Tak Hanya untuk Diet, Ini Manfaat Buah Plum bagi Kesehatan Tubuh

27 September 2018 © Protected by COPYSCAPE

Buah dengan bentuk menyerupai apel berukuran mini dan berwarna pekat ini semakin populer akhir-akhir ini. Buah plum dipercaya berkhasiat untuk menurunkan berat badan. Buah impor yang kaya akan vitamin A, vitamin K, zat besi dan kalium ini ternyata menyimpan segudang manfaat lainnya untuk kesehatan. Ini dia ulasan manfaat buah plum bagi kesehatan tubuh.

Ini 6 Manfaat Buah Plum bagi Kesehatan Tubuh

Ini Manfaat Buah Plum bagi Kesehatan Tubuh

Ini Manfaat Buah Plum bagi Kesehatan Tubuh

1. Mencegah Penyakit Jantung

Selain terbukti menangani obesitas dan kelebihan berat badan, buah plum ternyata juga efektif menurunkan gula darah dan kolesterol yang sering menjadi penyebab utama terjadinya penyakit jantung.

Selain itu, buah plum juga mengandung kolesterol baik yang akan membantu metabolisme dalam tubuh.
Kandungan vitamin K yang terdapat dalam buah plum juga akan membantu mengendalikan denyut jantung serta menjaga metabolisme yang berkaitan dengan jantung. Oleh sebab itu, buah plum berkhasiat melancarkan peredaran darah dan mencegah terjadinya pembekuan atau penyumbatan di aliran darah.

2. Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat buah plum lainnya yang belum banyak diketahui orang adalah dapat meningkatkan imunitas dalam tubuh. Kaya akan kandungan vitamin C yang meningkatkan resistensi pada infeksi dan peradangan, membuat imunitas Anda akan meningkat jika mengonsumsi buah ini.

Buah plum juga dapat mencegah dan mengobati penyakit flu karena mengandung zat lektin yang dapat menghambat dan mengatasi infeksi yang disebabkan oleh virus influenza. Selain itu, buah plum juga mengandung nitric ocide yang dapat menghambat pertumbuhan sel tumor dalam tubuh.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Tak hanya merawat sel-sel dan metabolisme dalam tubuh, buah plum juga berkhasiat menjaga tulang serta mencegah terjadinya osteoporosis. Zat anabolic dan anti-resorptive yang terdapat pada buah plum dapat menjaga tulang dari kerusakan jaringan dan kerapuhan.

Kandungan flavonoid dan polifenol pada buah plum berfungsi untuk mengambat kerusakan tulang serta meningkatkan kepadatan tulang sehingga dapat mencegah osteoporosis pada wanita berusia lanjut yang disebabkan karena faktor hormone dari ovarium.

4. Mencegah Penyakit Alzheimer pada Usia Lanjut

Manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dari buah ini salah satunya adalah dapat mencegah penyakit Alzheimer dan semacamnya yang membuat tubuh kehilangan kemampuan kognitif. Kandungan flavonoid dalam buah plum dapat mengurangi peradanagan pada area neurologis sehingga mencegah terjadinya Alzheimer.

Selain itu, zat fitronutrisi pada buah plum dapat meningkatkan memori dalam otak juga sekaligus meningkatkan kemampuan belajar yang umumnya semakin menurun seiring dengan pertambahan usia. Mengonsumsi buah plum secara teratur dapat menghindarkan Anda dari penyakit Alzheimer, Parkinson hingga Stroke.

5. Melancarkan Sistem Syaraf dan Metabolisme dalam Tubuh

Selain beberapa khasiat bagi kesehatan tubuh di atas, buah plum ternyata juga dapat mengobati penyumbatan sistem syaraf dalam tubuh. Kandungan vitamin B6 dapat membantu fungsi dan kelancaran kerja sistem syaraf. Asam amino dan triptofan pada plum dapat meningkatkan konsentrasi dan membantu tidur menjadi lebih nyeyak.

Buah plum juga mengandung zat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan membantu regenerasi pada sel-sel dalam tubuh. Antioksidan juga memperlancar proses metabolisme dalam tubuh. Kandungan zat besi pada buah plum juga berkhasiat menyembuhkan dan mengatasi anemia.

6. Mencegah Terjadinya Kanker

Selain mengandung antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas, buah plum juga memiliki zat antosianin yang dapat menghentikan perkembangan sel-sel kanker pada tubuh. Mengonsumsi buah plum dianggap paling aman mengatasi kanker karena hanya akan membunuh sel kanker tanpa mengganggu sel-sel sehat lainnya.

Itulah beberapa manfaat buah plum bagi kesehatan Anda. Mengonsumsi buah plum dalam bentuk jus secara teratur atau minimal 3 kali dalam seminggu dapat memberikan hasil maksimal. Buah plum juga kaya akan serat dan dapat memperlancar pencernaan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.