4 Cara Mengatur Gaji Bulanan dengan Cermat

11 April 2020 © Protected by COPYSCAPE

Gaji Anda sebagai karyawan hanya standar UMR dengan bonus pas-pasan? Di era Milenial, mungkin mengelola gaji kecil terasa sulit karena kebutuhan harian yang terus meningkat. Tentu Anda harus pandai mengatur gaji bulanan secara cermat agar tidak kehabisan uang saat pertengahan bulan. Padahal masa gajian masih lama, bukan? Pada artikel ini saya akan membantu Anda untuk memiliki asuransi masa depan yang lebih terjamin dari pengelolaan gaji bulanan.

Yuk, mari simak tips mengatur gaji bulanan secara cermat berikut agar masa depan Anda menjadi lebih cemerlang.

4 Cara Mengatur Gaji Bulanan dengan Cermat

Ilustrasi mengatur keuangan.

1. Membuat daftar prioritas pengeluaran

Hal penting pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat daftar prioritas pengeluaran bulanan secara bijak. Buat pos-pos pengeluaran yang paling vital seperti biaya kontrakan, biaya makan harian, sarana transportasi, internet, pulsa, dan lain-lain.

Sebaiknya Anda menghilangkan pos pengeluaran yang sekunder lebih dahulu seperti nongkrong di kafe, belanja baju, traveling ke luar daerah, belanja gadget terbaru, dan lain-lain. Namun, bukan berarti Anda tidak boleh untuk liburan atau piknik, syaratnya adalah buat nilai anggaran yang jelas agar tidak membebani finansial bulanan Anda.

2. Menyisihkan untuk tabungan

Agar uang Anda tidak habis setiap bulan untuk membayar tagihan semata, sebaiknya sisihkan gajian untuk tabungan. Anda bisa membuat persentase tabungan yang tidak memberatkan minimal 10-20 persen dari nilai gaji.

3. Memiliki asuransi

Diantara pos pengeluaran yang telah Anda buat, jangan melupakan asuransi yang memiliki manfaat penting dalam kehidupan. Anda bisa membuat persentase 10-20 persen untuk membayar asuransi jiwa atau kesehatan.

Jika Anda sudah berkeluarga, jangan lupa memiliki asuransi pendidikan untuk menjamin masa depan si kecil. Anda bisa mendaftar asuransi lewat portal AXA Direct yang menawarkan pilihan asuransi sesuai kemampuan finansial bulanan.

4. Segera membayar semua tagihan lebih awal

Agar keuangan Anda bisa stabil hingga akhir bulan, sebaiknya segera membayar semua pos pengeluaran di awal bulan. Anda bisa menyisihkan kebutuhan bulanan tanpa tergerak untuk menghamburkan uang yang sudah ada di pos tersebut. Sebaiknya miliki pos dana darurat untuk kebutuhan yang mendadak.

Beberapa tips cermat mengelola gaji bulanan di atas bisa Anda terapkan mulai sekarang. Foya-foya akan membuat Anda tidak memiliki tabungan dan asuransi yang memberikan masa depan lebih baik. Untuk mendapatkan informasi terkait asuransi yang pas, Anda bisa mengecek portal AXA Direct secara detail di era digital ini.

Komentar pada artikel "4 Cara Mengatur Gaji Bulanan dengan Cermat"

Klik bagian ini untuk membuka riwayat komentar
Belum ada riwayat komentar pada postingan ini. Jadilah yang pertama memberikan komentar atau pertanyaan melalui form komentar di bawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.