6 Fakta Tol Trans Jawa Terkini

27 Maret 2019 © Protected by COPYSCAPE

Pemerintahan saat ini memberikan bukti nyata terkait pembangunan infrastruktur di Indonesia, salah satu proyek terbesarnya adalah tol trans Jawa. Tol ini dikabarkan membuat perjalanan melintasi pulau Jawa menjadi lebih cepat dibandingkan jalur jalan nasional yang lama. Pada Januari silam tol trans Jawa bagian timur telah diresmikan dan bisa dioperasikan. Berikut ini beberapa fakta trans tol Jawa terkini setelah dibuka.

6 Fakta Tol Trans Jawa Terkini

6 Fakta Tol Trans Jawa Terkini

[Ilustrasi] 6 Fakta Tol Trans Jawa Terkini

1. Tol Trans Jawa Telah Menyambungkan Merak Hingga Surabaya

Setelah diresmikan seksi tol bagian Jawa Timur maka itu menunjukkan jika tol trans Jawa telah menghubungkan antara Merak sampai Surabaya-Pasuruan. Panjang tol trans Jawa ini mencapai 933 km, merupakan tol terpanjang yang ada di Indonesia saat ini.

Peresmian terakhir sebelum tol trans Jawa resmi tersambung terjadi di ruas tol Ngawi-Kertosono. Setelah itu diresmikan maka pengiriman logistik dari dan ke seluruh daerah di Jawa menjadi lebih mudah dan cepat.

2. Waktu Tempuh Merak-Surabaya Hanya 10 Jam Saja

Waktu tempuh Merak-Surabaya menjadi lebih cepat dari sebelumnya, yaitu dari 14 jam menjadi 9-10 jam saja. Dengan panjang tol 933 km jika pengemudi menggunakan kecepatan 80-100 km/ jam maka perkiraan waktu tempuh memang 9-10 jam.

Namun ada baiknya jika pengemudi beristirahat sejenak setiap 3-4 jam mengemudi agar konsentrasi pengemudi tidak menurun. Istirahat yang baik bagi pengemudi adalah 15 menit setiap kali berhenti, bisa beristirahat sambil minum kopi.

3. Terdapat 61 Rest Area

Sebagai layanan kepada pengguna jalan tol trans Jawa ini akan menyediakan setidaknya 61 rest area untuk beristirahat. Fasilitas yang ada di rest area ini sangat lengkap, pengemudi dan seluruh penumpang bisa memanfaatkannya untuk beristirahat, shalat, dan makan. Namun dari berita tol trans Jawa terkini masih ada 18 rest area yang belum selesai pembangunannya.

Info terpenting dan sangat penting adalah pada setiap rest area, akan diutamakan lapak-lapak untuk UMKM di setiap daerah. Tujuannya tidak lain adalah mengutamakan produk lokal agar lebih mendapatkan tempat di hati rakyat Indonesia.

4. Meskipun Cepat Namun Belum Bisa Menurunkan Biaya Logistik

Tol trans Jawa memang terobosan untuk memangkas waktu tempuh dalam pengiriman logistik ke seluruh Jawa. Sudah dijelaskan di atas jika tol trans Jawa terkini memangkas 5 jam dari jarak tempuh semula. Hal ini merupakan salah satu keuntungan menggunakan tol trans Jawa dalam hal pengiriman logistic menjadi lebih cepat.

Namun sayangnya meskipun lebih cepat tapi belum bisa memangkas biaya logistik, karena disinyalir tarif tol masih cukup mahal. Inilah yang sedang menjadi perhatian Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang akan berusaha menurunkan tarif tol untuk pengguna.

5. Beberapa Pintu Tol Trans Jawa Masih Gratis

Kabar gembiranya beberapa pintu ruas tol masih digratiskan karena belum sepenuhnya aktif. Setidaknya ada 7 ruas tol yang belum dikenakan tarif tol, yaitu Pemalang-Pasekaran, Batang-Krapyak, dan Semarang-Kartasura. Selanjutnya yang juga masih gratis adalah Ngawi-Kertosono, Jombang-Kertosono, Gempol-Grati, dan Surabaya-Kejapanan.

6. Memakan Waktu Pembangunan Paling Lama

Diketahui dari sumber informasi tol trans Jawa terkini pembangunan tol ini adalah yang paling lama. Sebenarnya proyek ini sudah dimulai dari tahun 1995, namun terhenti oleh krisis pada tahun 1998 dan baru dilanjutkan pada tahun 2015. Demikian yang diinformasikan oleh Kementrian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat RI.

Demikian fakta tol trans Jawa terkini, meskipun direncanakan menghubungkan Banten hingga Banyuwangi, namun faktanya berakhir di Pasuruan. Kelanjutan pembangunan akan dilakukan pada tahun 2021 sesuai rencana pemerintah. Jika benar akan dilakukan sesuai rencana, maka seluruh pulau Jawa akan terhubung dengan tol trans Jawa ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.