7 Kesalahan Fatal yang Dilakukan Kasir, Pemilik Bisnis Wajib Tahu

20 November 2021 © Protected by COPYSCAPE

Kasir adalah bagian penting dalam sebuah usaha karena bertanggung jawab menangani transaksi penjualan. Tanggung jawab yang dimiliki kasir cukup besar. Oleh karena itu, pemilik bisnis tidak boleh salah dalam rekrutmen.

Seorang kasir tidak hanya memiliki kemampuan menangani mesin kasir terhubung secara online saja, tetapi juga meminimalisir kesalahan. Selama menjalankan tugasnya, ada beberapa kesalahan fatal yang wajib dihindari oleh kasir, apa saja itu?

7 Kesalahan yang Wajib Dihindari Karyawan Kasir

Kesalahan Fatal yang Dilakukan Kasir

Ilustrasi kasir

Kasir yang tidak bekerja dengan baik akan merugikan Anda sebagai pemilik usaha. Apalagi jumlah transaksi harian yang dilakukan sampai belasan atau puluhan juta. Selain itu, di pihak kasir juga harus bertanggung jawab atas kesalahan yang pernah dilakukan.

Istilah potong gaji pun kini sudah menjadi salah satu peraturan yang sering diterapkan untuk pegawai kasir. Tujuannya adalah untuk ganti rugi dari kesalahan yang telah dilakukan baik sengaja atau tidak.

Nah, supaya kasir lebih berhati-hati, beberapa kesalahan ini harus dihindari. Pemilik bisnis pun harus tahu apa saja kesalahan yang cukup fatal dilakukan oleh kasir berikut.

1. Tidak Memberikan Pelayanan yang Ramah

Bukan hanya server atau SPG saja yang harus berperilaku ramah terhadap konsumen. Kasir juga harus memberikan pelayanan terbaik dan ramah ketika menghadapi konsumen. Memberikan senyum atau sapaan akan menciptakan kesan baik.

Hanya saja masih sering ditemukan kasir tidak memberikan pelayanan ramah. Hal ini akan berdampak besar bahwa konsumen tidak kembali untuk berbelanja. Beberapa kalangan konsumen biasanya menilai pelayanan nomor satu dibandingkan harga.

2. Kasir Tidak Menyebutkan Ulang Pesanan

Beberapa jenis usaha seperti restoran yang ramai akan pengunjung memiliki tingkat kesalahan pelayanan yang tinggi jika manajemen buruk. Kesalahan terbesar adalah ketika kasir salah input menu dan konsumen baru sadar setelah di rumah.

Padahal hal ini bisa diatasi dengan menjelaskan ulang pesanan dari konsumen. Bukan hanya nomor meja saja tetapi juga item. Konsumen akan tahu berapa jumlah yang harus dibayarkan dan item yang mereka telah beli.

Dengan mengucapkan nama pesanan ini, konsumen jadi tahu apakah benar mereka membayar sesuai pesanan. Koreksi bisa langsung dilakukan jika terdapat pesanan yang tidak sesuai.

3. Selalu Terburu-Buru dalam Menghitung Uang Kembalian

Ketelitian adalah kunci sukses untuk menjadi seorang kasir. Terburu-buru dalam menghitung uang adalah kesalahan yang sangat fatal. Apalagi soal kembalian uang tunai. Jika terlalu lebih maka bisnis yang merugi, jika kurang konsumen bisa saja komplain.

Rasa terburu-buru biasanya meningkat ketika antrian sudah terlalu panjang. Kasir yang tidak cekatan biasanya akan langsung panik dan mendorong melakukan kesalahan. Seorang kasir harus selalu tenang dan berhati-hati dalam menghitung.

4. Tidak Mengecek Keaslian Uang

Walaupun saat ini tipe pembayaran online atau kartu sudah banyak digunakan, namun pembayaran tunai tetap banyak dipilih. Kelalaian kasir bukan hanya soal menghitung uang saja tetapi mengecek keaslian dari uang tersebut.

Uang palsu kini semakin banyak beredar dan dapat mendorong pada kerugian bisnis. Jika kasir tidak mengecek uang dengan hati-hati maka kerugian akan didapatkan. Oleh karena itu setiap uang tunai harus dihitung dengan teliti dan dicek keasliannya.

5. Tidak Memberikan Informasi Lengkap

Hal ini tidak hanya dilakukan oleh sales saja tetapi juga kasir. Biasanya sangat penting dilakukan oleh kasir toko retail demi meningkatkan jumlah penjualan. Kasir wajib tahu item apa saja yang sedang diskon untuk ditawarkan.

Promo potongan harga apa saja yang disediakan oleh toko juga wajib diinformasikan kepada konsumen. Karena bisa saja konsumen tersebut berencana untuk belanja ulang di keesokan harinya.

Kasir yang terlalu pasif hanya akan membuat bisnis merugi. Oleh karena itu pengalaman menjadi kasir biasanya jadi kriteria penting pada saat rekrutmen.

Selain memilih karyawan kasir yang tepat, demi meminimalisir semua kesalahan ini penting untuk Anda menciptakan standar operasional prosedur (SOP). Melalui SOP ini Anda bahkan bisa melatih karyawan baru dengan mudah.

Latih juga agar kasir bisa terampil dalam menggunakan mesin kasir. Anda bisa mempermudahnya dengan memilih mesin kasir dengan tampilan sederhana seperti Majoo.

Aplikasi kasir Majoo memiliki tampilan sederhana yang mudah dioperasikan oleh siapa saja. Ditambah lagi semua fitur-fiturnya lengkap mendukung pengembangan bisnis. Jadi pastikan kasir dan kemampuannya dapat meningkatkan usaha Anda jauh lebih baik.

Komentar pada artikel "7 Kesalahan Fatal yang Dilakukan Kasir, Pemilik Bisnis Wajib Tahu"

Klik bagian ini untuk membuka riwayat komentar
Belum ada riwayat komentar pada postingan ini. Jadilah yang pertama memberikan komentar atau pertanyaan melalui form komentar di bawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.