Cara Reset Password Jika Lupa Password SIPNAP

5 November 2021 © Protected by COPYSCAPE

Salah satu hal atau kendala yang sering dialami dan ditanyakan oleh para apoteker penanggung jawab selama saya bekerja di dinas kesehatan adalah lupa password SIPNAP. Penyebabnya bermacam-macam, ada yang memang murni lupa karena password yang dibuat sebelumnya terlalu sulit, ada yang kehilangan password karena sejawat berganti perangkat smartphone, dan  bahkan ada yang karena apoteker sebelumnya tidak bisa dihubungi atau tidak menginformasikan kepada apoteker pengganti tentang password akun SIPNAP apotek. Nah, oleh karena pertanyaan ini sering kali saya dapatkan, tidak ada salahnya jika saya tuliskan saja informasi terkait apa yang harus dilakukan pada saat apoteker penanggung jawab lupa password akun SIPNAP untuk mempermudah pelayanan jika ada yang bertanya di kemudian hari.

Cara yang bisa kita lakukan pada saat lupa password akun SIPNAP adalah dengan melakukan reset password. Bagaimana caranya? Berikut saya bagikan cara reset password di akun SIPNAP.

Cara Reset Password Akun SIPNAP

  1. Siapkan terlebih dahulu informasi terkait tanggal terbit izin apotek dan user ID dari akun SIPNAP. Kedua informasi tersebut sangat penting agar kita bisa melakukan reset password.
    Untuk informasi tanggal terbit izin apotek bisa dilihat pada surat izin apotek (SIA) yang diterbitkan, baik oleh dinas kesehatan, dinas perizinan, atau OSS (tergantung kebijakan masing-masing daerah).
    Jika sejawat juga tidak tahu atau lupa user ID akun SIPNAP sebelumnya, silakan hubungi petugas dari dinas kesehatan setempat yang mengelola akun SIPNAP dinkes.
  2. Buka halaman reset password SIPNAP di https://sipnap.kemkes.go.id/front/help/password.
  3. Masukkan informasi terkait jenis unit layanan, tanggal terbit izin, user ID, dan key code yang tampil pada halaman tersebut, lalu klik tombol Reset Password.

    Cara Reset Password Jika Lupa Password SIPNAP

    Halaman reset password akun SIPNAP

  4. Selanjutnya, sejawat akan mendapatkan informasi login akun SIPNAP berupa user ID dan password terbaru. Silakan login menggunakan informasi akun user ID dan password baru tersebut. Jika masih ada kendala, silakan tanyakan langsung ke petugas di dinas kesehatan kabupaten/kota setempat atau coba tuliskan di kolom komentar di bawah (semoga saya bisa membantu).

Sebenarnya cara reset password bagi yang lupa password akun SIPNAP ini sudah ada dimuat pada manual book atau petunjuk penggunaan SIPNAP. Mungkin karena menu ini agak tersembunyi pada halaman SIPNAP, sehingga banyak user yang belum membaca petunjuk penggunaan yang telah disediakan.

Oh ya, sebelum mengakhiri tulisan ini, ada satu rahasia yang ingin saya ungkapkan. Menanyakan langsung password akun SIPNAP apotek kepada petugas dinas kesehatan adalah hal yang tidak perlu dilakukan. Kenapa? Karena sebenarnya petugas dinas kesehatan juga tidak memiliki data terkait password akun SIPNAP masing-masing apotek. Jelas, karena password akun SIPNAP bersifat privasi. Namun, Anda bisa menanyakan kepada petugas terkait informasi yang diperlukan untuk melakukan reset password.

Sekian, semoga bermanfaat untuk rekan sejawat sekalian 🙂

Komentar pada artikel "Cara Reset Password Jika Lupa Password SIPNAP"

Klik bagian ini untuk membuka riwayat komentar
  1. Andri berkata:

    Siang mas.
    Saya mengalami hal di atas,.
    Dan sudah sy coba semuanya.
    Kecuali menanyakan ke dinkes sy blm lakukan.
    Sy udh masukan tgl terbit SIA, yg ada di bawah pojok kanan ya yg dimaksud dgn tgl terbit?
    Terus terang ijin apotek saya sudah habis di bulan Agustus 2021 dan sudah 2-3 bln sy blm isi sipnap. Karena lupa pasword nya
    Tulisan blsn dari sipnap. Kemkes. GO. Id says “tidak ada data yg sesuai dgn data anda”
    Mhn dibantu ya mas… Tq

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Kemungkinan karena data tanggal terbit SIA dan user ID yang dimasukkan tidak sesuai dengan data yang diinput ke dalam sistem pada saat pendaftaran akun SIPNAP. Jika sudah mentok, saran saya adalah silakan langsung hubungi dinkes setempat untuk melakukan reset password atau tanyakan data tanggal terbit SIA dan user ID untuk apotek sejawat mas.

  2. Abc berkata:

    Sudah ganti password sesuai petunjuk. Waktu mau masukin pass baru, katanya data tdk ditemukan. Balik lagi ke pass lama, data jg tdk ditemukan. Gmn itu? 🙄

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Kakak ganti password atau reset password? Kalau reset password, ada notifikasi pop up yang muncul setelah reset password berhasil. Biasanya password sama dengan userID.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.