Perlengkapan dan Cara Pijat Bayi yang Berguna untuk Kesehatan

11 Mei 2018 © Protected by COPYSCAPE

Banyak hal yang harus diperhatikan oleh para orang tua terkait dengan perawatan buah hatinya. Upaya perawatan yang benar akan mendukung tumbuh kembangnya. Memijat bayi juga hal penting yang bisa dilakukan untuk menyehatkan tubuh bayi. Cara pijat bayi yang benar akan aman dan memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Perlengkapan dan Cara Pijat Bayi yang Berguna untuk Kesehatan

Perlengkapan dan Cara Pijat Bayi yang Berguna untuk Kesehatan

Perlengkapan dan Cara Pijat Bayi yang Berguna untuk Kesehatan

Saat akan memijat bayi, Anda harus menyiapkan berbagai perlengkapan berikut ini. Pastikan bahwa Anda sudah menyiapkan handuk, alas bayi atau perlak, minyak untuk memijat bayi (baby oil atau minyak zaitun), popok bersih, dan pakaian bayi yang bersih. Setelah semua perlengkapannya siap, mulailah memijat bayi dengan cara yang benar berikut ini.

1. Cara Memijat Punggung

Punggung merupakan bagian utama yang dipijat. Cara memijat punggung bayi adalah dengan memposisikan si kecil tengkurap. Setelah itu, pijat area tulang belakang, mulai dari leher sampai pantat. Pijatlah menggunakan ujung jari Anda. Setelah beberapa saat memijat area punggungnya, akhiri pijatan dengan pijatan panjang dari bahu sampai kakinya.

2. Cara Memijat Dada

Setelah melakukan pemijatan pada area punggung, Anda bisa lanjut untuk memijat area dada si kecil. Cara memijat area dada yang benar adalah dengan meletakkan kedua tangan Anda di atas dada bayi. Pijatlah lembut ke arah luar dengan menekan secara lembut di dadanya menggunakan telapak tangan. Lakukan pijatan tersebut secara berulang.
Setelah selesai, selanjutnya letakkanlah satu tangan Anda di atas dada bayi dan pijat lembut dari bahu sampai kakinya. Pijatan lembut ini dapat dilakukan beberapa saat. Lakukan dengan tekanan lembut saja.

3. Cara Memijat Kaki

Kaki sebagai anggota gerak bayi bisa dioptimalkan perkembangan selnya dengan cara pemijatan. Tuanglah sedikit minyak kelapa di telapak tangan Anda dan gosokkan ke tangan. selanjutnya, mulailah pijat lembut mulai dari tungkai, yaitu dari pangkal paha sampai ke betis dan telapak kaki.

Setelah melakukan semua itu, lanjutkan dengan memijat punggung kaki dengan gerakan memutar. Beri sedikit usapan ketika memijat pergelangan kaki sampai jari kaki. Setelah usai, beralihlah ke bagian telapak kaki. Gunakanlah ibu jari untuk memijat area ini dengan gerakan pijatan memutar.

4. Cara Memijat Lengan

Memijat lengan bayi juga mempunyai caranya sendiri. Mulailah pijatan di area lengan ini dari bagian atas hingga lengan bawah dan berakhir di telapak tangan. Setelah sampai di pergelangan tangan, pijatlah dengan gerakan memutar. Setelahnya, pijat telapak tangan dengan ibu jari dan akhiri dengan memijat lembut bagian semua jari-jari tangan.

Proses pijat bayi yang benar memang diharuskan agar tidak menimbulkan efek samping berupa salah urat atau hal lainnya. Anda bisa membaca panduan tersebut dan berkonsultasi dengan dokter seputar cara pijat bayi. Setelah memijat bayi, maka pakaikan popok dan pakaian bersih yang sudah disiapkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.