Dark mode

Kunci Jawaban Webinar Waspada Virus Omicron Peranan Kombinasi Suplemen dalam Meningkatkan Sistem Imun [Webinar 2022-03]

24 Januari 2022 © Protected by COPYSCAPE

Berikut ini adalah kunci jawaban dari webinar apoteker 2022-03 berjudul Waspada Virus Omicron Peranan Kombinasi Suplemen dalam Meningkatkan Sistem Imun yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 29 Januari 2022 pukul 13.30-16.30 WIB oleh PP IAI.

  • Urutan soal untuk setiap peserta mungkin saja berbeda.
  • Skor kuis menggunakan jawaban yang ada di bawah ini adalah 100.
  • Simbol ✅ bermakna bahwa pernyataan benar dan simbol ❌ bermakna bahwa pernyataan salah.

✅ Multimodalitas dalam terapi merupakan istilah umum yang dapat diaplikasikan pada berbagai bidang pengobatan, seperti penyakit kejiwaan, kanker, kardiovaskuler, sampai pada terapi yang terkait system imun.

✅ Imunitas adaptif bersifat spesifik melibatkan produksi antibody spesifik.

❌ Imunitas adaptif melibatkan sel-sel polimorfonuklear: eosinophil, neutrophil, makrofag, NK Cells.

✅ Imunitas humoral digunakan oleh tubuh sebagai pertahanan diri terhadap bacteria, toxins, dan virus di lympha dan plasma.

✅ Beberapa micronutrient memiliki peranan yang sangat spesifik dalam pengembangan dan menjaga sistem imun efektif.

✅ Nutrisi dan diet yang berpengaruh terhadap system imun dapat berupa makanan sehari-hari dan suplemen makanan yg berisi mikronutrien.

✅ Micronutrients juga memiliki peranan dasar dalam menjaga struktur dan integritas “Physical Barrier”, seperti kulit dan membrane mukosa.

❌ Mineral merupakan zat organik yang diperlukan tubuh dalam jumlah kecil untuk beragam fungsi tubuh yang berbeda.

✅ Vitamin dan mineral yang paling berperan dalam system imun adalah Vit C, D, dan mineral Zinc.

✅ Pureway-C merupakan Vitamin C-lipid metabolites yang mudah diserap tubuh melalui lemak, bekerja lebih cepat dan bertahan lebih lama dibandingkan Vit C biasa.

✅ Vitamin D berperan dalam mengatur perbanyakan sel T, mengontrol proses dan fungsi sel limfosit.

✅ Suplemen vitamin D dosis tinggi 400-1000 IU untuk mencapai fungsi imun yang baik pada mereka yang dicurigai kekurangan vitamin D.

✅ Kompleks Zink dan pirition pada dosis rendah dapat menghambat replikasi virus SARS-coronavirus (SARS-CoV).

✅ Black elderberry memiliki Substansi yang dapat memodulasi respon imun, dengan mempengaruhi aktivasi sistem imun atau di sisi lain menghambat respon imun berlebih.

✅ Peranan Vitamin D, Vitamin C, Zinc, dan Echinacea pada tiga lapis pertahanan tubuh (Physical barrier, Innate and Adaptive Immunity) dapat diberikan sebagai pencegahan dan pengobatan.

✅ Suplementasi Echinaceapurpurea bisa menurunkan derajat keparahan & durasi lamanya infeksi.

❌ Echinacea purpurea menyebabkan terjadinya badai sitokin (cytokine storm).

✅ Dosis Echinacea purpurea yang diberikan sesuai dengan persetujuan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sebesar 1000mg sekali sehari, atau 3 kali sehari untuk sediaan 250 mg, selama 8 minggu atau sampai dengan hasil swab negative.

✅ Pasien terkonfirmasi positif COVID-19 tanpa gejala maupun yang dengan gejala dan ada/tidak komorbid disarankan menggunakan suplemen vitamin/mineral selama perawatan, utk meningkatkan system imun.

✅ Kombinasi Echinacea purpurea dan black elderberry juga sama efektifnya dengan oseltamivir untuk penanganan gejala awal influenza.

Dengan adanya kunci jawaban webinar ini, saya berharap bisa membantu teman sejawat sekalian yang mungkin kebetulan tidak bisa menyimak paparan materi secara penuh karena ada berbagai kesibukan atau alasan tertentu.

Silakan digunakan sebagaimana mestinya dan semoga bermanfaat 😀

Kunci Jawaban Webinar Lainnya

Gabung grup Telegram

Berbagi informasi kegiatan webinar dan kunci jawaban post test webinar