Alasan Kenapa Klaim Asuransi Tidak Disetujui

16 September 2022 © Protected by COPYSCAPE

Sebagian orang enggan memiliki polis asuransi karena khawatir klaim asuransi bakal rumit. Selama Anda memenuhi persyaratan dan ketentuan dalam kontrak polis, maka tidak perlu bingung dengan cara klaim asuransi. Penuhi dokumen yang dibutuhkan dan dana pertanggunggan akan segera cair secepatnya. Hal itulah yang membuat klaim pasar polis lebih cepat, mudah, dan sesuai dengan prosedur perusahaan asuransi yang berlaku.

Alasan Utama Klaim Asuransi Tidak Disetujui

Alasan Kenapa Klaim Asuransi Tidak Disetujui

Ilustrasi kontrak asuransi

Bila Anda pernah memiliki asuransi kesehatan atau jenis asuransi lain, tetapi klaim ditolak perusahaan, maka simak alasan utama klaim asuransi tidak disetujui berikut:

1. Polis asuransi tidak aktif

Bisa jadi polis asuransi Anda dalam kondisi tidak aktif atau lapse karena alasan pemegang polis membayar premi jatuh tempo atau melebihi masa tenggang sesuai aturan dari perusahaan.

2. Klaim tidak tertera pada klausul

Klausul atau kontrak polis harus Anda baca secara cermat agar tahu hak dan kewajiban masing-masing. Bila klaim ditolak, maka besar kemungkinan ada alasan klaim tidak tertera pada kontrak terkait. Misalnya asuransi kesehatan hanya menanggung biaya pengobatan untuk penyakit tertentu dan lain-lain.

3. Lebih dari waktu yang disepakati

Klaim polis memiliki jangka waktu yang harus Anda perhatikan agar klaim disetujui dan Anda bisa bernapas lebih lega. Pasalnya, klaim bisa saja ditolak bila melebihi batas waktu yang sudah ditentukan pada jenis-jenis asuransi tertentu. Misalnya pengajuan klaim asuransi mobil akibat kecelakaan maksimal hanya 3×24 jam atau asuransi jiwa yang punya batas klaim lebih lama. Kalau Anda mengajukan klaim lebih lama dari waktu yang sudah ada dalam kontrak, maka klaim otomatis tertolak.

4. Tidak memenuhi semua dokumen yang terlampir

Klaim pasar polis sangat mudah, cepat, dan aman selama Anda sudah melampirkan semua dokumen yang dibutuhkan dalam klaim asuransi terkait. Anda harus memberikan fotokopi polis asuransi, fotokopi kartu identitas, pengisian formulir pengajuan klaim, dan dokumen-dokumen pendukung lainnya. Untuk klaim asuransi kesehatan, maka pastikan Anda memberikan data yang sebenarnya mulai pengobatan, rawat inap, dan sebagainya.

5. Alasan penolakan klaim asuransi lainnya

Tentu masih ada banyak alasan klaim asuransi tertolak yang perlu Anda ketahui mulai polis asuransi masih dalam masa tunggu karena baru saja terjadi kontrak pembelian polis, punya riwayat penyakit tertentu sebelum membeli polis kesehatan, pemegang polis melakukan pelanggaran hukum yang mengakibatkan klaim asuransi ditolak, klaim asuransi jiwa untuk kematian bunuh diri, hukuman dari pengadilan, melakukan kejahatan dengan penipuan data asuransi, dan alasan lainnya.

Pastikan saja klaim Anda memang sesuai dengan aturan yang berlaku agar biaya pertanggungan bisa segera cair. Memilih jasa asuransi yang tidak terekam dalam daftar rekanan perusahaan asuransi yang diawasi pemerintah Indonesia, maka Anda juga rentan mengalami penipuan yang berimbas pada kerugian finansial. Premi bulanan atau tahunan bayar terus, tetapi klaim asuransi tidak terbayar bila salah pilih perusahaan asuransi tidak resmi.

Dari berbagai alasan klaim asuransi tertolak di atas, pastikan Anda sudah cermat membaca semua poin dalam klausul sebelum tanda tangan kontrak. Klaim pasar polis bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin melakukan klaim asuransi lebih mudah, praktis, dan bisa diakses secara digital. Tinggal klik dari mana saja, klaim asuransi akan segera ditangani dan disetujui lebih cepat. Yuk, segera pilih polis asuransi sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga untuk memastikan keamanan aset sekaligus kenyamanan hidup masa depan 🙂

Komentar pada artikel "Alasan Kenapa Klaim Asuransi Tidak Disetujui"

Klik bagian ini untuk membuka riwayat komentar
Belum ada riwayat komentar pada postingan ini. Jadilah yang pertama memberikan komentar atau pertanyaan melalui form komentar di bawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.