Cara Print Full Kertas di Word Agar Tidak Terpotong

Perbaruan: 20 Juni 2021 © Protected by COPYSCAPE

Bagaimana cara print full kertas A4 dan F4 agar tidak terpotong di aplikasi Word? Itulah pertanyaan yang sering kali saya dapatkan dari beberapa rekan sewaktu kuliah, bahkan hingga saat saya sudah kerja di kantor. Jika Anda sering mendapatkan masalah print kertas A4 dan F4 yang terpotong di Word, maka beruntunglah karena pada artikel ini saya akan bagikan cara dan solusi kepada Anda agar bisa mencetak dokumen Word penuh (full page) di berbagai ukuran kertas (A4, A4s, F4, Legal, dan ukuran kertas lainnya) tanpa terpotong.

Cara yang akan saya bagikan ini bisa Anda terapkan pada berbagai versi Microsoft Word, hanya saja mungkin akan ada perbedaan letak menu pada gambar jika Anda menggunakan versi Microsoft Word 2007 ke bawah.

Dasar dari permasalahan ini sebenarnya ada 2 penyebab kenapa hasil print terpotong dan tidak sesuai ukuran kertas di tampilan Word, yaitu:

  1. Pengaturan kertas di aplikasi Microsoft Word tidak sesuai
  2. Ukuran kertas pada pengaturan printer tidak sesuai

Maka dari itu, cara untuk mengatasi masalah print out tidak sesuai dengan tampilan Microsoft Office Word adalah dengan memperbaiki 2 penyebab masalah tersebut.

Konsep ini tidak terbatas pada beberapa merk printer tertentu saja, Anda bisa menerapkan cara berikut untuk mengatasi hasil print terpotong pada printer Canon, Epson, dan merk printer lainnya.

Cara Print Full Kertas di Word Agar Tidak Terpotong

1. Menyesuaikan ukuran kertas pada aplikasi Microsoft Word

Kesesuaian pengaturan ukuran kertas pada aplikasi Word dengan kertas yang digunakan adalah hal yang paling penting agar hasil print sesuai dengan ukuran kertas yang digunakan. Pada beberapa kasus saya sering menemukan teman saya yang ingin mencetak menggunakan kertas A4s, tetapi menggunakan pengaturan kertas A4 pada aplikasi Word. Hal ini tentunya akan menyebabkan hasil print menjadi tidak sesuai dengan tampilan yang ada di aplikasi Word.

Ukuran kertas A4s adalah 21,5 × 29,7 cm, sedangkan ukuran kertas A4 adalah 21 × 29,7 cm. Ada perbedaan lebar sebesar 0,5 cm pada kedua kertas tersebut, sehingga jika pengaturan kertas pada aplikasi Word menggunakan ukuran A4 dan mencetak menggunakan kertas A4s, maka akan ada bagian yang kosong sebesar 0,5 cm yang membuat margin pada kertas menjadi tidak sesuai dengan tampilan di aplikasi Word.

Pada kasus lain, saya juga sering menemukan saat teman saya yang ingin mencetak menggunakan kertas F4 (21,5 × 33 cm), tetapi menggunakan pengaturan kertas Legal (22 × 36 cm) pada aplikasi Word. Perbedaan pengaturan ini akan menyebabkan adanya bagian dokumen yang terpotong karena ukuran kertas Legal lebih panjang 3 cm dibandingkan ukuran kertas F4. Hal tersebut disebabkan karena salah kaprah yang sering saya temukan pada dunia kerja yang menyebutkan kertas A4 sama dengan A4s dan kertas F4 sama dengan Legal, padahal sebenarnya salah, jenis kertas yang saya sebutkan di atas terdapat perbedaan dan memiliki ukurannya masing-masing.

Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu kesesuaian antara ukuran kertas pada pengaturan Word dan ukuran kertas yang digunakan sebelum mencetak. Caranya adalah membuka tab LayoutSize → Pilih ukuran kertas yang sesuai dengan yang digunakan untuk mencetak.

Penyesuaian Ukuran Kertas Cara Mengatasi Ukuran Print Out Tidak Sesuai dengan Tampilan Microsoft Office Word

Penyesuaian Ukuran Kertas

Sebagian orang beralasan karena tidak ada pilihan ukuran kertas, baik ukuran kertas A4s atau F4 pada pengaturan ukuran kertas di aplikasi Word. Pada kasus seperti ini, Anda harus membuat ukuran sendiri melalui menu More Paper Size yang ada di urutan terbawah menu Size.

Pengaturan Ukuran Kertas Custom Size di Microsoft Word

Pengaturan Ukuran Kertas Custom Size di Microsoft Word

Sesuaikan ukuran kertas pada pengaturan Paper Size yang saya beri kotak berwarna merah, kemudian klik OK.

Jika Anda sering menggunakan ukuran kertas dengan custom size tersebut, silakan klik Set As Default agar tidak perlu melakukan pengaturan kertas lagi setiap kali Anda ingin membuat dokumen baru di Word.

Informasi ukuran kertas yang sering digunakan pada perkuliahan atau perkantoran:

  • Ukuran kertas A4 adalah 21 × 29,7 cm.
  • Ukuran kertas A4s adalah 21,5 × 29,7 cm.
  • Ukuran kertas F4 adalah 21,5 × 33 cm.
  • Ukuran kertas Legal adalah 22 × 36 cm.

Jika Anda perlu informasi terkait ukuran kertas seri A lainnya, silakan baca artikel Ukuran Kertas Seri A (dalam cm, mm, dan inchi).

Ingat, ukuran kertas A4 berbeda dengan ukuran kertas A4s dan ukuran kertas F4 berbeda dengan ukuran kertas Legal.

2. Menyesuaikan ukuran kertas pada pengaturan printer

Setelah melakukan penyesuaian antara ukuran kertas di pengaturan Word dan ukuran kertas yang digunakan, jika hasil cetak masih tidak sesuai, maka Anda juga perlu melakukan penyesuaian ukuran kertas pada pengaturan printer yang digunakan.

Pengaturan Ukuran Kertas di Pengaturan Printer

Pengaturan Ukuran Kertas di Pengaturan Printer

Caranya adalah dengan membuka menu Printer Properties yang ada di bagian bawah menu pilih printer (saya beri kotak berwarna merah pada gambar). Aturlah Ukuran Kertas Pencetak atau Printer Paper Size sesuai dengan ukuran kertas yang akan Anda gunakan. Jika tidak ada jenis kertas yang digunakan pada opsi yang tersedia, maka pilih Serasikan atau Custom dan buatlah pengaturan kertas sesuai ukuran kertas yang Anda gunakan. Setelah itu, klik OK dan lakukan print dokumen seperti biasa.

Jika Anda sering menggunakan ukuran kertas dengan custom size tersebut, silakan beri tanda centang pada opsi Always Print with Current Setting atau Selalu cetak dengan pengaturan ini agar tidak perlu melakukan pengaturan kertas lagi setiap kali Anda ingin mencetak dokumen dengan printer yang sama.

Tambahan:

Jika print out masih terpotong setelah Anda melakukan pengaturan hingga tahap pengaturan di atas, buka tab Pengesetan Halaman, hilangkan ceklis pada Otomatis kurangi dokumen besar yang tak dapat dikeluarkan pencetak (H), kemudian klik OK.

Pengesetan Halaman Cara Mengatasi Ukuran Print Out Tidak Sesuai dengan Tampilan Microsoft Office Word

Pengesetan Halaman

Nah, itulah cara mengatasi hasil print terpotong dan tidak sesuai dengan tampilan Word yang bisa Anda terapkan agar bisa print (full page) menggunakan kertas, baik ukuran A4, A4s, F4, atau Legal tanpa terpotong.

Sekian, semoga bermanfaat 🙂

Komentar pada artikel "Cara Print Full Kertas di Word Agar Tidak Terpotong"

Klik bagian ini untuk membuka riwayat komentar
  1. ansaf berkata:

    yang jadi masalah cek listnya selalu muncul, biar tidak bolak balik ngatur lagi gimana, soalnya sering lupa???

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Coba hapus ceklis pada tab Pengesetan Halaman, lalu buka tab Pengesetan Cepat, ceklis pada “Selalu Cetak dengan Setelan Sekarang (P)”, kemudian klik OK.
      Sebenarnya langkah menghapus ceklis pada tab Pengesetan Halaman bisa dilewati jika pengaturan ukuran halaman pada aplikasi word dan pengaturan printer sudah sesuai mas Ansaf.

  2. Anonim berkata:

    terima kasih ilmunya, problem solved

  3. yahya berkata:

    terima kasih banyak ilmunya, sangat bermanfaat.
    masalah saya teratasi

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Siap, alhamdulillah. Terima kasih kembali mas 🙂

  4. dila berkata:

    bagaimna jika ukuran kertas tidak dapat terbaca pada tampilan word maupun excell. dan saat di print terpotong sesuai ukuran yang ada saja ??

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Tidak dapat terbaca seperti apa kak? Apakah pengaturan ukuran kertas sudah disesuaikan?

  5. Novi berkata:

    Saya print file dari aplikasi jd pengaturan kertas tdk ada sedangkan printer saya terbaca ukuran kertas kebesaran sy bingung utk mengaturnya krn klu dilanjutkan print hasilnya terputus

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Mohon informasi lebih jelasnya Kak Novi. Maksud Kak Novi aplikasi, apakah aplikasi di hp atau aplikasi di PC?

      Jika perlu konsultasi lebih lanjut, silakan hubungi melalui email ridmuhrid@gmail.com kak.

  6. Kohar berkata:

    kalo semisal kita di wordnya tanpa ada margin di atas, di samping kiri kanan dan di bawah, nah terus pas diprint atasnya masih ada margin. itu gimana ngbuatnya?? atau ada pengaturan khusus dari printer??

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Terkait margin, sejauh yang saya tahu tidak ada pengaturan khusus dari printernya, tetapi perlu diketahui bahwa setiap printer memiliki aturan margin minimum masing-masing (biasanya di bagian atas dan/atau bawah), sehingga tidak semua printer dapat mencetak dokumen tanpa margin, Mas Kohar 😊

  7. wah iya ternyata kurang 0,5 ukuran nya,, pantesan gak pernah pas kalo print,, wkwk makasih bang

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Siap, sama-sama bro. Semangat 💪😁

  8. Inayah berkata:

    Bagaimana cara membuka tab Pengesetan Halaman?

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Ada di bagian Printer Properties Kak. Jika halaman tersebut tidak muncul, kemungkinan disebabkan karena belum menginstal driver printer.

  9. akrimsmith berkata:

    Selamat Siang Bapak ..
    Saya baru menemukan tulisan anda ini dan saya tertarik dengan apa yang dibahas dalam artikel yang bapak publish ini. Tentang ukuran kertas adalah sebuah pekerjaan yang boleh dibilang gampang-gampang susah buat saya. Saya sering menemukan masalah ini ketika saya membikin Surat Keterangan Jual Beli. Seringkali hasil yang di laptop tidak semuanya tercetak padahal saya sudah menggunakan ukuran kertas panjang yakni Legal. Malah pada ukuran legal tersebut saya lakukan customisasi lagi lebih panjang agar semua tulisan bisa tercetak di satu lembar kerja … itu saja terima kasih

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Salam untuk Bapak Akrimsmith. Betul Bapak, agar semua tulisan bisa tercetak dalam satu lembar kerja, bisa diatur dengan melakukan kustomisasi pada ukuran kertas di lembar kerja komputer, tetapi perlu kita sesuaikan juga dengan ukuran kertas yang akan digunakan pada saat mencetak dokumen. Saya ucapkan terima kasih atas komentarnya, semoga urusan dan pekerjaan Bapak selalu dimudahkan dan dilancarkan. Terima kasih Bapak 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.