7 Langkah Cuci Tangan dan Kenapa Harus Melakukannya

26 Mei 2019 © Protected by COPYSCAPE

Apa yang kamu lakukan sebelum makan? Ya, cuci tangan. Tidak hanya dilakukan sebelum makan, cuci tangan juga perlu dilakukan setelah kamu selesai makan, menyentuh binatang, atau menyentuh benda yang kotor. Cuci tangan dilakukan untuk menjaga kebersihan sehingga tangan terbebas dari kuman. Tahukah kamu, cuci tangan tidak sebatas mencucinya dengan air dan sabun. Ada 7 langkah cuci tangan untuk memastikan tanganmu bersih dan terbebas dari kuman.

7 Langkah Cuci Tangan dan Kenapa Harus Melakukannya

7 Langkah Cuci Tangan dan Kenapa Harus Melakukannya

Menjaga kebersihan tangan itu penting. Meskipun tangan terlihat bersih, bukan berarti tangan terbebas dari kuman. Kuman yang ada di tangan kamu bisa berasal dari benda-benda yang kamu pegang setiap hari. Untuk itulah kenapa mencuci tangan sebelum makan itu penting agar kuman yang menempel di tangan tidak ikut terbawa masuk bersama dengan makanan. Kamu tentunya tidak ingin sakit hanya gara-gara lupa cuci tangan sebelum makan.

Langkah Mencuci Tangan

Mencuci tangan tidak cukup dengan membasuh kedua tangan dengan air. Pakai sabun juga belum cukup kalau caranya belum lengkap. Ada 7 langkah cuci tangan yang perlu kamu tahu dan praktikkan setiap kali membersihkan tangan. Simak langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Basahi kedua telapak tangan dengan air mengalir. Kemudian ambil sedikit sabun antibakteri untuk membasuh kedua tangan yang sudah dibasahi tadi.
  2. Bersihkan punggung tangan dengan cara menggosoknya secara perlahan dan bergantian antara kanan dan kiri.
  3. Bersihkan bagian sela-sela jari dengan cara menangkupkan kedua tangan.
  4. Bersihkan ujung jari. Caranya dengan mengaitkan jari-jari tangan satu sama lain dan gosok bagian belakang jari-jari dari kedua tangan.
  5. Bersihkan jempol tangan secara bergantian. Caranya, gosok ibu jari dengan gerakan memutar. Lakukan cara ini pada masing-masing ibu jari.
  6. Bersihkan ujung kuku secara bergantian. Caranya dengan meletakkan ujung kuku pada telapak tangan yang satunya. Kemudian bersihkan dengan cara memutar secara perlahan.
  7. Bersihkan pergelangan tangan secara bergantian. Usap pergelangan tangan dengan tangan yang lainnya. Lakukan dengan gerakan memutar. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

Setelah selesai dengan 7 langkah tersebut, jangan lupa untuk mengeringkan tangan dengan handuk yang bersih. Untuk cara mematikan kran, kamu bisa menggunakan siku tangan atau dengan menggunakan handuk. Kran juga bisa jadi tempat kuman untuk bersembunyi. Dikarenakan kedua tanganmu sudah bersih, jadi kamu sebaiknya tidak menggunakan tangan untuk menutup kran. Nanti tanganmu bisa terkena kuman lagi dan kamu harus mengulangi untuk cuci tangan lagi.

Nah, itulah 7 langkah cuci tangan yang baik dan benar agar tangan kamu tetap bersih dan terbebas dari kuman. Kuman tidak hanya menempel di telapak tangan, tapi juga bisa bersembunyi di sela-sela jari apalagi di kuku. Punggung tangan dan pergelangan tangan yang tidak bersentuhan langsung dengan benda yang kamu pegang pun tetap butuh dibersihkan. Tangan manusia itu memang sarang kuman. Karena itulah, kamu harus rajin-rajin membersihkannya.

Kenapa Harus Mencuci Tangan?

Kalau kamu malas cuci tangan, berbagai macam penyakit bisa menyerangmu dengan mudah. Diantara penyakit tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Flu
  2. Pilek
  3. Diare
  4. Gangguan pencernaan dan usus
  5. Keracunan makanan
  6. Hepatitis A
  7. Infeksi bakteri E. Coli
  8. Impetigo atau infeksi kulit

Jadi, ternyata cuci tangan tidak hanya menjaga kebersihan tangan kamu saja. Tapi juga bisa membuatmu terhindar dari berbagai macam penyakit. Mencuci tangan dengan 7 langkah cuci tangan di atas membuat tanganmu lebih bersih daripada hanya menggosok kedua tangan dengan air dan sabun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.