Dark mode

Kunci Jawaban Webinar Kehumasan The Way of Perfect Writing “Listen, Create and Share” [Webinar 2021-28]

30 Juni 2021 © Protected by COPYSCAPE

Berikut ini adalah kunci jawaban dari webinar apoteker 2021-27 berjudul Webinar Kehumasan dalam Rangka HUT 66 IAI The Way of Perfect Writing “Listen, Create and Share” yang dilaksanakan pada hari Minggu, 4 Juli 2021 pukul 13.00-16.00 WIB oleh PP IAI.

Webinar Kehumasan dalam Rangka HUT 66 IAI The Way of Perfect Writing Listen Create and Share

Poster Webinar Kehumasan dalam Rangka HUT 66 IAI The Way of Perfect Writing “Listen Create and Share”

  • Urutan soal untuk setiap peserta mungkin saja berbeda.
  • Skor kuis menggunakan jawaban yang ada di bawah ini adalah 85.
  • Simbol ✅ bermakna bahwa pernyataan benar dan simbol ❌ bermakna bahwa pernyataan salah.

❌ Kepanjangan dr VLOG adalah Virtual Logging.

✅ Aksi penyuntingan gambar dan audio ada di metode P3k kegiatan pasca produksi.

✅ Fungsi kegiatan kolaborasi di metode P3K adalah untuk menyelaraskan dan menyesuaikan ide dr setiap kegiatan menjadi lebih baik dan pas.

❌ Dalam materi VLOG kali ini kepanjangan P3K adalah Produksi Paskaprodukai Peranan Kamera.

❌ Istilah Recce dilakukan dalam kegiatan Paskaproduksi.

✅ Karena piagam PBB mengatakan diujung kemerdekaan seseorang terdapat kemerdekaan orang lain yang tidak boleh dilanggar.

✅ Dalam sistem hukum Indonesia, sengketa pemberitaan disidik dan diadili sesuai dengan status medianya. Penyelesaian konten media berbadan hukum pers secara umum gunakan UU Pers, media sosial dengan UU ITE, media penyiaran terestrial dengan UU Penyiaran dll.

✅ Sesuai UU Pers, perusahaan pers tidak perlu izin khusus, cukup berbadan hukum Indonesia, PT, yayasan atau koperasi.

❌ Pada Pasal 1 angka 2 UU Pers badan hukum pers tidak boleh dicampur dengan badan hukum lainnya, harus didirikan secara khusus.

✅ Wartawan Indonesia harus memiliki dan mentaati Kode Etik Jurnalistik (KEJ). KEJ yang dimaksud di sini berjumlah 11 pasal disahkan oleh Dewan Pers.

✅ Produk pers harus dihasilkan oleh kerja jurnalistik dan disiarkan atau dipublikasikan oleh media berbadan hukum pers Indonesia.

✅ Produk jurnalistik mendapat perlakuan khusus karena asas kemerdekaan pers sebagaimana diatur Pasal 2 UU Pers, antara lain menjalankan sebagian kedaulatan rakyat.

✅ Meski memiliki kemerdekaan, pers dalam menjalankan sebagian kedaulatan rakyat itu harus memenuhi prinsip-prinsip demokrasi, keadilan dan supremasi hukum, jadi tidak boleh partisan dan sesuka hatinya.

✅ Pada hierarki perundangan di Indonesia, kedudukan UU Pers di bawah UU SPPA, sehingga pers harus patuh menutup identitas anak berhadapan dengan hukum, bila melanggar dapat dipenjara jikalau keluarga anak melaporkan ke polisi.

✅ Pada era sekarang ini wartawan Indonesia selain mematuhi KEJ juga mematuhi berbagai rambu lainnya baik berupa pedoman maupun P3 SPS, tergantung medium yang menjadi outputnya.

❌ Selama ini kita mungkin masih bingung dengan istilah artikel dan berita atau berita dan artikel. Apakah keduanya sama secara definisi?

✅ Artikel deskripsi adalah bentuk tulisan/karangan yang bertujuan menggambarkan suatu fakta yang ada sehingga pembaca dapat membayangkan di dalam benak/pikirannya.

❌ Dalam membuat tulisan opini apakah hanya boleh dilakukan oleh seorang jurnalis saja?

✅ Rumus 5 W 1 H apakah berlaku dalam penulisan press release?

✅ Dalam memulai sebuah tulisan hal paling utama adalah penentuan ide/tema?

Dengan adanya kunci jawaban webinar ini, saya berharap teman sejawat sekalian bisa lebih fokus menyimak paparan materi yang diberikan oleh narasumber tanpa harus memikirkan apakah nantinya bisa mendapatkan nilai yang cukup pada kuis atau post-test agar mendapatkan SKP pembelajaran yang ditawarkan.

Silakan digunakan sebagaimana mestinya dan semoga bermanfaat 😀

Kunci Jawaban Webinar Lainnya

Gabung grup Telegram

Berbagi informasi kegiatan webinar dan kunci jawaban post test webinar