Cara Mengikuti Webinar P2AB SIAp (Daftar, Konfirmasi, dan Post Test)

2 Maret 2022 © Protected by COPYSCAPE

Artikel terkait cara mengikuti webinar di P2AB SIAp ini saya bagikan untuk rekan sejawat yang hingga saat ini masih bingung bagaimana cara mendaftar atau bergabung di kegiatan webinar P2AB yang cukup rutin diadakan oleh PP IAI sejauh ini. Harapannya, semoga tulisan ini bisa dipahami dengan mudah dan rekan sejawat selanjutnya bisa dengan mudah mengikuti kegiatan webinar P2AB SIAp.

Cara Mengikuti Webinar P2AB di SIAp

Tutorial mengikuti webinar P2AB di SIAp ini akan saya bagi menjadi 3 tahap, yaitu:

  1. Tahap pendaftaran webinar
  2. Tahap konfirmasi kehadiran peserta webinar
  3. Tahap mengikuti post test atau kuis

Tanpa perlu berlama-lama lagi, silakan mencermati cara mengikuti webinar P2AB di SIAp berikut ini tahap demi tahap.

1. Tahap pendaftaran webinar

Sebelum bermaksud mengikuti webinar di P2AB, diharapkan sejawat sudah memiliki akun di SIAP (apoteker.or.id) agar SKP yang diperoleh di website P2AB ini bisa otomatis terverifikasi di akun SIAP sejawat.

  1. Kunjungi situs P2AB SIAp di https://p2ab.net.
  2. Klik tombol Login Webinar yang ada di pojok kanan atas halaman, kemudian masukkan nomor anggota dan password akun P2AB.
    Header website P2AB Login Webinar

    Header website P2AB Login Webinar

    Halaman login

    Halaman login

    Jika Anda belum memiliki akun, silakan klik tombol Daftar dan pastikan tidak ada kesalahan penulisan pada saat melakukan pendaftaran di halaman pendaftaran selanjutnya.

  3. Klik tombol Showcase yang ada di bagian pojok kanan atas untuk melihat daftar webinar yang tersedia.
    Kolom Showcase minggu ini berisi daftar kegiatan webinar yang bisa diikuti secara live pada hari kegiatan.
    Kolom On-demand/Replay berisi daftar replay kegiatan webinar yang bisa diikuti secara on-demand (tidak live) dan bisa disaksikan kapan pun selama replay kegiatan webinar masih tersedia di P2AB.
  4. Berikut contoh tampilan kolom Showcase minggu ini.

    Kolom Showcase minggu ini

    Kolom Showcase minggu ini

  5. Pada bagian kanan bawah, sejawat bisa klik tombol Daftar sekarang untuk bergabung dengan kegiatan webinar.
    Tombol Daftar Sekarang hanya bisa diklik selama kuota peserta belum terpenuhi. Jika kuota peserta sudah terpenuhi, maka tombol Daftar Sekarang akan berubah menjadi Kouta Penuh.
  6. Setelah berhasil mendaftar, sejawat akan diarahkan ke halaman Home.

    Halaman Home

    Halaman Home

  7. Klik menu Event yang diikuti pada bagian kiri layar.
  8. Halaman akan menampilkan daftar event yang telah dan akan sejawat ikuti. Gulir ke halaman paling bawah untuk melihat apakah webinar sebelumnya telah masuk ke dalam daftar event yang diikuti. Jika ada, maka proses pendaftaran webinar sejawat telah berhasil.

    Daftar event di halaman Event yang diikuti

    Daftar event di halaman Event yang diikuti

  9. Tahap pendaftaran webinar telah selesai.

2. Tahap konfirmasi kehadiran peserta webinar

Untuk melakukan konfirmasi kehadiran, sejawat perlu menunggu email konfirmasi kehadiran dari Zoom yang biasanya akan dikirim satu hari sebelum kegiatan webinar.

Isi email konfirmasi kurang lebih seperti gambar di bawah ini:

Email konfirmasi kehadiran webinar

Email konfirmasi kehadiran webinar

Pada tahap konfirmasi, sejawat hanya perlu mengklik tombol Join Webinar yang ada pada badan email, kemudian tuliskan nomor KTA dan submit pada form yang tersedia setelah mengklik tombol Join Webinar.

Jika tahap konfirmasi berhasil, selanjutnya sejawat akan kembali menerima email dari Zoom yang isinya sama seperti email konfirmasi yang pertama.

Email masuk setelah melakukan konfirmasi kehadiran peserta webinar

Email masuk setelah melakukan konfirmasi kehadiran peserta webinar

Pada H-1 jam sebelum kegiatan webinar dimulai, sejawat akan kembali mendapatkan email pengingat yang menginformasikan bahwa webinar akan dimulai dalam 1 jam ke depan.

Untuk mengikuti webinar, sejawat bisa mengklik tautan Click here to join yang ada pada badan email.

3. Tahap mengikuti post test atau kuis

Setelah mengikuti kegiatan webinar melalui tautan Zoom yang dibagikan melalui email. Tibalah saatnya bagi sejawat untuk mengikuti post test atau kuis yang merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan SKP dari kegiatan webinar.

Untuk mengakses post test atau kuis, silakan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Kunjungi p2ab.net.
  2. Login Webinar jika sejawat belum login.
  3. Klik tombol Home yang ada di pojok kanan atas halaman.
  4. Klik menu Event yang diikuti yang ada di bagian kiri halaman.
  5. Gulir ke halaman yang paling bawah, lalu pilih kegiatan yang baru saja Anda ikuti.
  6. Klik tombol Detil atau Ikuti quiz (tergantung sistem).
  7. Silakan jawab semua soal kuis yang tersedia hingga selesai.

Soal post test atau kuis webinar P2AB SIAp biasanya berjumlah 20 soal. Bagi teman-teman yang memerlukan kunci jawaban webinar P2AB SIAp silakan mengunjungi halaman Kunci Jawaban Webinar IAI. Kunci jawaban biasanya saya bagikan beberapa saat setelah halaman kuis bisa diakses (tergantung kesibukan pada hari kegiatan webinar).

Penyaluran SKP pembelajaran untuk kegiatan webinar secara live biasanya memerlukan waktu sekitar 1 minggu. Jadi, pastikan rekan sejawat sekalian melakukan klaim sertifikat agar sertifikat kegiatan bisa diunduh dan otomatis masuk dan terverifikasi ke akun SIAp sejawat.

Tahap verifikasi dan penyaluran SKP

Tahap verifikasi dan penyaluran SKP

Proses verifikasi ini ditujukan untuk menyaring peserta yang memenuhi syarat minimal durasi kehadiran sejawat. Sejauh yang saya tahu, syarat minimal kehadiran pada webinar adalah 80 menit (silakan koreksi jika salah). Jika durasi kehadiran sejawat tidak memenuhi syarat minimal, maka sejawat tidak dapat melakukan klaim SKP.

Nah, itulah artikel tentang Cara Mengikuti Webinar P2AB SIAp dan beberapa hal terkait webinar P2AB SIAp yang saya tahu dan bisa saya bagikan. Semoga bisa membantu rekan-rekan sejawat yang masih kebingungan pada saat ingin mengikuti kegiatan webinar.

Bagi rekan sejawat yang ingin mendapatkan informasi tentang kegiatan webinar terbaru, sejawat bisa bergabung ke grup atau kanal Telegram berikut Kanal Webinar Apoteker. Pada kanal ini, saya biasa membagikan jadwal webinar terbaru (sama seperti pada halaman Jadwal Webinar [termasuk webinar dari P2AB SIAp], hanya saja sejauh ini hanya membagikan informasi terkait webinar gratis) dan pengingat jadwal webinar yang berlangsung hari ini, serta kunci jawaban post test webinar.

Semangat menambah ilmu dan berburu SKP 😀

Komentar pada artikel "Cara Mengikuti Webinar P2AB SIAp (Daftar, Konfirmasi, dan Post Test)"

Klik bagian ini untuk membuka riwayat komentar
Belum ada riwayat komentar pada postingan ini. Jadilah yang pertama memberikan komentar atau pertanyaan melalui form komentar di bawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.