Pengalaman Ganti LCD iPhone 6 di Phone Mechanic Banjarbaru

15 November 2018 © Protected by COPYSCAPE

Per tanggal 6 November 2018, akhirnya saya memutuskan untuk memperbaiki layar LCD iPhone 6 yang sudah tidak normal (kadang responsif kadang tidak) semenjak 1 tahun yang lalu. Lumayan lama, karena kebetulan semenjak saya membeli Samsung S6 Edge, iPhone 6 ini hanya saya jadikan sebagai personal hotspot ketika berada di kos. Namun, semenjak beberapa bulan yang lalu, tiba-tiba saya terpikir untuk kembali menggunakan iPhone sebagai daily driver. Jadinya ingin kembali ke iPhone 6. Awalnya juga sempat bingung mau upgrade ke iPhone terbaru atau perbaiki yang ada saja, tapi karena kebetulan harga iPhone X masih terbilang mahal untuk kantong saya, jadinya sementara pilih pakai iPhone 6 yang ada saja. Kenapa tidak memilih upgrade ke seri iPhone 7 atau iPhone 8? Karena saya pikir tidak ada perbedaan yang mencolok antara ketiga smartphone ini (iPhone 6, 7, dan 8) – menurut saya loh ya. Oh ya, bagi Anda yang bertanya-tanya apakah iPhone 6 masih layak digunakan di tahun 2018, silakan cek di artikel Apakah iPhone 6 Masih Layak di Tahun 2018?

Tempat service yang saya pilih adalah Phone Mechanic. Tempat service Phone Mechanic ini setahu saya tersedia di 2 lokasi, yaitu Banjarmasin (yang lebih dulu) dan Banjarbaru. Alasan saya mempercayakan proses pergantian LCD iPhone 6 adalah karena kesan pertama saat melihat akun instagram mereka yang terlihat “terurus”, profesional, dan bisa dipercaya.

Ketika datang ke toko mereka, saya langsung disambut oleh 1 orang pegawai (sebut saja pegawai karena saya kurang tahu posisi beliau sebenarnya sebagai apa) dan ditanyakan maksud kedatangan saya untuk apa. Setelah konsultasi beberapa saat, saya disarankan mengganti LCD iPhone 6 dengan 2 pilihan, LCD iPhone 6 original atau OEM. Selisih harga antar keduanya Rp300.000, harga LCD iPhone 6 original Rp1.000.000 dan LCD iPhone 6 OEM Rp700.000, kedua harga sudah termasuk biaya service. Untuk LCD iPhone original, mereka memberikan garansi selama 1 bulan, sedangkan untuk LCD iPhone OEM, mereka memberikan garansi selama X minggu (eh saya lupa deng, yang pasti garansinya lebih singkat dibandingkan LCD original).

Saya pilih LCD iPhone 6 original, dan kebetulan mereka sedang ada diskon 10%, jadi total biaya ganti LCD iPhone 6 original termasuk biaya service adalah Rp900.000. Setelah terjadi kesepakatan, pegawai yang sebelumnya menemui saya langsung beranjak ke belakang dan melakukan pergantian LCD iPhone saya.

Pengalaman Ganti LCD iPhone 6 di Phone Mechanic Banjarbaru

Pengalaman Ganti LCD iPhone 6 di Phone Mechanic Banjarbaru

Hal yang saya suka dari Phone Mechanic

Proses pergantian LCD tidak berlangsung lama, saya hanya menunggu di tempat sembari membuka laptop untuk mempelajari bahan praktikum untuk besok hari (bukan pencitraan, hanya saja saya memang perlu persiapan yang banyak untuk menjalani praktikum Compounding and Dispensing di profesi Apoteker ini).

Saya kurang ingat berapa lama waktu pasti proses pengerjaannya, yang pasti tidak lebih dari 30 menit dan sudah sangat lebih baik jika dibandingkan dengan pengalaman saya mengganti baterai iPhone di tempat service lain yang mengharuskan saya untuk balik ke kos terlebih dahulu karena prosesnya yang memerlukan waktu yang lumayan lama.

Wait, mungin agak kurang adil jika perbandingannya antara lama proses pergantian LCD dan pergantian baterai, tapi mau bagaimana lagi karena hanya itu pengalaman yang saya punya. Jadi, silakan Anda bayangkan sendiri saja. Yang pasti, salah satu hal yang saya suka dari Phone Mechanic ini adalah proses pergantiannya yang bisa ditunggu dan tidak lebih dari 30 menit. Mereka pernah mengklaim di DM instagram kalau proses pergantiannya hanya berkisar 15-20 menit. Saya pikir sudah sangat bagus.

Untuk hal lain yang saya suka dari Phone Mechanic bisa dilihat di bagian NB – bagian akhir tulisan ini.

Hal yang saya kurang suka dari Phone Mechanic

Hingga postingan ini saya terbitkan (15 November 2018), Alhamdulillah tidak ada masalah berarti yang saya rasakan dari sisi kegunaan LCD-nya. Namun, ada 3 hal minor yang saya kurang suka setelah melakukan pergantian LCD iPhone 6 di Phone Mechanic, yaitu:

1. Garansi

Garansi dari LCD iPhone mereka hanya berlaku jika segel dan plastik layar di bagian depan layarnya tidak di buka. Sebagai pengguna, hal ini sungguh sangat mengganggu kenyamanan, termasuk fungsi dari kamera depan, suara saat panggilan, dan juga touch ID. Setelah 1 hari penggunaan, plastik depannya terlepas sendiri saat iPhone saya masukkan ke dalam kantong celana depan. Jadi, ya sudahlah, garansi sudah hangus.

Oh ya, kalau dari pihak Phone Mechanic, saya pikir tentu mereka memiliki alasan tersendiri kenapa memberlakukan peraturan itu. Mungkin bisa dimengerti, hanya saja saya menilai di sini dari sisi pengguna.

2. Layar terasa kurang rapat

Ada bunyi kletek saat bagian di pojok kanan atas layar saat saya tekan, seakan tidak rapat. Entah apa penyebabnya, yang pasti masalah ini saya dapatkan setelah proses pergantian LCD.

3. Selfiegate

Selfiegate, sebuah istilah yang sebenarnya baru-baru ini saja saya tahu. Selfiegate adalah suatu kondisi dimana posisi lensa kamera depan iPhone 6 tidak pas dengan space untuk lensa di layar LCD-nya. Entah karena posisi lensa yang bergeser saat proses pergantian LCD atau memang posisi space untuk lensa di LCD baru-nya yang kurang pas, saya juga kurang begitu mengerti. Permasalahannya bisa Anda lihat di foto berikut:

Selfiegate iPhone 6

Selfiegate iPhone 6

Sebenarnya, permasalahan ini sama sekali tidak mengurangi kualitas dari kamera depan, hanya saja jika dilihat secara estetik kurang bagus. Oleh karena itu permasalahan ini hanya saya masukkan sebagai permasalahan minor.

NB:

Nota Pembelian Penggunaan Jasa

Nota Pembelian Penggunaan Jasa

Sedikit tambahan setelah saya mengamati nota saat sedang menulis postingan ini. Jika diperhatikan pada bagian Perhatian, di poin yang ke-4 tertulis “Potongan 20% untuk sparepart Ori (6 bulan)”. Hmm, apakah LCD original yang saya pilih tidak termasuk sebagai sparepart ori sehingga hanya dapat potongan 10%?

Lalu, ada juga bagian yang saya suka, mungkin remeh, tapi saya sangat mengapresiasi hal ini. Pada bagian Kepada Yth tertulis “Riduan”. Yeps, mereka benar menuliskan nama saya. Hal ini sangat jarang terjadi, biasanya nama saya selalu ditulis Ridwan.

Nah, itulah beberapa hal yang saya suka dan saya kurang suka dari Phone Mechanic (khususnya untuk daerah Banjarbaru). Sedikit tambahan lagi, dari semua hal yang kurang saya suka, seharusnya saya bisa lebih teliti dan konfirmasi langsung ketika proses pergantian sudah selesai, tapi karena kebetulan saya sedang buru-buru, jadinya saya tidak sempat melakukan pengecekan lagi. Selebihnya terkait harga, saya tidak bisa berkomentar, saya cek harga LCD original iPhone 6 di internet, harganya memang sangat bervariasi, tapi karena Phone Mechanic sudah menang di hati dalam hal “kepercayaan” saya, makanya saya langsung memutuskan untuk memilih Phone Mechanic untuk pergantian LCD iPhone 6 yang saya miliki. Kalau harus memberi rating, mungkin dari pelayanan dan kualitasnya bisa saya beri 8/10.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.