4 Penyebab Kulkas Tidak Dingin Lagi

15 November 2019 © Protected by COPYSCAPE

Kulkas Anda tidak dingin lagi? Bisa jadi penyebabnya adalah hal sepele dan bisa Anda atasi sendiri tanpa perlu memanggil tukang service. Sebenarnya ada beberapa penyebab kulkas tidak dingin lagi, yang ternyata hanya kesalahan sepele saja.

Harga kulkas saat ini cukup mahal, jadi cukup mustahil kalau langsung rusak tanpa adanya penyebab yang jelas. Apalagi saat ini ada garansi untuk pembelian kulkas, karena itulah kulkas tidak dingin lagi bisa saja disebabkan oleh salah satu hal berikut ini:

4 Penyebab Kulkas Tidak Dingin Lagi

4 Penyebab Kulkas Tidak Dingin Lagi

4 Penyebab Kulkas Tidak Dingin Lagi

1. Es batu menutup lubang es

Hal pertama yang bisa menjadi penyebab kulkas tidak dingin lagi adalah karena lubang es pendingin yang ada di bagian freezer tertutup es. Biasanya kulkas yang sudah berumur lama perlu dibersihkan secara berkala.

Bagaimana kalau tidak dibersihkan? Tentu saja es akan menumpuk dan menutup lubang es yang berfungsi sebagai pendingin. Bagi Anda yang menemukan kulkas di rumah tidak dingin, coba deh cek dulu apakah lubang es di kulkas Anda tertutup oleh es itu sendiri.

2. Pengaturan suhu

Jangan lupa untuk mengatur suhu sesuai dengan kebutuhan kulkas Anda karena terkadang ada saja orang yang tidak bisa mengatur suhu kulkas. Ada yang memutarnya ke angka minimal sehingga suhunya kurang dingin.

Sebaiknya Anda cek terlebih dahulu sebelum memanggil tukang service. Kan sayang uang kalau misalnya penyebabnya hanya karena pengaturan suhu yang salah.

3. Memasukkan makanan yang masih panas

Sebaiknya Anda jangan memasukkan makanan yang masih panas ke dalam kulkas karena hal tersebut bisa membuat kulkas Anda  menjadi kurang dingin. Jika ada suhu panas dan dingin bercampur, kemungkinan besar suhu panaslah yang akan menang.

Oleh karena itu, kulkas akan menjadi kurang dingin dan makanan yang lain juga terpengaruh karena kulkas kurang dingin dan tidak bisa mengawetkan makanan. Sebaiknya Anda angin-anginkan terlebih dahulu makanan yang masih panas tersebut, baru kemudian setelah cukup dingin Anda bisa memasukkannya ke dalam kulkas untuk mengawetkannya.

4. Aliran listrik rendah

Bisa saja karena aliran listrik yang rendah membuat kulkas Anda menjadi kurang ingin, sehingga cek terlebih dahulu apakah ada yang salah dengan stop kontaknya. Jika stop kontak tidak bermasalah, bisa saja karena colokannya tidak terlalu menancap dengan baik.

Ada banyak kemungkinan penyebab kulkas tidak dingin lagi, Anda bisa cek saja satu per satu sebelum memanggil jasa service kulkas. Mungkin saja penyebabnya adalah hal sepele yang sebenarnya bisa Anda atasi sendiri. Semoga bermanfaat 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.