Perjuangan MUHRID untuk Masuk dalam Toko Sticker LINE

18 Januari 2016 © Protected by COPYSCAPE

Sedikit preview tentang proyek sticker line yang saya beri nama “MUHRID Si Pelajar“. Semoga sticker ini bisa masuk ke Toko Sticker LINE, mohon doanya ya sobat-sobat sekalian 😀

Update: Hasil dari perjuangan ini saya bagikan dalam tulisan Sticker MUHRID Hadir di Toko Sticker LINE.

Perjuangan MUHRID untuk Masuk dalam Toko Sticker LINE

Perjuangan MUHRID untuk Masuk dalam Toko Sticker LINE

Perjuangan MUHRID untuk Masuk dalam Toko Sticker LINE

Cerita ini bermula ketika saya membaca informasi tentang Line Creator Market di suatu website sekitar setahun yang lalu. Kemudian muncul pemikiran untuk membuat sticker line versi MUHRID. Namun, karena saat itu ada beberapa kendala seperti keterbatasan kemampuan dan pengetahuan untuk membuat karakter kartun, jadinya niat tersebut harus sirna. Hingga akhirnya niat itu muncul lagi di awal tahun 2016 ini.

Yaa sebenarnya masih dengan kemampuan yang kurang lebih sama seperti setahun silam. Tapi karena niat dan keinginan yang sudah lumayan kuat. Akhirnya saya putuskan untuk menyewa jasa desain kartun untuk mempermudah sebagian pekerjaan saya dalam proyek ini. Untuk itu, saya membuat penawaran untuk jasa desain kartun di salah satu website pencarian freelance. Tawaran yang saya dapat memang lumayan banyak, tapi karena tidak ada kecocokan harga dengan si freelancer, akhirnya rencana menggunakan jasa freelancer untuk mempermudah pekerjaan saya batal. TAPI, usaha saya tidak hanya sampai di sana, karena memang sudah kebelet ingin membuat sticker line versi MUHRID. Akhirnya saya paksakan untuk membuat sticker sendiri seadanya secara bertahap. Dan ketahuilah sobat, fase ini penuh dengan rasa FRUSTASI.

Perjuangan MUHRID terus berlanjut..

Setelah beberapa bulan, akhirnya, sebanyak 42 gambar untuk dijadikan sticker line sudah siap di ajukan ke pihak line. Saya udah mencoba submit, tapi ternyata ada masalah baru yang muncul. Pihak line mengharuskan si pembuat sticker mempunyai akun paypal versi bisnis yang sudah terverifikasi untuk pembayaran nantinya. Sayangnya, meskipun saya sudah memiliki akun paypal, tapi akun saya belum terverifikasi.

Sudah kepalang tanggung, karena usaha sudah sejauh ini, sayang sekali kalau misalkan niat saya harus sirna lagi. Jadi, saya langsung berusaha mencari cara verifikasi akun paypal dengan cara yang paling mudah dari Google. Setelah browsing sana-sini selama sekitar 2 hari dan mempertimbangkan semua cara yang tersedia. Akhirnya saya memilih cara verifikasi paypal dengan menggunakan VCC (Virtual Credit Card).

Apa itu VCC? Sejenis kartu kredit, tapi dalam bentuk virtual (meskipun juga bisa dipesan dalam bentuk fisik seperti kartu kredit pada umumnya). Saya langsung membuat akun di situs pembuat akun VCC tanpa menggunakan jasa pembuat VCC karena memang harganya yang lumayan mahal dan tidak ada penyedia jasa yang memberikan fitur full akses terhadap akun VCC nya.

Lalu masalah selesai? Belum sobat.

Masih ada 1 permasalahan lagi. Untuk membuat akun VCC, saya harus memiliki saldo minimal $5. Baiklan, karena memang sudah semakin kepalang tanggung, bagaimanapun caranya, saya harus dapat apa yang memang saya inginkan dari awal. Lagi-lagi saya harus browsing sana-sini untuk mencari tahu bagaimana cara deposit saldo di situs VCC tersebut. Ternyata banyak cara yang bisa digunakan, ada deposit langsung menggunakan kartu kredit, bitcoin, dan bank lokal dengan minimal depositnya $20 atau beli saldo di jasa Exchanger E-Currency. Sayangnya, usaha untuk deposit ternyata juga tidak mudah. Saya menghabiskan waktu 1 hari penuh untuk mencari jasa exchanger yang cocok dan menerima deposit saldo seminimal mungkin. Hingga akhirnya saya menemukan jasa exchanger yang pas, mereka memiliki aturan minimal deposit $10 dan saat itu harga beli dolar Amerika sekitar Rp14.100 untuk 1 dolarnya. Oke tidak apa-apa, sudah begitu banyak usaha yang saya lakukan, waja sampai kaputing lah pokoknya.

Proses demi proses saya lalui, akhirnya akun saya di situs pembuat VCC sudah terverifikasi, VCC mastercard sudah jadi, dan paypal sudah terverifikasi. Alhamdulillah, akhirnya satu tembok lagi yang harus saya lalui, yaitu proses review sticker line yang sudah saya buat oleh pihak line sticker. Kabarnya proses review bisa menghabiskan waktu hingga 6 bulan. Tapi tidak apa-apa, namanya juga mencoba, usaha sudah maksimal, tinggal berikhtiar dan banyak-banyak berdoa semoga sticker line MUHRID lolos dalam proses review dan dapat dipublish dalam waktu dekat. Jika tidak ada kendala, impian saya untuk memiliki sticker pribadi di LINE dapat terwujud dengan segera. Semoga. Aamiin yaa rabbal ‘alamiin.

Dan dari sekian panjang usaha untuk mewujudkan impian tentang sticker tersebut, saya tidak menyesal sedikitpun sudah memilih cara yang terbilang ribet dibanding langsung membeli akun dari jasa penyedia VCC ataupun paypal instan. Saya bangga bisa membuat akun VCC sendiri, paypal sendiri, dan memverifikasinya sendiri. Awesome.

3 komentar pada artikel "Perjuangan MUHRID untuk Masuk dalam Toko Sticker LINE"

  1. Mr. Steal Your Mama berkata:

    gan apakah mempunyai vcc itu tetap dapat ditarik uangnya ke rekening? aman tidak?

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Berdasarkan pengalaman saya menggunakan VCC, di sana ada opsi “Money Out” untuk mencairkan uang ke bank dengan minimal pencairan $20. Namun saya belum pernah menggunakan opsi tersebut. Jika pertanyaan aman atau tidak, sejauh ini memang saya belum pernah mendapatkan informasi bahwa vcc yang saya gunakan tidak aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.