Cara Membuat Efek Water Color di Photoshop

23 Oktober 2015

Halo sobat MUHRID. Alhamdulillah saya sempat posting lagi, kali ini untuk pertama kalinya saya akan berbagi tutorial photoshop. Sebenarnya posting ini merupakan request dari salah satu teman saya di instagram. Oke, bagi yang masih penasaran apa itu efek watercolor. Silakan lihat gambar di bawah ini:

Cara Membuat Efek Water Color di Photoshop

Efek watercolor.

Nah, bagaimana? Apakah kalan tertarik, jika kalian tertarik dan merasa ingin membuatnya. Silakan baca tutorial yang saya berikan di bawah ini:

Peralatan tempur:

Sebelum tutorial, saya akan menjelaskan peralatan yang perlu disiapkan.

1. Laptop/PC.

2. Aplikasi photoshop. Kalau kalian belum memiliki aplikasi photoshop, silakan cari di google. Saran saya, untuk keperluan mengedit foto sesaat saja, kalian bisa mendownload photoshop portable yang memiliki ukuran file lumayan kecil, sekitar 50 MB.

3. Tekstur water color. Sebagai contoh kalian bisa mendownload gambar berikut:

Tekstur watercolor

Tekstur watercolor

Silakan berkreasi dengan mencari tekstur water color yang lain di Google Image.

4. Foto yang akan kalian beri efek watercolor.

Cara Membuat Efek Water Color di Photoshop

Setelah peralatan tempur siap. Kita lanjut ke tutorial, saya akan mencoba menjelaskan sejelas mungkin agar mudah dimengerti oleh orang awam photoshop sekalipun.

1. Buka aplikasi photoshop kalian. Bagi yang menggunakan photoshop portable, dalam beberapa kasus ada teman-teman saya yang tidak bisa membuka aplikasi photoshop portable-nya. Solusinya adalah dengan cara klik kanan pada icon photoshopnya, kemudian klik run as administrator. Jeeeng, photoshop terbuka. Bagi yang baru berkenalan dengan photoshop, berikut tampilan awal aplikasi photoshop.

Tampilan awal photoshop

Tampilan awal photoshop

2. Buka foto yang akan kalian beri efek watercolor. Caranya adalah klik File (pojok kiri atas) -> Open atau langsung dengan menekan Ctrl+O pada keyboard, pilih foto dan klik Open.

Tampilan setelah membuka foto

Tampilan setelah membuka foto

3. Usahakan foto yang akan kalian gunakan memiliki background warna tunggal. Misalnya background hijau saja, merah saja, atau apapun. Intinya warna background hanya satu dan warna tersebut tidak ada di bagian gambar yg akan kita edit. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah dalam menghapus background. Bagi yang tidak memiliki foto dengan kriteria tersebut, TENANG, jangan berkecil hati, kita masih bisa usahakan.

Lihat pada tool area di sebelah kiri layar (lihat area yang ditunjuk tanda panah pada gambar).

Tool area

Tool area

Sekarang, gunakan tool Eraser Tool (iconnya penghapus). Kalau bingung, coba dekatkan kursor mouse ke masing-masing tool, kalian akan menemukan Eraser Tool. Sudah? Oke, klik kanan pada tool tersebut, kemudian pilih Magic Eraser Tool dan klik background pada gambar yang akan kalian hapus.

FYI, magic erasol tool berfungsi untuk menghapus gambar yang mengandung satu warna hanya dengan sekali klik.

Jika background kalian hanya satu warna, background kalian akan langsung terhapus. Tapi, jika tidak, kalian akan melihat beberapa background yang tidak terhapus seperti gambar di bawah.

Background tidak terhapus sempurna

Background tidak terhapus sempurna

Istirahat dulu sobat, hehe

Kalau hasilnya seperti gambar di atas, kalian tidak perlu tegang. Selow saja. Sekarang kita lanjut menggunakan Eraser Tool yang standar. Klik kanan pada Erasol Tool, kemudian pilih Eraser Tool (paling atas). Tampilan kursor akan berubah menjadi lingkaran. Selanjutnya kalian hanya perlu menghapus background secara manual. Hasilnya akan seperti gambar:

Before – After

Before – After

4. Alhamdulillah backgroundnya sudah hilang ya, hehe. Langkah selanjutnya adalah menambahkan efek hitam putih pada foto. Caranya adalah klik menu Image (pada menu bar) -> Adjusments -> Black & White atau dengan menekan Ctrl + Alt + Shift + B pada keyboard, kemudian klik Ok. Hasilnya:

Efek Black & White

Efek Black & White

5. Buka foto tekstur water color yang sudah kalian download tadi (cara membukanya sama dengan cara membuka foto yang akan kita edit, yaitu Ctrl+O). Hasilnya seperti pada gambar:

Tekstur Water Color

Tekstur Water Color

6. Pindahkan foto tekstur water color ke dalam foto yang akan kita beri efek dengan cara pilih Move Tool pada tool area, kemudian klik foto tekstur, tahan, dan pindahkan ke foto yang akan kita edit. Hasilnya:

Tampilan setelah foto tekstur dimasukkan ke foto yg akan kita edit

Tampilan setelah foto tekstur dimasukkan ke foto yg akan kita edit

7. Kok gambarnya tertutup? Tenang. Sekarang kita fokus pada menu layers yang ada di sebelah kanan layar. Bagi yang bingung, berikut saya berikan gambarnya:

Menu layers

Menu layers

Bagian yang saya beri panah adalah menu layers. Sekarang klik pada tulisan normal, dan ganti menjadi Screen. Hasilnya seperti ini:

Hampir selesai

Hampir selesai

8. Bagaimana? Sebentar lagi selesai kok, hehe. Sekarang saya kembalikan ke kalian, ukuran tekstur water colornya bisa diatur sekehendak hati agar mendapatkan hasil yang pas. Kalau sudah selesai, selanjutnya adalah menyimpan hasil editing, dengan cara klik File -> Save, dan pilih format .PNG atau .JGP. Kalian juga bisa menyimpan hasilnya dalam bentuk .PSD agar suatu saat nanti fotonya bisa diedit lagi.

Selesai

Selesai. Alhamdulillah. Silakan dicoba bagi yang tertarik. Kalau kalian merasa teorinya susah, saya sarankan, coba saja dulu. Actually, praktiknya lebih mudah daripada teorinya, dan selalu ingat ya, lancar kaji karena diulang. Kalau ada yang belum jelas, silakan tanyakan di menu komentar di bawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.