Faktor yang Mempengaruhi Besaran Kapasitas Genset yang Dibutuhkan

20 Agustus 2020 © Protected by COPYSCAPE

Untuk perusahaan ataupun institusi skala besar cadangan pasokan listrik yang mumpuni dan terjamin ketersediaannya adalah hal yang sangat penting. Oleh karena itu mengandalkan pasokan listrik hanya dari PLN semata tentu tidaklah mencukupi. Banyak perusahaan dan institusi besar yang kemudian memutuskan menambah backup cadangan listrik dari rental genset.

Anda tidak boleh sembarangan memilih generator listrik karena genset berukuran terlalu besar melebihi kebutuhan akan membuat pengeluaran membengkak. Sebaliknya genset berkapasitas terlalu kecil tidak bisa membackup kebutuhan Anda.

Faktor yang Berpengaruh Terhadap Kapasitas Genset yang Dibutuhkan

Faktor yang Mempengaruhi Besaran Kapasitas Genset yang Dibutuhkan

Faktor yang Mempengaruhi Besaran Kapasitas Genset yang Dibutuhkan

Perhitungan kapasitas generator listrik yang dibutuhkan harus mempertimbangkan berbagai macam faktor, seperti:

1. Peruntukan Genset

Peruntukkan genset berpengaruh terhadap kapasitas genset yang dibutuhkan. Apabila genset yang Anda sewa ditujukan untuk cadangan listrik apabila sewaktu-waktu kebutuhan listrik membengkak maka kapasitas genset mungkin tidak perlu terlalu besar. Namun apabila genset Anda peruntukkan untuk sumber daya utama maka kapasitas genset yang Anda sewa tentu lebih besar dan harus setidaknya sama dengan beban listrik.

2. Efisiensi Genset

Patut Anda pahami bahwa genset tidak dapat beroperasi secara maksimal dan menghasilkan daya hingga 100%. Efisiensi yang dimiliki oleh generator listrik umumnya sebesar 80% namun besaran ini bisa dibilang adalah besaran terbaik yang umumnya hanya dimiliki oleh generator listrik baru serta berkualitas sangat bagus. Oleh karena itu Anda harus memastikan berapa efisiensi genset kepada vendor sebelum memutuskan memilih kapasitas generator listrik.

3. Perhitungkan Margin Operasi

Selain faktor efisiensi generator listrik, margin operasi generator listrik juga harus Anda pertimbangkan. Pengertian margin operasi listrik adalah batasan operasi genset untuk dapat dioperasikan dalam waktu lama. Pasalnya, pengoperasian genset pada batasan maksimal tidak dapat melebihi waktu 30 menit. Margin operasi umumnya sebesar 20% sampai 30%.

Jasa sewa generator listrik menjadi salah satu produk Sewatama terbaik yang sudah dijalankan sejak lebih dari 20 tahun yang lalu. Perusahaan Sumberdaya Sewatama menyediakan berbagai jasa backup cadangan listrik baik itu melalui sewa genset berkualitas ataupun pembangkitan sumber daya listrik alternative. Sewatama menerima order sewa genset dari berbagai daerah di Indonesia.

Komentar pada artikel "Faktor yang Mempengaruhi Besaran Kapasitas Genset yang Dibutuhkan"

Klik bagian ini untuk membuka riwayat komentar
Belum ada riwayat komentar pada postingan ini. Jadilah yang pertama memberikan komentar atau pertanyaan melalui form komentar di bawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.