7 Rekomendasi MPASI 6 bulan yang Baik Bagi Perkembangan Si Kecil

26 Maret 2019 © Protected by COPYSCAPE

Seiring dengan pertumbuhan si kecil, bayi membutuhkan nutrisi yang lebih untuk perkembangannya. Pada saat lahir, bayi membutuhkan asupan ASI yang cukup hingga usianya mencapai 24 bulan. Ketika usianya menginjak 6 bulan, proses pencernaan bayi sudah mulai sempurna, sehingga dibutuhkan asupan makanan tambahan. Makanan pendamping ASI 6 bulan atau MPASI 6 bulan ini harus dilakukan demi mencukupi kebutuhan nutrisi si kecil.

Tidak semua bayi mau diberikan MPASI, mungkin karena rasa dan teksturnya yang asing di lidah. Maka dari itu banyak hal yang harus diperhatikan. Tekstur MPASI haruslah lembut agar bayi mudah menelannya juga mudah dicerna oleh perut.

Selain itu, MPASI ini disarankan home-made atau buatan rumah, agar nutrisinya bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan si kecil dan juga kebersihan dan kualitasnya terjaga.

7 Rekomendasi MPASI 6 bulan yang Baik Bagi Perkembangan Si Kecil

7 Rekomendasi MPASI 6 bulan yang Baik Bagi Perkembangan Si Kecil

7 Rekomendasi MPASI 6 bulan yang Baik Bagi Perkembangan Si Kecil

Maka dari itu, agar si buah hati tumbuh dan berkembang dengan baik, berikut ini adalah 7 rekomendasi MPASI 6 bulan yang baik bagi perkembangan si kecil.

1. Buah Pisang

Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut membuat pisang hampir disukai oleh sebagian orang tak terkecuali bayi. Pisang mengandung vitamin A, fosfor, asam folat, dan kalsium yang bagus bagi nutrisi bayi.

Kita bisa mengolah pisang menjadi bubur. Caranya dengan menghaluskan pisang dengan sendok atau blender, lalu tambahkan ASI jika ingin tekstur yang lebih lembut dan rasa yang lebih manis.

2. Buah Wortel

Kandungan vitamin A dan mineral yang tinggi sangat baik bagi pertumbuhan si kecil. Wortel sangat direkomendasikan sebagai MPASI pertama. Cara mengolah wortel yaitu dengan merebusnya lalu haluskan dengan sendok agar mudah di cerna.

3. Alpukat

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan kemampuan motorik bayi, buah alpukat sangat cocok dijadikan MPASI. Alpukat mengandung vitamin A dan C, kalsium, dan magnesium. Untuk mengolahnya, cukup blender alpukat secukupnya, lalu tambahkan ASI jika ingin rasa yang lebih manis.

4. Jagung

Jagung dapat menjadi alternatif lain untuk MPASI. Cara mengolahnya yaitu dengan menghaluskannya menggunakan blender, jika ingin rasa yang lebih manis bisa tambahkan ASI atau tomat dengan diblender secara bersamaan. Jagung bermanfaat untuk mengoptimalkan perkembangan otak bayi, menambah berat badan, melancarkan pencernaan, dan meningkatkan fungsi mata dan kulit.

5. Kacang Hijau

Kacang hijau baik bagi pertumbuhan si kecil. Kacang hijau mengandung vitamin dan mineral yang berperan penting dalam perkembangan fisik maupun mentalnya. Cara mengolah kacang hijau yaitu dengan merebusnya terlihat empuk, lalu saring agar mendapatkan tekstur yang lembut. Kacang hijau ini relatif aman untuk dikonsumsi, dengan catatan tidak ada reaksi alergi.

6. Pepaya

Pepaya sama halnya dengan buah pisang. Pepaya kaya akan zat besi, asam folat, dan enzim papain untuk membantu perkembangan otak dan melancarkan proses pencernaan. Cara mengolah papaya menjadi bubur yaitu cukup haluskan papaya menggunakan sendok atau blender, lalu tambahkan ASI jika ingin rasanya lebih enak dan manis.

7. Nasi Tim

Menu nasi tim cocok diberikan untuk bayi usia 6 bulan. Penyajian nasi tim sangatlah mudah, cukup sediakan bahan dasar beras, santan, dan garam secukupnya. Untuk mendapatkan nutrisi lebih, kita bisa menambahkan bayam, wortel, dan ikan.

Itulah 7 rekomendasi MPASI 6 bulan yang baik bagi perkembangan bayi. Selalu berikan nutrisi dan gizi yang seimbang pada si kecil untuk membantu proses pertumbuhannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.