Dark mode

Kunci Jawaban Webinar Pentingnya Selfcare di Era Pandemi [Webinar 2021-31]

8 Agustus 2021 © Protected by COPYSCAPE

Berikut ini adalah kunci jawaban dari webinar apoteker 2021-31 berjudul Pentingnya Selfcare di Era Pandemi yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 7 Agustus 2021 pukul 14.00-16.30 WIB oleh PP IAI.

Webinar Pentingnya Selfcare di Era Pandemi

Poster Webinar Pentingnya Selfcare di Era Pandemi

  • Urutan soal untuk setiap peserta mungkin saja berbeda.
  • Skor kuis menggunakan jawaban yang ada di bawah ini adalah 100.
  • Simbol ✅ bermakna bahwa pernyataan benar dan simbol ❌ bermakna bahwa pernyataan salah.

❌ Salah satu faktor penyebab dari seorang wanita beresiko mengalami vaginal thrush atau bacterial vaginosis karena perubahan pH dari vagina. Untuk mencegah resiko tersebut, maka pH vagina harus dijaga agar tetap normal yaitu sekitar 5-6.

❌ Untuk membedakan jenis patogen penyebab keputihan adalah dengan mengenali gejala dari keputihan tersebut. Salah satu gejala khas dari vaginal thrush adalah dysuria atau nyeri saat buang air kecil.

❌ Penyebab keputihan yang disebabkan oleh jamur dan bakteri adalah dari gejalanya. Rasa gatal yang dirasakan pada pasien dengan infeksi jamur sangat minimal.

✅ Penggunaan obat tertentu merupakan faktor resiko kejadian vaginal thrush. Salah satu contoh obat yang beresiko menyebabkan vaginal thrush adalah penggunaan kontrasepsi oral.

❌ Salah satu penyebab seseorang di rujuk ke dokter ketika mengalami vaginal thrush adalah belum mengalami perbaikan kondisi 3 hari setelah menggunakan krim clotrimazole.

❌ Clotrimazole adalah salah satu jenis antijamur yang digunakan untuk terapi vaginal thrush. Penggunaan sediaan yang mengandung clotrimazole diperbolehkan pada ibu hamil.

✅ Seorang anak SMA (16 tahun), mengalami keluhan keputihan. Keluhan ini sudah nampak sejak 2 tahun yang lalu, tetapi kali ini disertai rasa tidak nyaman dan bentuk keputihan agak kental. Anak tersebut kemudian melaporkan kepada ibunya dan meminta ibunya pergi ke apotek untuk membelikan obat. Ibunya kemudian meminta saran kepada anda, maka saran yang anda berikan adalah rujuk ke dokter.

❌ Ny. A (40 tahun, sudah menikah) mengeluhkan keputihan untuk pertama kalinya. Bentuknya putih, sedikit kental. Pasien juga mengeluhkan sedang terlambat datang bulan. Pasien lalu ke apotek meminta untuk diberikan obat anti jamu, dan sabun pembersih. Apakah saran atau rekomendasi yang diberikan kepada pasien. Maka saran yang anda berikan adalah memberikan sabun pembersih kewanitaan/antiseptik dan krim clotrimazole.

✅ Salah satu contoh produk kosmetika yang dapat digunakan sehari-hari untuk menjaga pH area kewanitaan agar tetap normal dan terhindar dari keputihan adalah lactic acid, yang merupakan senyawa alpha-hydroxy acid (AHA) alami dari fermentasi susu.

✅ Lactoserum yang terdapat pada sabun memiliki sifat pengemulsi alami karena kemampuannya yang baik untuk menangkap air sehingga dapat menjaga kelembaban kulit.

❌ Karbohidrat, protein dan lemak merupakan mikronutrien.

❌ Vitamin B6 dan B12 adalah yang paling berperan untuk menjaga kesehatan sel saraf.

✅ Seorang pasien wanita 20 tahun mengalami menstruasi yang banyak dan deras, setelah konsultasi dengan dokter di di diagnosis Anemia (kekurangan sel darah merah), maka anda sebagai apoteker akan menganjuarkan suplemen dengan zat besi (Fe) sebagai kandungan utamanya.

✅ Salah satu kerja multivitamin dan mineral adalah sebagai antioksidan.

❌ Leukosit merupakan barrier fisik dari sistem imun.

✅ Resiko infeksi akan meningkat setelah salah satu yang terjadi pada tubuh kita bila kekurangan mikronutrien.

✅ Rekomendasi intake harian Vitamin C untuk dewasa adalah 64-153 mg.

✅ Membantu memilih suplemen sesuai dengan pasien merupakan peran apoteker dalam pemilihan multivitamin.

❌ Salah satu efek defisiensi Zinc adalah gangguan liver.

❌ Yang dimaksud dengan sistem imun bawaan adalah sistem imun yang dibentuk bila terpapar benda asing.

Dengan adanya kunci jawaban webinar ini, saya berharap teman sejawat sekalian bisa lebih fokus menyimak paparan materi yang diberikan oleh narasumber tanpa harus memikirkan apakah nantinya bisa mendapatkan nilai yang cukup pada kuis atau post-test agar mendapatkan SKP pembelajaran yang ditawarkan.

Silakan digunakan sebagaimana mestinya dan semoga bermanfaat 😀

Kunci Jawaban Webinar Lainnya

Gabung grup Telegram

Berbagi informasi kegiatan webinar dan kunci jawaban post test webinar