Ketahui Perbedaan iPhone X dan Xs Sebelum Ganti Handphone

11 Desember 2018 © Protected by COPYSCAPE

Menjelang akhir tahun 2018 tepatnya pada bulan September, raksasa Apple kembali mengeluarkan tiga produk terbarunya yang hadir dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Ketiga seri iPhone tersebut adalah iPhone Xs, iPhone Xs Max, dan iPhone Xr. Secara tampilan memang tidak begitu jelas terasa perbedaannya. Namun, Apple memberikan jaminan bahwa terdapat banyak peningkatan terutama dari segi spesifikasi dan daya pacu. Nah untuk pengguna iPhone X yang budgetnya masih minimalis, sebaiknya tidak perlu terburu-buru mengganti ke iPhone versi terbaru ini. Ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja perbedaan iPhone X dan Xs. Jika dipandang perubahannya tidak begitu signifikan, mengapa tidak menunggu seri yang lebih baru sembari mengumpulkan budget sebanyak-banyaknya, bukan?

Perbandingan dan Perbedaan antara Iphone X dan Xs

Perbedaan iPhone X dan XS yang Wajib Diketahui Sebelum Ganti Handphone

Perbedaan iPhone X dan XS yang Wajib Diketahui Sebelum Ganti Handphone

Apple iPhone Xs merupakan generasi penerus dari seri sebelumnya, iPhone X. Kedua produk ini memiliki spesifikasi mumpuni dengan kinerja yang sangat tangguh. Meski sama-sama dibekali dengan layar 5,8 inci, tetapi ada beberapa perbedaan yang dimiliki oleh handphone keluaran Apple tersebut. Diantaranya adalah:

Desain

Secara kasat mata terlihat sama, perbedaan desain antara iPhone X dan Xs hanya terdapat pada bobot dan varian warna yang tersedia. iPhone Xs lebih berat 3 gram dibandingkan iPhone X dan memiliki tambahan varian warna Gold.

Tidak ada perbedaan yang signifikan pada desain bagian depan ataupun belakang dari iPhone X dan iPhone Xs. Balutan material stainless steel sebagai frame untuk mempercantik pinggiran bodi dan bahan kaca pada bagian belakang dari iPhone X masih dipertahankan pada seri Xs. Dimensi keduanya juga sama, yaitu memiliki tinggi 14,36 cm, lebar 7,09 cm, dan ketebalan 0,77 cm.

Secara kasat mata mungkin terlihat sama, perbedaannya antar keduanya justru terletak pada bobot dan varian warna yang tersedia. iPhone X memiliki bobot 174 gram dengan pilihan varian warna Space Grey dan Silver, sedangkan iPhone Xs memiliki bobot yang sedikit lebih berat, yaitu 177 gram dengan varian warna Space Grey, Silver, dan Gold.

Kamera

iPhone Xs memiliki tambahan fitur True Tone Flash dan pengaturan DOF saat pengambilan gambar.

Fitur kamera yang disematkan pada keduanya pun tak banyak mengalami perubahan. Kedua seri tersebut sama-sama memiliki kamera depan 7MP bukaan f/2.2 dengan fitur TrueDepth dan kamera belakang ganda 12MP sensor wide lens (bukaan f/1.8) + 12MP sensor telephoto (bukaan f/2.4) yang dilengkapi OIS, PDAF, dan 2x optical zoom. Namun, iPhone Xs diklaim sanggup memberikan hasil jepretan dengan kualitas tinggi dan super tajam karena memiliki tambahan fitur True Tone Flash dan pengaturan DOF (depth of field) saat pengambilan gambar. Dengan 2 tambahan fungsi tersebut, pengguna bisa mendapatkan foto dengan ketajaman yang lebih tinggi dan detail.

Daya Tahan Baterai

Daya tahan baterai iPhone Xs diklaim mampu bertahan 30 menit lebih lama dibanding iPhone X meskipun memiliki kapasitas yang lebih kecil, yaitu hanya sebesar 2.658 mAh dibandingkan iPhone X yang memiliki kapasitas 2.716 mAh.

Pemilihan gadget tak akan lepas dari kapasitas baterai agar bisa dipergunakan lebih lama. Perbedaan spesifikasi iPhone X dan Xs juga dilihat dari berapa besar daya tahan dari keduanya. iPhone Xs dengan kapasitas 2.658 mAh (10,13 watt) diklaim mampu bertahan 30 menit lebih lama dibandingkan seri X yang dibekali kapasitas 2.716 mAh (10,35 watt). Dilansir dari situs resmi Apple, iPhone X diklaim dapat bertahan hingga 13 jam untuk pemutaran video dan 60 jam untuk pemutaran audio. Sementara untuk seri Xs dapat bertahan lebih lama, yaitu 14 jam untuk pemutaran video dan 60 jam untuk pemutaran audio.

Baterai yang digunakan baik pada seri X dan Xs adalah non-removable dan sudah memiliki dukungan wireless charing dan pengisian cepat fast charging yang diklaim bisa mengisi daya hingga 50% hanya dalam waktu 30 menit.

Dapur Pacu

iPhone Xs menggunakan chip terbaru Apple, yaitu A12 Bionic yang diklaim memiliki kinerja 15% lebih cepat dibandingkan iPhone X yang menggunakan chip A11 Bionic.

Perbedaan iPhone X dan Xs selanjutnya ada pada sisi dapur pacu. Sama-sama menggunakan prosesor hexa core, tetapi untuk tipe Xs performanya lebih baik dengan dibekali chip baru yaitu A12 Bionic dengan Neural Engine generasi kedua yang diklaim memiliki kinerja 15% lebih cepat, 50% lebih efisien dalam penggunaan core, dan 40% lebih hemat tenaga dibanding pendahulunya A11 Bionic dengan Neural Engine pada iPhone X. Selain itu, RAM yang ditanamkan juga mengalami peningkatan dari 3GB menjadi 4GB.

Namun, dengan perbedaan kemampuan yang ada, kedua chip tersebut tentu saja masih sangat powerful. Kedua iPhone seri X ini mumpuni untuk digunakan pada aktivitas harian seperti sosial media, streaming, hingga bermain game berat seperti PUBG dan Fortnite.

Skor AnTuTu Benchmark untuk iPhone Xs adalah 457.276, sedangkan iPhone X adalah 319.213.

Konektivitas Jaringan

Untuk pertama kalianya pada produk iPhone, ada dukungan dual SIM pada varian iPhone Xs.

Meski sama-sama dibekali dengan dukungan jaringan 4G LTE, iPhone Xs memiliki keunggulan karena untuk pertama kalinya memiliki varian yang mendukung penggunaan dual SIM pada iPhone. Dukungan dual SIM pada iPhone berbeda-beda tergantung negara target pasarnya, ada seri iPhone yang mendukung dual slot SIM (Nano SIM + Nano SIM) dan yang lainnya hanya Nano SIM + eSIM (Indonesia).

Kemampuan Penyimpanan Data (Storage Data)

iPhone Xs memiliki varian 64 GB, 256 GB, dan 512 GB, sedangkan iPhone X hanya memiliki 2 varian (64 GB dan 256 GB).

Apple memang tidak membekali produk iPhone dengan slot micro SD. Namun, kapasitas memori internal yang disediakan sudah cukup besar. Iphone X hanya memiliki 2 varian yaitu 64 GB dan 256 GB. Sementara untuk generasi terbarunya ada tambahan satu varian yang lebih besar yaitu 512 GB. Dengan kemampuan menyimpan yang cukup mumpuni ini, rasanya pengguna tidak membutuhkan memori tambahan dengan sebab daya tampung sudah sangat besar.

Sertifikat IP (Ketahanan Air dan Debu)

iPhone Xs memiliki sertifikat IP68 yang diklaim tahan air sampai kedalaman 2 meter selama kurang lebih 30 menit, lebih baik dibanding iPhone X yang memiliki sertifikat IP67.

Ada peningkatkan terkait serifikat ketahanan air dan debu dari iPhone Xs. Seri sebelumnya, iPhone X memiliki sertifikat IP67 yang diklaim tahan air sampai kedalaman 1 meter selama kurang lebih 30 menit. Sedangkan pada iPhone Xs memiliki sertifikat IP68 yang tentu membuatnya lebih baik dibandingkan iphone X, yaitu tahan air sampai kedalaman 2 meter selama kurang lebih 30 menit.

Harga

Bagian yang paling utama, berapa harga iPhone X dan iPhone Xs?

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, iPhone dikenal sebagai brand smartphone yang memiliki harga tidak ramah kantong. Namun, jika menilik spesifikasinya yang sangat mumpuni, wajar saja jika seri iPhone ini memiliki harga yang cukup tinggi.

Harga yang saya cantumkan di sini dilihat dari situs iBox (reseller resmi iPhone Indonesia) pada tanggal 16 Januari 2020 dan belum termasuk potongan langsung sebesar Rp1.000.000,00 hingga Rp2.000.000,00.

iPhone seri X memiliki harga Rp14.999.000,00 untuk varian 64 GB dan harga Rp17.999.000,00 untuk varian 256 GB.

iPhone Xs memiliki harga Rp16.999.000,00 untuk varian 64 GB, harga Rp19.999.000,00 untuk varian 256 GB, dan harga Rp23.999.999,00 untuk varian 512 GB.

Dari sisi harga jelas berbeda, dimana seri Xs lebih tinggi dari tipe sebelumnya. Jika ingin mengetahui daftar harga iPhone X dan Xs terbaru secara lengkap, Anda bisa kunjungi Bhinneka.com. Selain produk Apple, masih banyak jenis gadget terbaru yang bisa ditemukan. Penawaran harganya pun cukup bersaing dan banyak promo diskon yang diberikan kepada pelanggan setia yang rajin berbelanja di Bhinneka.com.

Tabel Perbedaan dan Perbandingan iPhone X dan iPhone Xs

Berikut tabel perbandingan spesifikasi iPhone X dan iPhone Xs yang saya kutip dari situs resmi Apple.

iPhone X iPhone Xs

iPhone X

iPhone X

iPhone Xs

iPhone Xs

Kapasitas Penyimpanan
64 GB, 256 GB 64 GB, 256 GB, 512 GB
Layar
Layar Super Retina HD Layar Super Retina HD
Layar OLED Multi-Touch sepenuhnya 5.8 inci (diagonal) Layar OLED Multi-Touch sepenuhnya 5.8 inci (diagonal)
Layar HDR Layar HDR
Resolusi 2436 × 1125 piksel pada 458 ppi Resolusi 2436 × 1125 piksel pada 458 ppi
Rasio kontras 1.000.000:1 (umum) Rasio kontras 1.000.000:1 (umum)
Layar True Tone Layar True Tone
Layar warna luas (P3) Layar warna luas (P3)
3D Touch 3D Touch
Kecerahan maks 625 nit (umum) Kecerahan maks 625 nit (umum)
Ukuran dan Berat
Tinggi 143,6 mm Tinggi 143,6 mm
Lebar 70,9 mm Lebar 70,9 mm
Tebal 7,7 mm Tebal 7,7 mm
Berat 174 gram Berat 177 gram
Tahan Cipratan, Air, dan Debu
Level IP67 (kedalaman maksimum 1 meter hingga selama 30 menit) menurut standar IEC 60529 Level IP68 (kedalaman maksimum 2 meter hingga selama 30 menit) menurut standar IEC 60529
Chip
Chip A11 Bionic Chip A12 Bionic
Neural Engine Neural Engine generasi kedua
Kamera
Kamera ganda 12 MP Wide dan Telefoto Kamera ganda 12 MP Wide dan Telefoto
Wide: bukaan ƒ/1.8 Wide: bukaan ƒ/1.8
Telefoto: bukaan ƒ/2.4 Telefoto: bukaan ƒ/2.4
Penstabilan gambar optik ganda Penstabilan gambar optik ganda
Zoom optik 2x memperbesar; zoom digital hingga 10x Zoom optik 2x memperbesar; zoom digital hingga 10x
Flash True Tone dengan Slow Sync Flash True Tone dengan Slow Sync
Mode Potret Mode Potret dengan bokeh yang disempurnakan dan Depth Control
Pencahayaan Potret dengan 5 efek (Alami, Studio, Kontur, Panggung, Panggung Mono) Pencahayaan Potret dengan enam efek (Alami, Studio, Kontur, Panggung, Panggung Mono, High-Key Mono)
HDR otomatis untuk foto Smart HDR untuk foto
Perekaman Video
Mampu merekam video 4K pada kecepatan 24 fps, 30 fps, atau 60 fps Mampu merekam video 4K pada kecepatan 24 fps, 30 fps, atau 60 fps
Mampu merekam video HD 1080p pada kecepatan 30 fps atau 60 fps Mampu merekam video HD 1080p pada kecepatan 30 fps atau 60 fps
Rentang dinamis yang diperluas untuk video hingga kecepatan 30 fps
Penstabilan gambar optik untuk video Penstabilan gambar optik untuk video
Zoom optik 2x memperbesar; zoom digital hingga 6x Zoom optik 2x memperbesar; zoom digital hingga 6x
Dukungan video slo-mo untuk 1080p pada kecepatan 120 fps atau 240 fps Dukungan video slo-mo untuk 1080p pada kecepatan 120 fps atau 240 fps
Video selang waktu dengan penstabilan Video selang waktu dengan penstabilan
Perekaman stereo
Kamera Depan
Kamera TrueDepth Kamera TrueDepth
Foto 7 MP Foto 7 MP
Bukaan f/2.2 Bukaan f/2.2
Retina Flash Retina Flash
HDR otomatis untuk foto Smart HDR untuk foto
Mode Potret Mode Potret dengan bokeh yang disempurnakan dan Depth Control
Pencahayaan Potret dengan 5 efek (Alami, Studio, Kontur, Panggung, Panggung Mono) Pencahayaan Potret dengan enam efek (Alami, Studio, Kontur, Panggung, Panggung Mono, High-Key Mono)
Rentang dinamis yang diperluas untuk video hingga kecepatan 30 fps
Penstabilan video sinematik (1080p dan 720p)
Mampu merekam video HD 1080p pada kecepatan 30 fps Mampu merekam video HD 1080p pada kecepatan 30 fps atau 60 fps
Mampu merekam video HD 1080p pada kecepatan 30 fps Mampu merekam video HD 1080p pada kecepatan 30 fps atau 60 fps
Animoji dan Memoji Animoji dan Memoji
Seluler dan Nirkabel
GSM/EDGE GSM/EDGE
UMTS/HSPA+ UMTS/HSPA+
DC-HSDPA DC-HSDPA
CDMA EV-DO Rev. A (beberapa model) CDMA EV-DO Rev. A (beberapa model)
LTE Advanced LTE kelas Gigabit
Wi-Fi 802.11ac dengan MIMO Wi-Fi 802.11ac dengan MIMO
Bluetooth 5.0 Bluetooth 5.0
GPS/GNSS bawaan GPS/GNSS bawaan
VoLTE VoLTE
NFC dengan mode pembaca NFC dengan mode pembaca
Kartu Express Kartu Express dengan penghemat daya
Panggilan melalui Wi-Fi Panggilan melalui Wi-Fi
Autentikasi aman
Face ID Face ID
Hadir berkat kamera TrueDepth untuk pengenalan wajah Hadir berkat kamera TrueDepth untuk pengenalan wajah
Panggilan Audio
Pemutaran stereo Pemutaran stereo dengan jangkauan lebih lebar
Pemutaran Video
High Dynamic Range dengan Dolby Vision dan konten HDR10 High Dynamic Range dengan Dolby Vision dan konten HDR10
Daya dan Baterai
Dengan waktu pakai hingga 2 jam lebih lama dibanding iPhone 7 Dengan waktu pakai hingga 30 menit lebih lama dibanding iPhone X
Baterai lithium-ion bawaan yang dapat diisi ulang Baterai lithium-ion bawaan yang dapat diisi ulang
Pengisian daya nirkabel Pengisian daya nirkabel
Mengisi daya melalui USB ke sistem komputer atau adaptor daya Mengisi daya melalui USB ke sistem komputer atau adaptor daya
Pemutaran video hingga 13 jam Pemutaran video hingga 14 jam
Pemutaran audio hingga 60 jam Pemutaran audio hingga 60 jam
Kemampuan isi daya cepat
Pengisian daya hingga 50% dalam 30 menit9 dengan adaptor 18 W atau lebih tinggi (dijual secara terpisah)
Kemampuan isi daya cepat
Pengisian daya hingga 50% dalam 30 menit9 dengan adaptor 18 W atau lebih tinggi (dijual secara terpisah)
Headphone yang disertakan
EarPods dengan Konektor Lightning EarPods dengan Konektor Lightning
Sensor
Gyro tiga sumbu Gyro tiga sumbu
Akselerometer Akselerometer
Sensor kedekatan jarak Sensor kedekatan jarak
Sensor cahaya sekitar Sensor cahaya sekitar
Barometer Barometer
Kartu SIM
Nano-SIM SIM ganda (nano-SIM dan eSIM)
Tidak kompatibel dengan kartu micro-SIM yang ada Tidak kompatibel dengan kartu micro-SIM yang ada

Nah, itulah beberapa perbedaan iPhone X dan iPhone Xs yang perlu Anda ketahui dan pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli salah satu diantara keduanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.