Dark mode

Kunci Jawaban Webinar Glaucoma Management Update [Webinar 2021-40]

21 Oktober 2021 © Protected by COPYSCAPE

Berikut ini adalah kunci jawaban dari webinar apoteker 2021-40 berjudul Glaucoma Management Update yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 30 Oktober 2021 pukul 14:00-16:30 WIB oleh PP IAI.

Glaucoma Management Update

Glaucoma Management Update

  • Urutan soal untuk setiap peserta mungkin saja berbeda.
  • Skor kuis menggunakan jawaban yang ada di bawah ini adalah 100.
  • Simbol ✅ bermakna bahwa pernyataan benar dan simbol ❌ bermakna bahwa pernyataan salah.

✅ Glaukoma dapat dicegah dengan penggunaan obat yang tepat dan menghindari obat-obatan tertentu yang dapat meningkatkan tekanan intraokular.

❌ Skrining Glaucoma direkomendasikan dilakukan setiap 5 tahun sekali kepada orang orang yang berisiko, seperti pasien diabetes, hipertensi dan pasien dengan usia > 40 tahun.

✅ Pilihan pengobatan yang paling umum untuk Glaukoma adalah menggunakan obat tetes mata yang bekerja dengan menurunkan tekanan di mata dan mencegah kerusakan saraf dan mencegah kebutaan.

✅ Tujuan penatalaksanaan Glaucoma adalah untuk meningkatkankualitas hidup pasien dengan mencegah terjadinya progresivitas dari penyakit.

❌ Lini pertama untuk terapi Glaukoma adalah pemberian kombinasi terapi Prostaglandin dan betablocker.

✅ Tafluprost merupakan analog prostaglandin yang bekerja menurunkan IOP (intraocular Pressure).

❌ Penggunaan tetes mata untuk pasien Glaukoma hanya digunakan apabila terjadi keluhan seperti mata kabur dan rasa sakit.

✅ Penggunaan kombinasi terapi prostaglandin dan Beta blocker dapat meningkatkan tercapainya IOT dan meningkatkan kepatuhan pasien.

✅ Berdasarkan studi yang dilakukan terhadap kepatuhan pasien, jumlah pengobatan, frekuensi dan Teknik pengobatan berkontribusi dalam keberhasilan terapi pasien Glaucoma.

✅ Apoteker dapat berperan aktif, dengan memberikan konseling dan edukasi kepada pasien, terkait tujuan terapi dan penggunaan obat dengan benar.

✅ Glaukoma merupakan penyebab kebutaan kedua terbanyak di seluruh dunia.

✅ Penyebab glaukoma adalah meningkatnya tekanan intraocular baik akibat produksi cairan mata yang berlebihan, maupun akibat terhalangnya saluran pembuangan cairan tersebut.

✅ Tanda/gejala pasien glaukoma kronis adalah mata merah, penglihatan menurun mendadak dalam waktu singkat, mual dan muntah, rasa sakit atau nyeri pada mata yang dapat menjalar ke kepala.

✅ Tekanan bola mata yang normal berkisar 6 – 20 mmHg.

❌ Ada 2 tata laksana untuk pasien glaucoma, yaitu obat-obatan/medikamentosa dan operasi.

✅ Perlu perhatian khusus untuk pasien glaukoma yang memiliki asma/gangguan jantung atau paru, apabila diberikan obat penghamat reseptor beta/beta blocker karena dapat menyebabkan relaps/kambuh.

✅ Penggunaan obat Acetazolamide lebih baik dihindari oleh pasien gluakoma yang memiliki gangguan fungsi hati dan ginjal.

✅ Tetes mata golongan pilocarpine merupakan obat kolinergik yang bekerja langsung untuk mempengaruhi otot pada mata sehingga meningkatkan aliran dari cairan dalam bola mata.

❌ Teknik Triple Dot dapat dijelaskan pada pasien agar tidak mengalami efek samping sistemik.

✅ Terapi obat untuk pasien glaukoma bersifat seumur hidup dan sangat tergantung pada kepatuhan pasien.

Dengan adanya kunci jawaban webinar ini, saya berharap bisa membantu teman sejawat sekalian yang mungkin kebetulan tidak bisa menyimak paparan materi secara penuh karena ada berbagai kesibukan atau alasan tertentu.

Silakan digunakan sebagaimana mestinya dan semoga bermanfaat 😀

Kunci Jawaban Webinar Lainnya

Gabung grup Telegram

Berbagi informasi kegiatan webinar dan kunci jawaban post test webinar