MUHRID

Cara Menempatkan Kode untuk Menghubungkan Situs ke AdSense

Sebagai seorang blogger, memang tidak ada salahnya berusaha menguangkan (monetizing) blog yang dimiliki. Entah itu dengan cara menjual slot iklan mandiri kepada brand, bergabung dengan jaringan iklan, atau pun cara-cara lainnya. Untuk saat ini, salah satu cara populer untuk menguangkan blog adalah dengan bergabung ke dalam jaringan iklan, seperti Google AdSense.

Sebagai langkah awal pada saat bergabung ke dalam jaringan Google AdSense, Anda harus melakukan langkah pertama, yaitu Menghubungkan situs Anda ke AdSense (Connect your site to AdSense). Tampilan halaman Menghubungkan situs Anda ke AdSense dapat dilihat pada gambar di bawah:

Tampilan Halaman Menghubungkan situs Anda ke AdSense

Nah, bagi sebagian blogger yang memang baru di dunia blog terkadang kebingungan melewati langkah awal ini. Untuk itu, dalam artikel ini saya akan mencoba memberikan panduan dan cara menempatkan kode untuk menghubungkan situs ke AdSense.

Sebenarnya, instruksi dari Google yang ada di halaman pendaftaran Google AdSense sudah sangat jelas. Namun terkadang bagi sebagian blogger baru kurang mengerti bagaimana cara meletakkan kode untuk menghubungkan situs ke AdSense tersebut.

Cara Menempatkan Kode untuk Menghubungkan Situs ke AdSense dalam artikel ini saya bagi menjadi 2, yaitu Cara Menempatkan Kode untuk Menghubungkan Situs ke AdSense bagi pengguna Blogger dan Cara Menempatkan Kode untuk Menghubungkan Situs ke AdSense bagi pengguna WordPress (WordPress Self-Hosted).

Cara Menempatkan Kode untuk Menghubungkan Situs ke AdSense bagi pengguna Blogger

  1. Salin kode yang Anda dapatkan di halaman Menghubungkan Situs ke AdSense.
  2. Parse kode di website Parse HTML. Setelah diparse, kode akan mengalami perubahan.
  3. Kunjungi dashboard Blogger Anda, buka menu Tema, lalu Edit HTML.
  4. Cari kode html </head> (Jika tidak ada, cari kode html &lt;/head&gt;) di dalam menu Edit HTML.
  5. Tempatkan kode yang telah diparse pada langkah 2 sebelum kode </head> atau &lt;/head&gt;.
  6. Simpan.

Berikut ini tambahan terkait beberapa hal yang harus dipastikan bagi Anda yang ingin menghubungkan blog atau website yang Anda miliki ke Google AdSense bagi pengguna Blogger:

Cara Menempatkan Kode untuk Menghubungkan Situs ke AdSense bagi pengguna WordPress (WordPress Self-Hosted)

  1. Salin kode yang Anda dapatkan di halaman Menghubungkan Situs ke AdSense.
  2. Kunjungi dashboard WordPress Anda, buka menu Tampilan -> Editor, lalu buka berkas header.php.
  3. Cari kode html </head>.
  4. Tempatkan kode dari langkah 1 sebelum kode </head>.
  5. Simpan.

Berikut ini tambahan terkait beberapa hal yang harus dipastikan bagi Anda yang ingin menghubungkan blog atau website yang Anda miliki ke Google AdSense bagi pengguna Worpress Self-Hosted:

Setelah kode ditambahkan ke dalam website, berarti langkah Menghubungkan Situs ke AdSense sudah selesai. Anda bisa menekan tombol Done yang ada di halaman pendaftaran. Langkah selanjutnya hanyalah menunggu proses review dari pihak Google AdSense terkait apakah pengajuan pendaftaran website Anda diterima atau ditolak.

Terkait berapa lama proses review, terkadang ada beberapa pengguna yang tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan kabar dari pihak AdSense, tetapi sebagiannya lagi ada yang bahkan sampai beberapa minggu belum mendapatkan kabar terkait status pendaftaran. Jadi, tidak ada waktu pasti tentang berapa lama proses review. Sambil menunggu, tidak ada salahnya untuk selalu berusaha meningkatkan kualitas konten yang ada di blog Anda. Selain itu, tentunya jangan lupa untuk berdoa dan bersedekah. Selamat mencoba dan semoga beruntung 😀

Bagi Anda yang ingin bertanya langsung secara pribadi, saya dengan senang hati menerima “konsultasi” secara gratis melalui email ridmuhrid@gmail.com. Senang rasanya jika pada akhirnya saya mendapatkan kabar bahwa pengajuan Anda berhasil diterima oleh Google AdSense (seperti kabar gembira yang sudah saya dapatkan dari beberapa rekan yang pernah bertanya melalui email atau kolom komentar di bawah).

Exit mobile version