5 Cara Mencegah Timbulnya Hipertensi

14 April 2020 © Protected by COPYSCAPE

Hipertensi merupakan salah satu penyakit yang sangat diwaspadai. Hal tersebut karena penyakit ini termasuk jenis penyakit yang mematikan, apalagi ketika sudah menyebabkan komplikasi. Sayangnya, penyakit ini cenderung tidak disadari oleh penderitanya, sehingga membuat proses perawatannya pun terlambat. Selain itu, banyak pula masyarakat yang mempercayai akan beberapa mitos yang berkembang di tengah masyarakat yang sebenarnya tidak benar tentang penyakit ini.

Hipertensi dan Cara Pencegahannya

5 Cara Mencegah Timbulnya Hipertensi

Ilustrasi pengecekan tekanan darah

Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi ini merupakan salah satu pemicu timbulnya penyakit lain yang lebih serius bahkan mematikan. Penyakit ini bahkan disebut sebagai silent killer karena memang tidak menunjukkan gejala yang jelas. Berdasarkan data penelitian menyebutkan bahwa 4 dari 5 orang dewasa adalah penderita penyakit ini. Anda bisa mencegah timbulnya penyakit ini dengan berbagai cara.

1. Olahraga secara Rutin

Olahraga dan aktivitas yang melibatkan fisik memang sangat penting sebagai upaya untuk menjaga kesehatan. Termasuk mencegah timbulnya penyakit tekanan darah tinggi. Ketika Anda melakukan olahraga secara rutin, maka risiko terserang darah tinggi pun berkurang mulai 20 hingga 50 persen. Jenis olahraga yang dilakukan pun tidak perlu terlalu berat. Jogging selama 30 menit setiap hari dan dilakukan secara rutin saja sudah cukup.

2. Menjaga Berat Badan Ideal

Upaya untuk cegah hipertensi selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga berat badan ideal. Orang yang memiliki berat badan berlebih bahkan obesitas memiliki risiko terserang tekanan darah tinggi hingga 60% lebih besar. Penderita obesitas atau orang dengan berat berlebih cenderung memiliki jaringan lemak dalam jumlah berlebih di tubuhnya. Hal tersebut menyebabkan resistensi pembuluh darah menjadi meningkat serta membuat jantung bekerja lebih pula yang menyebabkan tekanan darah terus meningkat.

3. Mengurangi Alkohol, Rokok, dan Kafein

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mencegah hipertensi adalah dengan mengurangi konsumsi alkohol, kafein, dan rokok. Ketika merokok, tekanan dalam darah akan langsung meningkat. Sedangkan untuk minuman yang mengandung kafein sebenarnya masih diperdebatkan. Ada yang berpendapat, bahwa bagi orang yang jarang mengonsumsi, kafein bisa membuat tekanan darah meningkat. Sedangkan pada orang yang sudah terbiasa mungkin tidak terlalu berdampak. Namun, mengubah pola hidup dengan mengurangi ketiga hal tersebut tentu akan lebih baik bagi kesehatan.

4. Memperbaiki Pola Makan

Pola makan yang tidak sehat juga menjadi penyebab terbesar timbul penyakit hipertensi. Oleh karena itu, untuk mencegahnya salah satunya adalah dengan mengatur pola makan. Kurangi makanan yang mengandung garam. Makanan olahan juga sebaiknya dikurangi semaksimal mungkin. Mulai konsumsi makanan yang banyak mengandung kalium, magnesium, serat, dan rendah lemak akan menurunkan risiko terserang tekanan darah tinggi.

5. Mencegah Stres

Tidak hanya pola makan, pola hidup yang sehat juga menjadi cara ampuh untuk mencegah tekanan darah tinggi. Menghindari stres akan menurunkan risiko terkena penyakit ini. Hal tersebut karena ketika sedang stres tekanan darah akan otomatis naik. Ketika Anda tidak bisa mengatasi stres dan mengalami stres berkepanjangan, maka bukan tidak mungkin tekanan darah juga terus meningkat. Ini terjadi karena saat stres tubuh akan secara otomatis memproduksi hormon tertentu yang meningkatkan tekanan darah.

Itu tadi adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah tekanan darah tinggi. Selain cara di atas, memeriksakan tekanan darah secara rutin juga bisa mencegah Anda dari serangan hipertensi. Dengan melakukan pengecekan tekanan darah secara rutin maka Anda bisa tahu ketika tekanan darah Anda mengalami peningkatan. Dengan begitu Anda pun bisa melakukan pencegahan dan perawatan dini sehingga tidak sampai menyebabkan komplikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.