7 Manfaat Kartu Kredit untuk Kemudahan Transaksi Keuangan

19 Desember 2020 © Protected by COPYSCAPE

Beberapa tahun belakangan ini tingkat masyarakat yang melakukan apply kartu kredit di berbagai bank BUMN maupun swasta kian meningkat. Kartu kredit menjadi salah satu kartu yang menjadi penghuni tetap di dompet sebagian besar masyarakat perkotaan.

Hal ini tentu saja bukan tanpa alasan, sebab kartu kredit memang menawarkan banyak kemudahan bagi masyarakat terutama sebagai pengganti uang tunai. Untuk Anda yang belum menggunakan kartu kredit, tapi ingin menggunakannya, ada baiknya mengetahui apa saja manfaat dari memiliki kartu tersebut.

Manfaat Kartu Kredit untuk Bertransaksi

Manfaat Kartu Kredit untuk Kemudahan Transaksi Keuangan

Ilustrasi kartu kredit

Kartu kredit sebagai pengganti pembayaran tunai saat ini memang marak digunakan. Selain segi kepraktisan ada pula manfaat lain dari kartu kredit, yaitu:

1. Praktis dan Nyaman

Dengan menggunakan kartu kredit Anda tidak perlu lagi membawa banyak uang tunai di dompet atau repot mencari ATM untuk melakukan tarik tunai. Sebab hampir semua pembayaran sudah bisa dicover oleh kartu kredit.

Proses belanja juga menjadi lebih cepat karena tidak perlu melalui proses penghitungan uang atau pemeriksaan uang palsu. Tidak perlu menunggu lama di kasih hanya untuk mengambil kembalian saat membayar.

2. Relatif Aman

Penggunaan kartu kredit lebih aman, apabila terjadi kehilangan Anda tinggal melakukan pelaporan untuk memblokir kartu tersebut sehingga terhindar dari penyalahgunaan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Proses apply kartu kredit juga sangat mudah, apalagi jika Anda sudah punya tabungan di sebuah bank, maka akan lebih mudah dalam mengajukan kepemilikan kartu kredit. Bunga yang ditawarkan juga relatif kecil sehingga tidak akan memberatkan pengguna.

3. Penawaran Diskon dari Berbagai Toko

Menggunakan kartu kredit juga akan memberikan Anda kesempatan mendapatkan penawaran atau diskon dari berbagai toko, baik online maupun offline. Selain itu, juga lebih mudah ketika Anda ingin mengajukan pinjaman. Proses akan lebih cepat dan kepastian disetujui hampir 100%. Apalagi jika dalam masa penggunaan sebelumnya tidak terjadi masalah saat pembayaran.

4. Pengeluaran Terlacak

Dengan menggunakan kartu kredit Anda akan mendapatkan catatan transaksi dalam lembar tagihan yang dikirimkan rutin setiap bulan ke alamat pemilik kartu kredit sehingga membuat pengeluaran yang dilakukan selama sebulan sebelumnya lebih mudah terlacak.

5. Membantu dalam Mengatur Anggaran Keuangan

Anda akan lebih mudah dalam mengatur anggaran keuangan, terutama karena menawarkan fasilitas pembayaran berbagai macam tagihan. Dengan begini pengeluaran Anda akan lebih terkontrol sehingga tidak sulit dalam mengatur anggaran keuangan bulanan.

6. Mempermudah Transaksi Online

Belakangan ini melakukan transaksi online makin mudah dan banyak sekali toko menawarkannya. Selain itu, juga banyak penawaran menarik dari berbagai merchant dengan mulai dari diskon hingga cashback.

Melakukan pembayaran dengan kartu kredit di toko online akan lebih cepat karena Anda hanya perlu memasukkan nomor kartu dan melakukan validasi. Jauh lebih singkat daripada harus melakukan pembayaran via transfer bank atau jenis pembayaran lain.

7. Dapat Digunakan di Seluruh Dunia

Kartu kredit dapat dipergunakan di berbagai negara. Ketika Anda melakukan perjalanan ke luar negeri tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar dan melakukan penukaran ke mata uang negara tujuan. Cukup bawa kartu kredit untuk membiayai pengeluaran selama di luar negeri.

Penggunaan kartu kredit memang dapat memudahkan Anda. Akan tetapi, harus bijak dan cermat dalam penggunaannya. Manfaatkan sebaik mungkin untuk mendapatkan keuntungan, tapi usahakan jangan sampai malah merugikan Anda. Terutama jangan sampai menggunakannya di atas batas kredit yang diperbolehkan. Sebelum apply kartu kredit pastikan dulu bahwa Anda memang benar-benar membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.