SehatQ.com Rekomendasikan Tindakan Medis Dibandingkan Pengobatan Alternatif

21 April 2020 © Protected by COPYSCAPE

Alasan biaya kerap menjadi pertimbangan seseorang memilih pengobatan alternatif dibanding pergi ke dokter atau klinik terpercaya. Selain masalah harga yang terjangkau, pengobatan alternatif diklaim tidak menggunakan bahan kimia atau tanaman herbal yang lebih aman. Dari kacamata medis, apakah memilih pengobatan alternatif lebih aman dibandingkan dengan tindakan medis? Yuk, simak ulasan lengkap dari SehatQ.com berikut ini.

SehatQ.com Rekomendasikan Tindakan Medis Dibandingkan Pengobatan Alternatif

SehatQ.com Rekomendasikan Tindakan Medis Dibandingkan Pengobatan Alternatif

Pengertian pengobatan alternatif adalah pelayanan kesehatan menggunakan cara, alat, dan bahan yang tidak masuk standar pengobatan medis oleh tenaga ahli. Contoh pengobatan alternatif di sekitar yang mudah ditemukan antara lain terapi akupuntur, obat herbal, jamu tradisional, pijat refleksi, hipnosis, dan lain-lain.

Pengobatan alternatif tentunya tidak dilarang selama bisa memberikan dampak positif untuk kesehatan. Sebagai contoh, terapi akupuntur yang telah terbukti bisa memberikan manfaat kesehatan dan juga ditangani oleh tenaga medis yang terpercaya. Namun, Anda tetap harus tahu bahwa pengobatan alternatif hanya berfungsi sebagai pilihan lain (alternatif) dalam mengobati penyakit dan bukan untuk menggantikan tindakan medis.

Anda pasti tahu bahwa banyak pengobatan tradisional yang tidak memiliki rujukan atau tidak memberikan jaminan kesembuhan penyakit apa saja. Terlebih fakta menyebutkan bahwa setiap orang memiliki reaksi berbeda saat mendapatkan pengobatan alternatif. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk memprioritaskan pengobatan alternatif dibandingkan dengan pengobatan medis. Pengobatan medis yang telah menjalani uji klinis dan terbukti aman harusnya dapat menjadi alasan kenapa kita harus memilih pengobatan medis sebagai pilihan utama untuk penanganan penyakit tertentu.

Bisakah pengobatan alternatif memberikan efek samping?

SehatQ.com memang merekomendasikan Anda untuk melakukan tindakan medis terlebih dahulu dibandingkan pengobatan alternatif. Dokter yang telah menempuh pendidikan medis kredibel bisa memberikan penanganan yang sesuai dengan prosedur yang jelas dan terjamin dalam hal keamanan.

Misalnya, terapi akupuntur tetap bisa dilakukan dokter sekaligus terapis yang bersertifikat sehingga keamanan dalam penggunaan jarum bisa terjamin. Komplikasi atau kesalahan pengaplikasian jarum bisa saja terjadi pada pasien yang diterapi oleh orang yang tidak berpengalaman.

Tak hanya pengobatan menggunakan alat saja, obat-obatan herbal juga bisa memiliki potensi yang buruk. Hal ini terjadi pada penderita yang mungkin memiliki kondisi tubuh tertentu. Misalnya bahan temulawak yang telah lama dipercaya dapat menjadi obat sembelit, tetapi tidak boleh diberikan kepada orang yang menderita penyakit hati karena bisa menyebabkan perdarahan ginjal akut.

Berdasarkan ulasan di atas, Anda wajib melakukan pemeriksaan kesehatan ke tenaga medis terkait untuk mengetahui kondisi tubuh tertentu. Pemberian obat herbal bisa menyembuhkan penyakit pada beberapa orang, tetapi belum tentu juga berefek baik pada tubuh Anda karena kondisi tubuh setiap orang berbeda-beda.

Memeriksakan diri lebih dahulu saat tubuh mengalami sakit bisa membuat Anda mendapatkan perawatan atau penanganan yang benar. Jika diberikan obat medis, dokter memiliki pertimbangan tertentu terkait resep seperti kondisi kesehatan, umur, dan lain-lain.

Menggunakan fasilitas atau fitur Cari Dokter di SehatQ.com

Bagi Anda yang masih ragu hendak melakukan pemeriksaan diri karena mengalami keluhan kesehatan tertentu, sebaiknya mencari informasi lebih lengkap di situs SehatQ. Terdapat fitur Cari Dokter yang memberikan kemudahan untuk Anda mencari informasi terkait dokter umum atau spesialis yang tepat. Anda bisa mendapatkan informasi terkait spesialisasi sang dokter, alamat praktik, dan jadwal kunjungan yang tepat. Anda hanya perlu memilih rekomendasi dokter yang dekat dengan domisili Anda untuk memudahkan akses transportasi.

Yuk, mulai cermat dan berhati-hati dalam memilih pengobatan alternatif. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter SehatQ.com lebih dahulu agar mendapatkan informasi yang benar. Pengobatan alternatif bisa menjadi jalan menuju kesembuhan selama Anda memastikan bahwa tempat praktik tersebut legal. Selektif dalam memilih pengobatan yang tepat akan membuat kondisi tubuh Anda cepat kembali pulih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.