Dark mode

Kunci Jawaban Webinar The Latest Update of Covid-19: Prevention & Vaccination [Webinar 2021-21]

5 Juni 2021 © Protected by COPYSCAPE

Berikut ini adalah kunci jawaban dari webinar apoteker 2021-21 berjudul The Latest Update of Covid-19: Prevention & Vaccination yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 5 Juni 2021 pukul 14.00-16.30 WIB oleh PP IAI (On demand tersedia sejak tanggal 16 Juni 2021).

Webinar The Latest Update of Covid 19 Prevention Vaccination

Poster Webinar The Latest Update of Covid 19 Prevention Vaccination

  • Urutan soal untuk setiap peserta mungkin saja berbeda.
  • Skor kuis menggunakan jawaban yang ada di bawah ini adalah 100.
  • Simbol ✅ bermakna bahwa pernyataan benar dan simbol ❌ bermakna bahwa pernyataan salah.

Berikut soal dan kunci jawaban kuis atau post-test webinar IAI yang berjudul The Latest Update of Covid-19: Prevention & Vaccination:

✅ Vaksinasi adalah suatu cara utuk meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu antigen (dari kuman, virus, atau bakteri), sehingga bila kelak terpajan dengan antigen (kuman) yang sama, orang tersebut sudah mempunyai antibodi sehingga tidak terjadi penyakit.

✅ Jika untuk COVID-19 ini belum ada satupun obat-obatan yang bisa diandalkan, menjaga protokol kesehatan dan vaksinasi merupakan upaya yang bisa kita andalkan.

❌ Pada kondisi tertentu, vaksin belum dapat sepenuhnya mencegah terjadinya infeksi, namun dapat diharapkan mencegah terjadinya penyakit dengan gejala yang parah atau kritis.

❌ Dampak Pandemic SARS-CoV-2 hanya mempengaruhi sendi kehidupan di bidang kesehatan.

❌ Vaksinasi adalah imunitas buatan yang diperoleh dengan cara memaparkan antigen kuman secara tidak sengaja.

❌ Berikut ini merupakan tiga lapisan pertahanan tubuh: pertahanan fisik/mekanik/biokimiawi, imunitas bawaan, dan imunitas lanjutan.

✅ Faktor-faktor yang menentukan respon imun tubuh terhadap vaksinasi antara lain adalah faktor pejamu (faktor penerima vaksin dan faktor eksternal).

✅ Prosentase tingkat keparahan klinis pasien COVVID-19 yang dideteksi dari hasil pelacakan kasus adalah memiliki gejala ringan dan sedang.

✅ Suatu zat dapat memodulasi (memodifikasi) respon imun dengan cara menginduksi aktivitas sistem imun atau di sisi lain juga dapat menghambat aktivitas sistem imun (yang berlebihan) merupakan definisi dari immunomodulator.

❌ Komplikasi dan gejala persisten dapat terjadi pada pasien dengan sindroma pasca-COVID-19 dan sudah diketahui bagaimana prognosis jangka panjang dari masing-masing kondisi.

✅ Echinacea pupurea merupakan suatu immunomodulator yang memiliki aktifitas antiinflamasi dan mempunyai efek sebagai antimikroba dan menghambat virus.

✅ Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah penularan sebagai upaya preventif dalam mengurangi transmisi antara lain adalah 5M, 3T dan, meningkatkan imunitas.

❌ Echinacea dapat diberikan pada pasien panderita Autoimun, HIV, dan TBC.

✅ Mutasi merupakan kejadian yang normal pada virus.

✅ Echinacea purpurea dapat dikonsumsi secara terus menerus selama 8 minggu, bahkan studi terbaru menyatakan penggunaannya bisa sampai 16 minggu, kemudian dijeda penggunaannya.

❌ Pada varian B1.617 diketahui bahwa terbukti dapat meningkatkan penularan seperti 2 mutasi yang pernah ditemukan, yaitu E484Q dan L452R.

✅ Kombinasi E. Purpurea dan Black elderberry sama efektifnya dengan oseltamivir pada pengobatan awal infeksi virus influenza dengan risiko komplikasi dan efek samping yang lebih rendah.

✅ Gejala dan tanda yang muncul pada saat atau setelah infeksi yang konsisten dengan COVID-19,berlanjut hingga lebih dari 12 minggu dan tidak dapat dijelaskan oleh diagnosis alternatif adalah bentuk sindroma pasca COVID-19 yang sering juga disebut sebagai gejala long COVID.

✅ Echinacea purpurea dengan dosis 1000 mg yang tersedia saat ini adalah Imboost Force ES.

✅ SARS-Cov-2 Varian of Concern VOC B.1.1.7 yang terdeteksi di Indonesia pada Maret 2021 merupakan salah satu bentuk mutasi Virus COVID-19.

Jika teman sejawat memerlukan video pemaparan materi dari kegiatan ini, silakan menghubungi saya melalui email 🙂

Dengan adanya kunci jawaban webinar ini, saya berharap teman sejawat sekalian bisa lebih fokus menyimak paparan materi yang diberikan oleh narasumber tanpa harus memikirkan apakah nantinya bisa mendapatkan nilai yang cukup pada kuis atau post-test agar mendapatkan SKP pembelajaran yang ditawarkan.

Silakan digunakan sebagaimana mestinya dan semoga bermanfaat 😀

Kunci Jawaban Webinar Lainnya

Gabung grup Telegram

Berbagi informasi kegiatan webinar dan kunci jawaban post test webinar