5 Cara Efektif Memulai Usaha Toko Kelontong

7 Oktober 2021 © Protected by COPYSCAPE

Bisnis toko kelontong bisa jadi pilihan yang menguntungkan sekaligus cukup menjanjikan di masa sekarang. Jenis usaha ini sudah pasti akan dibutuhkan oleh banyak orang. Usaha toko kelontong bisa jadi pilihan bisnis kecil yang mudah berkembang besar karena memiliki target pasar yang sangat jelas.

Cara Memulai Bisnis Toko Kelontong

Cara Efektif Memulai Usaha Toko Kelontong

Ilustrasi usaha toko kelontong [Photo by Caio from Pexels]

Dalam dunia bisnis, Anda memang harus memanfaatkan peluang dengan sebaik mungkin. Penting sekali untuk memikirkan apakah bisnis tersebut memang akan diminati atau tidak. Bisnis toko kelontong ini jelas akan memberi keuntungan karena akan dibutuhkan dari masa ke masa. Berikut adalah 5 cara untuk memulai bisnis toko kelontong:

1. Hitung Jumlah Modal Tersedia

Langkah pertama, silakan hitung dulu jumlah modal yang tersedia dan akan dipakai untuk membuka toko. Menjalankan toko kelontong memang butuh modal yang besar, tetapi nilai modal ini sangat fleksibel. Langkah memulai bisnis ini bisa disesuaikan dengan jumlah modal yang Anda miliki.

Jika jumlah modal masih terbatas, maka mulailah dengan toko kelontong skala kecil. Anda bisa menyewa ruko kecil dan menyediakan barang-barang yang terbatas terlebih dahulu. Nantinya bisnis bisa dikembangkan lebih besar lagi setelah ada tambahan modal dari keuntungan yang Anda dapatkan.

2. Tentukan Posisi yang Strategis

Selanjutnya silakan pilih lokasi toko yang paling pas. Sebaiknya pilih lokasi toko yang strategis sehingga bisa meningkatkan angka penjualan toko Anda dengan mudah. Pilihlah toko yang lokasinya tidak terlalu jauh dengan permukiman. Jauh lebih baik jika lokasi toko kelontong Anda berada di pusat keramaian.

Namun, perlu diketahui juga bahwa memilih lokasi toko ini juga harus disesuaikan dengan biaya. Biasanya dibutuhkan biaya yang lebih besar untuk mendapatkan lokasi toko yang strategis. Selain itu harus dipertimbangkan juga apakah di sekitar sana sudah ada toko kelontong lain atau belum.

3. Tentukan Barang yang Akan Dijual

Saat akan memulai usaha toko kelontong, silakan tentukan dulu jenis barang yang akan dijual. Banyak sekali jenis barang yang bisa dijual di toko kelontong Anda. Sebaiknya buat list atau daftar barang apa saja yang akan disediakan di toko tersebut. Langkah ini juga akan membantu Anda menentukan besarnya modal yang harus dipersiapkan.

Sebaiknya lakukan survei barang apa saja yang dibutuhkan di masyarakat. Cari tahu produk apa yang saat ini sedang sangat diminati. Hal ini akan membantu Anda untuk menyediakan barang-barang sesuai dengan kebutuhan target pasar Anda.

4. Survei Tempat Kulakan

Agar bisa menjalankan bisnis toko kelontong, Anda harus menemukan tempat kulakan yang tepat. Carilah tempat kulakan yang menawarkan harga murah dengan kualitas barang yang bagus. Pencarian tempat kulakan ini bisa saja sulit karena Anda harus mencari tahu di beberapa lokasi dan membandingkannya terlebih dahulu.

Penting untuk memilih tempat kulakan yang terpercaya agar bisa dijadikan langganan. Anda mungkin juga harus mencari lebih dari satu tempat kulakan sesuai dengan jenis barang yang akan dijual di toko kelontong tersebut. Jika perlu, tanyakan juga rekomendasi tempat kulakan dari teman atau kerabat yang mungkin juga menjalankan toko kelontong.

5. Persiapkan Tata Letak Toko

Selanjutnya silakan persiapkan seperti apa tata letak toko yang akan Anda buka. Pengaturan tata letak toko ini sangat penting untuk menarik konsumen. Anda sebaiknya mengatur toko sebaik mungkin supaya nantinya pelanggan merasa nyaman berbelanja di toko tersebut. Pastikan tata letak toko memudahkan semua pelanggan untuk berbelanja dengan nyaman.

Nah, itulah 5 cara memulai usaha toko kelontong secara efektif yang socok sekali diterapkan oleh para pemula yang mungkin belum punya pengalaman berbisnis. Jenis usaha ini bisa jadi peluang besar jika Anda pandai mengelola dan terus memberikan pelayanan terbaik.

Komentar pada artikel "5 Cara Efektif Memulai Usaha Toko Kelontong"

Klik bagian ini untuk membuka riwayat komentar
Belum ada riwayat komentar pada postingan ini. Jadilah yang pertama memberikan komentar atau pertanyaan melalui form komentar di bawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.