalas kebaikan bapak 🙏🙏

  8. Ayya berkata:

    Mas..maaf boleh tanya. Untuk farmasetika.com dan kalbemed memamg tidak ada materi cpd kah untuk saat ini. Dibuka websitenya tidak ada..

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Sejauh yang saya tahu, iya mba, kedua website tersebut untuk saat ini belum memiliki CPD terbaru lagi. Program CPD yang masih aktif dan rutin hingga saat ini ada P2AB IAI.

      1. Anonim berkata:

        Kalau swiperx mas? Saya buka modul tapi tidak bisa kerjakan tesnya

        1. Muhammad Riduan berkata:

          Untuk Swipe-RX, ada beberapa yang baru, tapi kebanyakan bagian tesnya memerlukan kode akses, sehingga tidak bisa diakses secara bebas.

  9. jihan berkata:

    yang kalbemed kunci jawabannya ada ga ka

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Kemarin tidak sempat buat kak. Kebetulan saya sudah mengikuti semua CPD yang tersedia di Kalbemed, jadi belum bisa membuat lagi 😀

  10. Armawanti berkata:

    Membutuhkan informasi pembelajaran memperoleh skp

  11. Nawang Astu berkata:

    Mohon izin bertanya, apakah saat ini webinar on demand sudah ditiadakan ya? Terakhir di webinar ke-5, sth itu yg asma dst apakah tidak ada lagi atau memang tidak ada dibuka? Terima kasih

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Kemungkinan akan tetap ada, ketersediaan webinar on demand biasanya memang perlu waktu beberapa lama terlebih dahulu setelah webinar live terselenggara Kak.

      Untuk mendapatkan informasi jika webinar versi on demand telah tersedia, silakan bergabung ke kanal Telegram di https://muhrid.com/telegramwebinar

      1. Anonim berkata:

        Baik terima kasih, saya sudah bergabung di telegramnya. Mohon maaf bila diperkenankan bertanya kembali, untuk webinar yang memberikan SKP dari PD IAI tertentu, apakah SKP tersebut tetap dapat digunakan meskipun saya berasal dari PD IAI yang berbeda?

        Terima kasih banget, karena blog ini sudah sangat banyak membantu.

        1. Muhammad Riduan berkata:

          Sejauh yang saya pahami dari SK PP Nomor PO.004/PP.IAI/1822/XI/2020, tidak ada ketentuan bahwa SKP kegiatan webinar (secara umum) hanya berlaku untuk anggota dari PD penyelenggara Kak (terkecuali untuk kegiatan konferda/rakerda dan konfercab/rakercab yang sebagian SKP-nya hanya berlaku untuk anggota dari PC/PD penyelenggara).

          Terima kasih Kak 🙂

  12. Aini berkata:

    Udah pernah pakek yang ada kode aksesnyaaa gak kak? Aku udah nyoba tapi belom ada yang dikirim 😭😭😭😭

  13. Aini berkata:

    Udah pernah pakek yang ada kode aksesnyaaa gak kak? Aku udah nyoba tapi belom ada yang dikirim 😭😭😭😭

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.