Bagian-Bagian Panel Listrik

6 Maret 2018 © Protected by COPYSCAPE

Panel listrik adalah perangkat untuk menyalurkan tenaga listrik dari pusat ke pemakai. Panel listrik terdiri dari beberapa komponen yaitu ACB, MCCB, MCB, Thermal Overload Relay, Ampere-Meter, CT, Voltmeter, Magnetic Contactor, dan Push Button. Untuk lebih jelasnya silakan baca pada penjelasan di bawah.

Bagian-Bagian Panel Listrik

Bagian-Bagian Panel Listrik

1. ACB (Air Circuit Breaker)

ACB adalah pemutus atau penghubung secara manual atau otomatis. ACB adalah bagian utama dalam panel listrik dan terletak pada Main Distribution Panel (MDP), biasanya untuk memutuskan rangkaian listrik yang mempunyai arus besar. ACB yang digunakan secara manual menggunakan tombol Open atau Close. ACB dilengkapi dengan UVT (Under Voltage Trip) untuk memutuskan tegangan apabila tidak ada tegangan masuk atau tegangan yang masuk sangat rendah.

2. MCCB (Moulded Case Circuit Breaker)

MCCB adalah pemutus rangkaian yang berbentuk kotak, berfungsi untuk memutus atau menghubungkan rangkaian secara manual dan digunakan pada sumber listrik bertegangan 0-1000 V. MCB dapat ditemukan pada MDP (Main Distribution Panel), LCC (Lighting Control Center) dan panel MCC (Motor Control Centre).

3. MCB (Miniature Circuite Breaker)

MCB ini adalah pemutus yang berbentuk kecil, digunakan untuk pengaman saat terjadi hubungan arus singkat. MCB tidak dilengkap dengan UVT (Under Voltage Trip) dan digunakan pada arus kurang dari 100 Ampere. Saat MCB Anda rusak segeralah hubungi jasa service panel listrik atau Anda bisa mencari jasa sewa loadbank terdekat dan memanggil teknisinya.

4. Pilot Button

Berfungsi sebagai lampu tanda fase R-S-T pada panel MCC (Motor Control Center). Pilot Lamp terdiri dari 4 warna yaitu kuning, hijau, biru, dan merah. Tegangan kerjanya pun beragam.

5. Push Button (Tombol)

Terdi dari 2 jenis yaitu On dan Off. On berwarna hijau dan Off berwarna merah.

6. Ampere meter

Ini adalah salah satu ukur pada panel listrik. Ampere meter ini digunakan untuk mengukur arus listrik dan terhubung dengan sensor arus atau CT (Current Transformator).

7. CT (Current Transformator)

Berfungsi untuk mengukur arus yang lewat dan mengirimkan nilai arus ke Ampere meter.

Tujuh poin di atas adalah bagian-bagian penting dari panel listrik dan harus selalu dijaga agar tidak rusak dan menyebabkan kebakaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.