Mengenali Apa Itu Soya Sauce dan Penggunaannya untuk Makanan

18 Desember 2017 © Protected by COPYSCAPE

Masakan Asia dan Indonesia memang sangat kaya bumbu. Berbagai macam rempah-rempah biasa digunakan untuk bahan racikan bumbu aneka kuliner. Termasuk salah satunya adalah soy sauce atau kecap yang sudah biasa kita jumpai dan bahkan konsumsi sehari-hari. Masakan yang memakai bahan satu ini pun ada bermacam-macam sekali, mulai dari nasi goreng, tumis sayur maupun daging-dagingan, hingga dipakai untuk sushi.

Pasti Anda juga suka, nih, memakai kecap untuk menambah sedapnya masakan yang Anda makan. Selain untuk bumbu, kecap juga sering digunakan untuk cocolan makanan atau sekedar dituangkan pada nasi, agar rasanya menjadi lebih sedap untuk dimakan. Namun, memang, tak semua resep cocok menggunakan soy sauce ini. Dan salah satu jenisnya yang paling terkenal adalah dark soy sauce. Apa itu dark soy sauce? Yuk, kenali pengertian dan kegunaannya untuk makanan.

Mengenali Apa Itu Soya Sauce dan Penggunaannya untuk Makanan

Mengenali Apa Itu Soya Sauce dan Penggunaannya untuk Makanan

Dark Soy Sauce

Dark soy sauce adalah jenis kecap yang sangat favorit digunakan di Jepang. Yang menjadi karakteristik kecap ini adalah teksturnya lebih kental jika dibandingkan dengan kecap pada umumnya. Jepang memang terkenal lebih menyukai kecap yang asin daripada kecap dengan rasa manis. Namun, jenis kecap dark soy sauce ini sebenarnya memiliki rasa yang tak terlalu asin.

Mengapa dark soy sauce tidak terlalu asin? Itu karena kecap ini telah diambil kandungan garamnya sebanyak 40 persen ketika dalam proses pembuatannya. Inilah mengapa rasa kecap asin ini tidak terlalu asin dan nyentrong. Dan, seperti yang dibilang tadi, dark soy sauce adalah termasuk salah satu kecap yang paling sering digunakan untuk berbagai macam masakan Jepang, nih.

Memiliki tekstur yang pekat, dark soy sauce sangat cocok jika digunakan sebagai bumbu hidangan, lalu dipakai untuk olesan, atau juga bisa dijadikan saus untuk celupan dan cocolan. Nah, kalau kita sudah mengenal dark soy sauce, rasanya tak lengkap apabila tidak berkenalan dengan rekannya, light soy sauce.

Light Soy Sauce

Apa bedanya light soy sauce dengan dark soy sauce? Light soy sauce memiliki warna yang lebih terang, dan teksturnya juga lebih encer jika dibandingkan dengan dark soy sauce. Rasanya cukup unik, karena tak hanya plain asin saja, atau manis saja, namun ada perpaduan rasa asin dan manis pada kecap satu ini, dikarenakan adanya tambahan mirin di dalamnya.

That’s why, citarasa yang lebih kaya dan juga lengkap, membuat light soy sauce sangat pas dan sempurna untuk dijadikan bumbu masakan tumisan. Lagipula, karena warnanya yang lebih terang dibandingkan dark soy sauce, sedikit penggunaan light soy sauce pada masakan Anda, takkan mengubah warna masakan yang Anda masak.
Sebenarnya, ada satu lagi varian kecap yang ada di Jepang. Jadi, famili soy sauce tak hanya ada dua jenis itu saja, dark soy sauce dan light soy sauce. Namun, juga ada satu lagi, yakni tamari. Untuk kenal lebih jelas dan lebih dekat dengan tamari, mari kita pelajari sedikit lebih banyak tentang soy sauce satu ini.

Tamari

Tamari terbilang lebih mirip dengan kecap tradisional China. Dengan bahan yang berasal dari kedelai, dan juga menggunakan sedikit gandum sama selaki, atau kadang tidak sama sekali. Pada awalnya, tamari ini mulai dibuat pada abad ke-15. Pada masa itu tamari merupakan produksi dari produk miso, yaitu pasta kedelai yang difermentasikan.

Pada tamari sendiri, lebih tinggi kandungan kedelainya, daripada pada kecap-kecap lainnya, seperti dark soy sauce dan light soy sauce. Ini sebabnya, rasa tamari lebih kuat, dan aromanya juga sedikit lebih menyengat. Karena inilah, tamari sangat cocok dijadikan saus untuk makanan Anda.

And back to the beginning, tentang dark soy sauce, tak hanya di Jepang saja, namun di China juga ada dark soy sauce, lho. Dark soy sauce yang ada di China ini memiliki warna gelap dengan tekstur yang kental, jadi memang sangat mirip dengan dark soy sauce Jepang. Nah, bedanya ada pada rasanya.

Dark soy sauce China cenderung tidak terlalu asin, dan telah melalui proses fermentasi dalam jangka waktu yang lebih lama. Selain itu, dark soy sauce ini rasanya juga bercampur manis karena mendapat tambahan gula untuk pembuatannya.

Referensi:

  • http://breaktime.co.id/culinary/food/sering-pakai-soya-sauce-kenali-macamnya-yuk.html
  • http://omnivorescookbook.com/pantry/dark-soy-sauce

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.