Daftar Venture Capital Terbaik di Dunia dan Indonesia

15 Juni 2022 © Protected by COPYSCAPE

Dunia startup belakangan mulai terkenal dan banyak dibicarakan mengingat sudah mulai banyaknya jenis startup unik yang muncul sekarang ini baik dari Indonesia maupun di dunia. dunia startup pastinya tidak akan lepas dari modal untuk menjalankan startup tersebut, dan disinilah venture capital biasanya berperan besar.

Banyak sekali perusahaan venture capital yang mendanai para startup hebat baik di kancah Internasional maupun di Indonesia sendiri. Berikut beberapa daftar perusahaan venture capital terbaik di dunia dan Indonesia yang harus banget Anda pahami!

Daftar Perusahaan Venture Capital Terbaik di Dunia

Daftar Venture Capital Terbaik di Dunia dan Indonesia

Ilustrasi perusahaan

1. Intel Capital

Perusahaan venture capital terbaik di dunia yang menduduki peringkat pertama adalah Intel Capital. Perusahaan venture capital terbaik di dunia ini bahkan telah melakukan lebih dari 1.300 investasi dengan rasio investment to-exit sebesar28,5% yaitu senilai 381 exits.

Portfolio perusahaan ini lebih fokus pada bidang industry startup teknologi seperti perusahaan media digital, perangkat lunak, dan perangkat keras. Bahkan perusahaan ini pernah menginvestasikan senilai $25 juta di perusahaan teknologi pada tahun 2022 baru-baru ini.

Dua dari tujuh perusahaan yang diinvestasikan Intel Capital ini merupakan perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat yang membuat produk penyimpanan yang dirancang untuk organisasi yang menggunakan perangkat keras seperti Apple.

Dari lima perusahaan yang tersisa, empat diantaranya berbasis di Asia yang bergerak dalam bidang pembuatan perangkat lunak analisis satu tingkat berbasis di Dubai.

Untuk investasi tingkat Asia dari Intel Capital sendiri termasuk Crucialtec Korea Selatan yang membuat perangkat input berdasarkan teknologi optic, Gudeng Precision Industrial Co Taiwan yang memciptakan peralatan manufaktur semikonduktor.

2. Kleiner Perkins

Daftar perusahaan venture capital terbaik di dunia selanjutnya diduduki oleh Kleiner Perkins yang sudah didirikan sejak tahun 1972 lamanya. Perusahaan ini telah melakukan banyak investasi sekitar 1.136 investasi dimana 240 diantaranya telah dilakukan oleh IPO.

Beberapa investasi mereka ini pada awalnya berpusat pada industri perangkat lunak dan perangkat keras. Saat ini, mereka telah mengembangkan perusahaan mereka hingga mencakup iindustri bioteknologi, seluler, perawatan kesehatan, dan internet.

3. Accel

Perusahaan venture capital terbaik selanjutnya adalah Accel yang sudah didirikan sejak tahun 19983 lamanya. Perusahaan ini memiliki jenis investas dalam startup yang terkemuka seperti Dropboox dan Facebook.

Keahllian utama perusahaan venture capital ini adalah firma venture capital yan gpraktis berinvestasi pada startup tahap-tahap awal dan tahap perkembangan. Accel ini bekerja dengan startup dalam investasi awal hingga tahap pertumbuhan startup yang mereka berikan modal.

Perusahaan venture capital ini memiliki kantor di Palo Alto, California dan San Fransisco, California dengan dana operasional tambahan di London, India, dan China melalui kemitraan dengan International Data Group.

Investasi awal dan tahap awal yang mereka berikan kepada startup seperti Clloudera, Dropbox, Dropcam, Facebook, dan Slack. Sedangkan, untuk jenis Investasi modal pertumbuhan perusahaan akan fokus pada perusahaan yang bergerak lebih maju serta membutuhkan jumlah modal yang lebih besar untuk mengembangkan bisnis mereka seperti Atlassian, DJI, dan Qualtrics.

4. Sequoia Capital

Perusahaan venture capital ini didirikan sejak tahun 1972 dan telah melakukan beragam investasi untuk perusahaan swasta dan public dengan dana yang dioperasikan di China, India, dan Israel. Perusahaan venture capital Sequoia Cappital telah melakukan sebanyak 1.275 investasi dimana 265 diantaranya telah berhasil menghasilkan rasio 20,71 persen.

Sebagai investor utama, sudah lebih dari 63 persen perusahaan tempat yang mereka inveestasikan berhasil melakukan IPO dan beberapa nya dikenal sebagai NVIDIA dan Instagram. Tiga firma terakhir seperti New Enterprise Associates, Bessemer Venture, dan Khosla Ventures yanag sudah melakukan 1589, 910, dan 707 investasi.

Uniknya, perusahaan venture capital ini juga memberikan preferensi sendiri tentang industry usaha yang mereka investasikan.

Daftar Perusahaan Venture Capital di Indonesia

1. Alpha JWC Ventures

Perusahaan venture capital ini menjadi perusahaan venture capital terkemuka di kawasan Asia Tenggara. Fokus perusahaan ini adalah Indonesia setrta perusahaan ini juga menjunjung tinggi nilai Value add bagi perusahaan portfolionya.

Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 2015 yang didasari oleh orang-orang seperti Jefrey Joe, Chandra Tjan, dan Will Ongkowijaya sebagai founding partners perusahaan ini. perusahaan ini juga dinobatkan sebagai early stage Venture Capital Independen dan institusional pertama di Indonesia.

2. Emtek Group

Perusahan venture capital di Indonesia ini didirikan dan dikembangkan oleh anak muda Indonesia seperti Edward Ismawan Chamdani dan Andi S Boediman. Fokus pendanaan dari perusahaan venture capital ini adalah pendanaan di sector media dan e-commerce.

Beberapa startup di Indonesia yang sudah menerima pendanaan dari perusahaan venture capital ini adalah eEvent, Orori, FemaleDaily, Saqina, Touchten, dan lainnya.

3. East Ventures

Perusahaan venture capital terbaik di Indonesia ini sudah didirikan sejak tahun 2010 dan bisa dibilang sebagai perusahaan venture capital pertama yang hadir di Indonesia. pperusahaan ini juga sangat aktif dalam memberikan pendanaan untuk startup yang ada di Indonesia.

Perusahaan venture capital ini bahkan sudah mendanai perusahaan startup seperti Tokopedia, BerryKitchen, Apps Foundry, Berrybenka, Traveloka, dan lainnya. East Ventures telah berubah menjadi platform holistic yang menyediakan investasi multi-tahap termasuk tahap awal dan tahap pertumbuhan untuk lebih dari 2000 perusahaan di Asia Tenggara.

Dana yang dikelola East Ventures ini menjadi salah satu manajer investasi modal ventura berkinerja baik di dunia. perusahaan ini termasuk kedalam lima perusahaan di seluruh dunia yang memiliki tiga dana termasuk dalam kuartil teratas Preqin yang ditempatkan di samping nama terkemuka seperti Benchmark Capital.

Komentar pada artikel "Daftar Venture Capital Terbaik di Dunia dan Indonesia"

Klik bagian ini untuk membuka riwayat komentar
Belum ada riwayat komentar pada postingan ini. Jadilah yang pertama memberikan komentar atau pertanyaan melalui form komentar di bawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.