Dark mode

Kunci Jawaban Webinar Update Tatalaksana Pengobatan Penyakit Hemoroid dan Peranan MPFF [Webinar 2021-36]

24 September 2021 © Protected by COPYSCAPE

Berikut ini adalah kunci jawaban dari webinar apoteker 2021-36 berjudul Update Tatalaksana Pengobatan Penyakit Hemoroid dan Peranan MPFF yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 25 September 2021 pukul 14:00-16:30 WIB oleh PP IAI.

Webinar Update Tatalaksana Pengobatan Penyakit Hemoroid dan Peranan MPFF

Poster Webinar Update Tatalaksana Pengobatan Penyakit Hemoroid dan Peranan MPFF

  • Urutan soal untuk setiap peserta mungkin saja berbeda.
  • Skor kuis menggunakan jawaban yang ada di bawah ini adalah 100.
  • Simbol ✅ bermakna bahwa pernyataan benar dan simbol ❌ bermakna bahwa pernyataan salah.

✅ Salah satu penyebab dari resiko terjadinya wasir adalah konstipasi. Konstipasi dapat disebabkan oleh penggunaan obat. Obat analgesik seperti kodein memiliki resiko untuk menyebabkan konstipasi.

❌ Ny. A berusia 50 tahun, mengalami wasir, yaitu sulit BAB dan jika BAB disertai dengan darah. Hal ini baru pertama kali dialaminya. Perubahan kebiasaan BAB ini sudah berlangsung sejak 1 bulan yang lalu. Pasien masih aktif bekerja sebagai akuntan di salah satu perusahaan swasta di Jakarta. Selain itu Ny A juga merasa perutnya kembung dan nyeri. Dari informasi yang digali, Ny A sudah mengkomsumsi vegeta untuk memperlancar BABnya, tetapi masih tidak ada perubahan yang signifikan. Saran yang ada berikan adalah meningkatkan komsumsi air putih dan diet tinggi serat, serta memberikan lactulose.

✅ Tn. L mengalami kesulitan BAB, ketika BAB lubang anusnya akan membengkak dan sering disertai dengan darah di permukaan toilet. Tn. L juga menceritakan bahwa ia mengalami penurunan berat badan sekitar 12 kg dalam sebulan ini dan nyeri perut, serta kotorannya kadang berbentuk cair. Saran yang anda berikan adalah rujuk ke dokter.

❌ Tn. A (45 tahun), mengalami ambeien. Tn A rutin mengkomsumsi multivitamin penambah darah. Tn N juga memiliki riwayat penyakit hipertensi dan rutin mengkomsumsi diltiazem. Tn A datang ke apotek untuk membeli obat untuk mengatasi ambeiennya. Anda kemudian menyarankan untuk menggunakan produk obat ambeien.

✅ Untuk pasien yang mengalami ambeien dan disebabkan karena konstipasi, maka selain disarankan diet tinggi serat, maka dapat disarankan juga penggunaan bisacodyl untuk 1 hari pemakaian (jangka pendek) agar mempermudah defekasi.

✅ Ny. L 55 tahun mengalami sulit BAB dan setiap kali BAB merasa sekitar lubang anus sedikit nyeri dan bengkak, kemudian akan membaik dengan sendirinya. Hal ini sudah dialami 1 minggu ini, Ny. L mengatakan bahwa tidak ada perdarahan. Saran yang ada berikan adalah sediaan yang mengandung flavonoid Ardium 1000 mg, 3×1 tablet selama 4 hari, kemudian dilanjutkan 2×1 tablet selama 3 hari. Jika tidak ada perbaikan setelah penggunaan sediaan ini, maka sebaiknya ke dokter.

✅ Salah satu bentuk sediaan obat untuk mengatasi wasir adalah suppositoria. Sebelum penggunaannya, suppositoria dapat dihangatkan dengan genggaman tangan 10-15 detik dan minimal satu (1) jam setelah penggunaan suppositoria disarankan untuk tidak melakukan buang air besar.

✅ Diperkirakan 50% dari populasi > 50 tahun menderita hemoroid.

✅ Gejala klinis dari hemoroid termasuk nyeri, pendarahan, bengkak, dan rasa gatal.

❌ Hemoroid diklasifikasi menjadi 5 grade berdasarkan gejalanya.

❌ Penanganan operasi dan non-operasi tidak untuk dikombinasikan.

✅ Dalam tata laksana hemoroid, pembedahan direkomendasikan unutk Grade III & IV.

✅ Terapi pengobatan direkomendasikan untuk seluruh grade hemoroid.

✅ Dalam terapi farmakologis hemoroid, obat topikal bersifat simtomatik, tidak kuratif, dan untuk dikombinasikan dengan terapi lain.

❌ MPFF bukanlah kombinasi flavonoid yang dimurnikan dan dimikronisasi.

✅ Kombinasi flavonoid dalam MPFF memberikan hasil lebih baik dalam perbaikan gejala dibandingkan Diosmin, Hesperidin, Linarin, Diosmetin, dan Isorhoifolin sendiri.

✅ MPFF bekerja dengan cara meningkatkan tonus vena, meningkatkan drainase limfatik, dan melindungi system mikrosirkulasi dari peradangan.

❌ MPFF tidak bermanfaat untuk mencegah kekambuhan hemoroid.

✅ Dosis MPFF 1000mg yang dianjurkan untuk hemoroid akut adalah 3×1 tablet selama 4 hari dilanjutkan dengan 2×1 tablet selama 3 hari.

❌ MPFF dianjurkan untuk diminum sebelum makan.

Dengan adanya kunci jawaban webinar ini, saya berharap bisa membantu teman sejawat sekalian yang mungkin kebetulan tidak bisa menyimak paparan materi secara penuh karena ada berbagai kesibukan atau alasan tertentu.

Silakan digunakan sebagaimana mestinya dan semoga bermanfaat 😀

Kunci Jawaban Webinar Lainnya

Gabung grup Telegram

Berbagi informasi kegiatan webinar dan kunci jawaban post test webinar