Dark mode

Kunci Jawaban Webinar New approach on reveal beyond effect Curcumin for healthy everyday [Webinar 2021-18]

2 Juni 2021 © Protected by COPYSCAPE

Berikut ini adalah kunci jawaban dari webinar apoteker 2021-18 berjudul New approach on reveal beyond effect Curcumin for healthy everyday yang dilaksanakan pada hari Minggu, 2 Mei 2021 oleh PP IAI (On demand sejak tanggal 31 Mei 2021).

Webinar New approach on reveal beyond effect Curcumin for healthy everyday

Poster Webinar New approach on reveal beyond effect Curcumin for healthy everyday

  • Urutan soal untuk setiap peserta mungkin saja berbeda.
  • Skor kuis menggunakan jawaban yang ada di bawah ini adalah 100.
  • Simbol ✅ bermakna bahwa pernyataan benar dan simbol ❌ bermakna bahwa pernyataan salah.

Berikut soal dan kunci jawaban kuis atau post-test webinar IAI yang berjudul New approach on reveal beyond effect Curcumin for healthy everyday:

✅ Kombinasi curcumin 50 mg/kg dan piperine 20 mg/kg memiliki efek kardioprotektif dibandingkan denan kelompok curcumin tunggal dosis 20mg/kg.

❌ Salah satu keuntungan penambahan piperin pada sediaan curcumin diantaranya adalah mengurangi efek samping curcumin.

✅ Piperine adalah sejenis alkaloid yang diekstraksi dari buah lada kemurnian tinggi piperin berbentuk jarum atau berbentuk batang pendek berwarna kuning atau bubuk kristal putih.

✅ Menurut penelitian RA Sharma,et.al., Ekstrak temulawak dapat diberikan dengan aman kepada pasien dengan dosis hingga 2,2 g setiap hari, setara dengan 180 mg kurkumin.

❌ Studi farmakokinetik kurkumin menunjukkan secara umum ketersediaan hayati yang tinggi dari kurkumin setelah aplikasi oral.

✅ Curcuma terbukti mempunyai efek antioksidan dan sebagai pelindung organ hari melawan efek hepatotoksik dari parasetamol.

❌ Kombinasi curcuminoid dan minyak essensial yang terkandung pada temulawak meningkatkan kadar ALT dan SGOT.

✅ Fungsi perlindungan organ hari oleh curcumin adalah mengurangi ceder hari yang diinduksi oleh polutan, obat-obatan dan alcohol, mencegah progress non-alcoholic fatty liver disease, dan mencegah fibrosis hati.

✅ Salah satu potensi manfaat curcumin adalah mempunyai aktivitas anti inflamasi,yaitu dengan cara mencegah terjadinya badai sitokin dan penghambatan jalur sinyal inflamasi.

✅ Curcuminoids adalah merupakan sebuah campuran pigmen polifenol, termasuk senyawa curcumin, demethoxycurcumin, dan bisdemethoxycurcumin.

✅ Curcuma force mengandung curcuma xanthorrhiza 20 mg dan piperin 2,5 mg yang tersertifikasi organic dan halal yang merupakan penyempurna formula dari curcuma FCT yang dijual dengan harga sama dengan Curcuma FCT.

✅ Kesimpulan dari penelitian Shoba G, et al mengenai studi biovailabilitas curcumin dan piperin adalah piperin yang dikombinasikan dengan Curcumin meningkatkan Bioavailabilitas relative Curcumin hingga 2000% tanpa menimbulkan efek samping yang bermakna.

✅ Piperin menghambat enzim detoksifikasi yang mencegah CYP3A4 dan meningkatkan absorbsi disaluran cerna hingga meningkatkan suplai darah sehingga meningkatkan bioavailabilitas obat.

✅ Waktu paruh absorbsi dan eliminasi curcumin bila tidak dikombinasikan dengan piperin adalah waktu paruh absorpsi 0,31 jam dan eliminasi 1,7 jam.

✅ Hal yang menyebabkan rendahnya absopsi Curcumin karena terjadi proses sulfasi dan glukoroidasi di berbagi organ terutama di hati.

❌ Berikut adalah beberapa potensi curcumin dan piperin dalam melawan Covid-19, antara lain mencegah proses fibrosis pada organ hati akibat radikal bebas, alkohol dan obat-obatan, mencegah masuknya virus ke dalam sel, mencegah badai sitokin.

❌ Salah satu efek kurkumin pada virus yang berhubungan dengan pneumonia berat adalah meningkatkan sekresi mucus dan melindungi ulkus dari iritan.

✅ Salah satu mekanisme kerja curcumin yang diduga efektif mencegah penetrasi virus Covid-19 ke dalam sel adalah curcumin berikatan dengan reseptor ACE di dalam sel, sehingga menghambat masuknya virus Covid-19 di sel tubuh secara kompetitif.

❌ Curcumin berasal dari tumbuhan Echinacea purpurea merupakan polifenol dengan sifat anti-inflamasi dan kemampuan untuk meningkatkan jumlah antioksidan yang diproduksi oleh tubuh.

✅ Pleitoropik adalah efek yang dimiliki oleh kurkumin adalah efek yang dapat mengatur faktor transkripsi dan sitokin yang memainkan peran utama pada proses inflamasi.

Jika teman-teman sejawat memerlukan video pemaparan materi dari kegiatan ini, silakan menghubungi saya melalui email 🙂

Dengan adanya kunci jawaban webinar ini, saya berharap teman sejawat sekalian bisa lebih fokus menyimak paparan materi yang diberikan oleh narasumber tanpa harus memikirkan apakah nantinya bisa mendapatkan nilai yang cukup pada kuis atau post-test agar mendapatkan SKP pembelajaran yang ditawarkan.

Silakan digunakan sebagaimana mestinya dan semoga bermanfaat 😀

Kunci Jawaban Webinar Lainnya

Gabung grup Telegram

Berbagi informasi kegiatan webinar dan kunci jawaban post test webinar