Cara Sukses Tethering Hotspot dari Smartphone Docomo atau AU

9 November 2018 © Protected by COPYSCAPE

Bagi kalian pengguna smartphone impor dari Jepang atau yang lebih dikenal sebagai HP Docomo atau HP AU, mungkin sudah tahu salah satu kekurangan HP ini adalah tidak bisa berbagi wifi (tethering hotspot). Sebagian smartphone ada yang bisa membuat tethering hotspot, tapi statusnya hanya “No internet access” pada perangkat yang terhubung. Bahkan ada juga smartphone yang sama sekali tidak bisa mengaktifkan mode tethering hotspot-nya (selalu muncul notifikasi error). Entah apa penyebabnya, yang pasti setelah menggunakan smartphone impor ini selama hampir 1 tahun, akhirnya saya menemukan cara bagaimana cara sukses tethering hotspot atau berbagi hotspot dari HP Docomo atau HP AU.

FYI, smartphone yang saya gunakan adalah Samsung Galaxy S6 Edge versi AU.

Cara Sukses Tethering Hotspot dari Smartphone Docomo atau AU

Cara Sukses Tethering Hotspot dari Smartphone Docomo atau AU

Cara Sukses Tethering Hotspot dari Smartphone Docomo atau AU

Hal pertama sebelum mengaktifkan mode tethering hotspot adalah melakukan pengaturan APN. Caranya bisa berbeda-beda tergantung HP yang digunakan, tapi secara umum adalah buka Pengaturan (Settings) – Connections – Mobile networks – Access Point Names, kemudian klik APN yang kalian gunakan.

Pada pengaturan APN yang dipilih, cari pengaturan APN type, kemudian tambahkan “dun” pada pengaturan tersebut.

Pada HP yang saya gunakan, nilai default untuk APN type pada APN yang digunakan adalah “default”, sehingga ketika saya menambahkan “dun” pada pengaturan, nilai APN type saya menjadi “default,dun”.

Pengaturan APN Access point network

Pengaturan APN Access point network

Setelah menambahkan “dun” pada nilai APN type, jangan lupa Simpan (Save) pengaturan APN yang telah diperbarui atau dibuat.

Setelah tersimpan, sekarang saatnya membuat tethering hotspot atau berbagi wifi. Caranya bisa berbeda-beda tergantung HP dan OS Android yang kalian gunakan, tapi secara umum caranya adalah buka Pengaturan (Settings) – Connections – Tethering – Wi-Fi tethering, kemudian aktifkan dan hubungkan perangkat-perangkat lain sebagaimana mestinya.

Sekian, semoga cara ini juga berhasil di smartphone kalian. Silakan dicoba dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.