Kapan Anda Harus Melakukan Swab Test?

5 September 2020 © Protected by COPYSCAPE

Saat ini kebutuhan Polymerase Chain Reaction (PCR) swab test semakin diperlukan oleh masyarakat. Pada beberapa rumah sakit, termasuk di Rumah Sakit Hermina, tes untuk mendeteksi adanya virus SARS-COV2 dapat dilakukan oleh mandiri. Untuk melakukan swab test, Anda sebaiknya melakukan janji di kanal jadwal dokter Hermina.

Tes swab terbukti mampu mendeteksi keberadaan virus corona secara akurat dengan persentase lebih dari 99%. Di www.halodoc.com, Anda dapat melihat jadwal Rumah Sakit Hermina dan juga membuat janji untuk melakukan tes. Pada tampilan situs Halodoc terdapat kalender dan ketersediaan jam untuk kunjungan tes. Anda hanya tinggal mengisi data diri dan nomor telepon. Selain jadwal, Anda juga dapat melihat biaya tes tersebut sehingga dapat memperkirakannya.

Kapan Anda harus melakukan swab test?

Kapan Anda Harus Melakukan Swab Test

Ilustrasi tes swab (Raimond Spekking/Wikimedia Commons)

Beberapa hal di bawah ini dapat Anda pertimbangkan sebelum memutuskan tes swab:

1. Pernah Kontak dengan Orang yang Terinfeksi Covid-19 atau Diduga Terinfeksi

Segera lakukan tes swab secara mandiri apabila di sekitar Anda ada yang terkena Covid-19. Apabila Anda pernah melakukan kontak dengan teman sekantor atau keluarga Anda yang menjadi pasien Covid-19, sebaiknya Anda lakukan tes meskipun tidak menimbulkan gejala.

Orang yang tidak menunjukkan gejala dapat berbahaya bagi lingkungan sekitar mereka karena dapat menularkan virus tersebut ke orang lain dengan imun yang lebih lemah. Anda juga dapat melakukan tes swab saat mengetahui orang di sekitar Anda diduga terinfeksi karena menunjukkan gejala yang mirip.

2. Mengalami Gejala Covid-19

Apabila mengalami demam, diare, mual, indera perasa dan pembau mulai hilang, sebaiknya Anda segera lakukan tes swab. Gejala-gejala tersebut merupakan gejala umum yang dialami oleh seseorang yang terinfeksi Covid-19.

Pada awalnya saat masuk ke Indonesia, gejala Covid-19 tampak seperti flu dengan sesak napas. Namun, banyak kasus akhir-akhir ini yang juga menyerang pencernaan sehingga orang yang terkena akan merasa mual hingga diare tetapi juga ditambah dengan demam.

Sambil membuat janji secara online untuk tes swab, Anda dapat juga dapat mengecek jadwal dokter Hermina untuk berkonsultasi mengenai gejala tersebut. Konsultasi, terutama secara daring daring akan membantu penanganan pertama di rumah. Hasil tes swab di Rumah Sakit Hermina dapat diketahui setelah tiga hari setelah tes.

3. Akan atau Setelah Melakukan Perjalanan

Tes swab dapat Anda lakukan ketika akan melakukan perjalanan, terutama perjalanan jauh dan lama terutama menggunakan kereta api atau bus, kapal laut, dan pesawat. Anda juga dapat segera melakukan tes setelah Anda bepergian ke luar kota.

Penularan Covid-19 dapat dari mana saja, terutama di tempat yang tampak ramai dan tempat-tempat umum. Apabila Anda harus melakukan perjalanan, Anda dapat melakukan tes swab agar tetap aman baik untuk diri sendiri dan juga orang lain.

4. Saat Tes Rapid Reaktif

Selain tes swab, salah satu tes untuk mendeteksi Covid-19 adalah tes rapid merupakan tes screening atau untuk mengetahui apakah Anda pernah terpapar oleh Covid-19.

Tes ini dilakukan untuk syarat naik transportasi umum atau kegiatan yang lain. Apabila tes rapid menunjukkan reaksi positif, Anda sebaiknya mengikuti saran dokter untuk segera melakukan tes swab.

Jika menunjukkan reaksi negatif tetapi tidak menunjukkan gejala, Anda dapat melakukan karantina mandiri di rumah. Tetapi Anda berhak untuk melakukan tes swab ketika merasakan gejala meski hasil tes negatif.

Sesuaikan jadwal dokter Hermina untuk konsultasi lebih lanjut terkait keadaan Anda. Konsultasi dengan dokter dapat dilakukan apabila masih ada gejala yang timbul atau ketika sudah mulai berangsur sembuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.