MUHRID

Lakukan Hal Ini Jika Mendapat Resi Palsu atau Tidak Valid di Bukalapak

Melakukan transaksi online di marketplace memang tidak selalu dapat berjalan dengan lancar. Sesuai pengalaman saya di Bukalapak, terkadang ada saja permasalahan seperti pelapak nakal yang menginput resi palsu atau tidak valid ke dalam transaksi. Untungnya, setiap transaksi online yang saya buat selalu saya pantau, sehingga bisa mengambil tindakan seperti membuat laporan jika ada hal yang tidak wajar selama proses transaksi. Hal yang ditakutkan adalah bagi orang yang super sibuk dan tidak sempat memantau setiap proses transaksi yang berjalan. Risikonya adalah barang tidak sampai ke alamat tujuan tapi status transaksi di Bukalapak sudah selesai dan dana sudah diteruskan kepada pelapak, seperti pengalaman teman saya sebelumnya. Saya turut berduka cita.

Lakukan Hal Ini Jika Mendapat Resi Palsu atau Tidak Valid di Bukalapak

Ilustrasi Halaman Hubungi Bukalapak

Kembali ke pengalaman saya. Kasus pelapak menginput resi palsu dan tidak valid ini saya rasakan baru-baru ini ketika membeli laptop idaman di salah satu toko online di Bukalapak. Sesuai peraturan di Bukalapak, setelah proses pembayaran diverifikasi oleh Bukalapak, maka transaksi akan masuk tahap “Diproses pelapak”. Waktu yang diberikan oleh Bukalapak kepada pelapak untuk memproses barang jualan hingga dikirim (input nomor resi) adalah 2×24 jam. Jika pelapak tidak menginput resi pengiriman dalam waktu yang diberikan maka pelapak dianggap menolak pesanan dan dana akan dikembalikan ke pembeli melalui BukaDompet.

Nah, dengan adanya peraturan tersebut, terkadang ada saja pelapak yang sengaja menginput resi palsu atau tidak valid untuk mengulur waktu pengiriman barang. Syukur-syukur bagi pelapak nakal jika pembeli tidak melakukan tindakan apapun maka ujung-ujungnya status transaksi dapat selesai dan feedback positif secara otomatis jika status barang telah terkirim menurut resi pengiriman dan tidak ada konfirmasi dari pembeli dalam waktu 2×24 jam.

Tentu Anda tidak ingin hal itu terjadi kan? Jika ya, maka silakan lakukan hal berikut ini jika Anda mendapatkan resi palsu, tidak valid, atau resi tidak terlacak di Bukalapak.

Lakukan Hal Ini Jika Mendapat Resi Palsu atau Tidak Valid di Bukalapak

  1. Segera hubungi pelapak untuk mengkonfirmasi resi palsu atau tidak valid tersebut. Memang terkadang ada beberapa ekspedisi yang memerlukan waktu beberapa jam agar resi yang didapat bisa dicek melalui website pengecekan resi. Saya sarankan Anda memberi waktu 1×24 jam kepada pelapak untuk mengkonfirmasi permasalahan resi tidak terlacak tersebut.
  2. Jika tidak ada konfirmasi dari pelapak atau memang ada indikasi penipuan dari pelapak dengan memasukkan resi palsu, maka segera kunjungi halaman Hubungi Bukalapak.
  3. Pada bagian Komplain Berdasarkan Transaksi, pilih transaksi yang bermasalah dan klik Transaksi ini bermasalah?
  4. Pada bagian Apakah ini masalah yang kamu hadapi?, pilih Resi Tidak Valid atau Tidak Update. Tuliskan detail masalah pada kolom yang telah disediakan dan lampirkan berkas pendukung jika memungkinkan. Setelah itu klik tombol Kirim Pertanyaan.
  5. Pihak Bukalapak akan segera memberikan respon terhadap laporan Anda melalui email, jadi sering-seringlah membuka email yang didaftarkan di Bukalapak. Saya kurang tahu jika pelaporan dibuat melalui aplikasi Bukalapak, apakah respon diberikan melalui chat Bukalapak atau email juga, silakan Anda coba jika ingin tahu 😀

Sesuai pengalaman saya, pihak Bukalapak memberikan waktu 1×24 sejak pelaporan kepada pelapak untuk segera memasukkan resi yang valid atau jika tidak maka transaksi akan dibatalkan dan dana dikembalikan kepada pembeli.

Itulah hal yang saya lakukan ketika mendapat resi palsu atau tidak valid di Bukalapak. Jika Anda mengalami hal yang serupa, maka saran saya adalah tetap tenang dan sabar, karena semuanya masih bisa dikomunikasikan. Asal status transaksi belum berubah menjadi Selesai dan dana belum diteruskan kepada pelapak, insyaAllah dana Anda masih aman. Selamat berbelanja, semoga proses transaksi Anda dapat berjalan dengan lancar.

Exit mobile version