Dark mode

Kunci Jawaban Webinar Nasional Kebencanaan, Apoteker Tanggap Bencana

13 November 2021 © Protected by COPYSCAPE

Berikut ini adalah kunci jawaban dari webinar berjudul Webinar Nasional Kebencanaan, Apoteker Tanggap Bencana yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 13 November 2021 pukul 09:00-14:00 WIB oleh PP IAI.

Webinar Nasional Kebencanaan Apoteker Tanggap Bencana 1

Webinar Nasional Kebencanaan Apoteker Tanggap Bencana

  • Urutan soal untuk setiap peserta mungkin saja berbeda.
  • Skor kuis menggunakan jawaban yang ada di bawah ini adalah 100.
  • Simbol ✅ bermakna bahwa pernyataan benar dan simbol ❌ bermakna bahwa pernyataan salah.

✅ Kadaan darurat adalah “Suatu keadaan atau situasi yang mengancam sekelompok orang/masyarakat dan memerlukan respon penanggulangan segera dan memadai”.

✅ Penetapan kebijakan pembangunan yang beresiko timbulnya bencana, kegiatan pencegahan bencana, Tanggap Darurat serta rehabilitasi adakah seangkaian upaya penanggulangan bencana.

❌ Status penanganan darurat yaitu waspada.

✅ Setiap orang berkewajiban melakukan kegiatan penanggulangan bencana, hal ini di atur dalam peraturan pasal 27 UU No. 24 Th. 2007.

✅ Relawan/sukarelawan adalah seseorang atau sekelompok orang yang memberikan apa yang dimilikinya atas kemauan sendiri secara ikhlas tanpa mengharapkan pamrih.

✅ Membantu kegiatan kaji cepat (rapid assessmant), membantu upaya penyelamatan dan evakuasi masyarakat terkena bencana, membantu upaya pemenuhan kebutuhan dasar dan embantu upaya pemulihan segera prasarana dan sarana vital adalah tugas relawan dalam operasi lapangan.

❌ Hak dan Kewajiban relawan yaitu memberikan informasi mengenai penugasan dan konsekuensi atas penugasannya.

✅ Pergerakan secara vertical pada lempeng yang berupa patahan, patahan itu kemudian menyebabkan dasar laut naik yang mengganggu keseimbangan air sehingga menyebabkan gelombang besar yang bergerak menuju pantai, proses ini adalah mekanisme terjadinya gempa bumi.

✅ Indonesia adalah Negara yang dijuluki Cincin Api Dunia.

✅ Toponimi/Nama tempat adalah salah satu Sumber literasi kebencanaan.

❌ Waktu singkat, Lokasi tertentu, Merambat jauh, Tanah bergetar, Bangunan roboh, Gempa susulan, Tidak dapat diduga, Tidak dapat dicegah, adalah karakteristik dari bencana alam berupa gunung meletus.

✅ Suhu naik, Mata air mengering, Terdengar gemuruh, Terjadi gempa halus, Tumbuhan melayu, Binatang turun, Awan panas, Hujan abu, Banjir lahar, Gas vulkanik, adalah karakteristik dari bencana alam berupa: Letusan gunung Api.

✅ Psychological first aid adalah Serangkaian keterampilan sederhana yang dilakukan kepada individu dalam situasi sulit agar individu tersebut merasa terbantu dan didukung, sehingga mengurangi dampak tidak sehat dari suatu peristiwa serta mendukung proses pemulihan psikologisnya.

✅ Manfaat melakukan PFA di kebencanaan antara lain Memberikan akses untuk dukungan fisik dan emosi.

✅ Anak, dewasa, siapapun yang baru saja mengalami peristiwa krisis, traumatik dan mengejutkan (bencana alam, kekerasan, kecelakaan, dsb) adalah yang dapat diberikan PFA:.

✅ PFA dapat diberikan di sekolah.

✅ Hal-hal yang perlu diperhatikan saat melakukan PFA, antara lain: Menghargai penyintas atau individu yang dibantu.

✅ Hal-hal yang perlu dihindari saat melakukan PFA, antara lain:Melakukan eksploitasi dan meminta uang sebagai imbalan.

❌ Prinsip PFA adalah PER-LI-DE-H, singkatan dari persiapan lihat – dengar hubungka.

✅ Hal apa yang perlu diperhatikan dalam tahap DENGAR saat melakukan PFA ajak ke tempat yang aman dan privat.

Dengan adanya kunci jawaban webinar ini, saya berharap bisa membantu teman sejawat sekalian yang mungkin kebetulan tidak bisa menyimak paparan materi secara penuh karena ada berbagai kesibukan atau alasan tertentu.

Silakan digunakan sebagaimana mestinya dan semoga bermanfaat 😀

Kunci Jawaban Webinar Lainnya

Gabung grup Telegram

Berbagi informasi kegiatan webinar dan kunci jawaban post test webinar