Cara Burning File ke CD/DVD Blank Tanpa Software

16 Mei 2016 © Protected by COPYSCAPE

Beberapa saat yang lalu, kebetulan ada teman saya yang menanyakan bagaimana Cara Burning File ke CD/DVD Blank Tanpa Software. Jadi, pada artikel ini, sekalian saja saya buatkan artikelnya, semoga bisa bermanfaat bagi orang lain yang juga memerlukan tutorial ini. Ingat ya, tutorial ini untuk burning file ke CD/DVD tanpa aplikasi. Jadi, Anda tidak perlu instal aplikasi burner seperti nero, daemon, dan kawan-kawannya.

Tutorial ini dibuat menggunakan Windows 8. Untuk penggunaan pada Windows 7 atau Windows Vista, langkahnya sama saja. Intinya adalah Anda hanya perlu menyalin atau memindanh (copy/move) file yang ingin diburning ke dalam local disk CD/DVD-nya, kemudian klik kanan pada local disk tersebut, dan klik Burn to disk, klik next-next dan selesai.

Oke, langsung saja, yang Anda perlukan tentunya adalah CD/DVD blank, laptop/PC yang ada CD/DVD ROM-nya (jika tidak ada Anda bisa menggunakan hardware tambahan seperti DVD eksternal), dan file yang akan diburner.

Cara Burning File ke CD/DVD Blank Tanpa Software

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masukkan CD/DVD blank ke dalam CD/DVD ROM. CD/DVD ROM adalah tempat untuk memasukkan CD/DVD.
  2. Jika tidak ada masalah dengan CD/DVD blank atau CD/DVD ROM nya, maka akan muncul tampilan seperti ini di layar:

    Cara Burning File ke CD/DVD Blank Tanpa Software

    Cara Burning File ke CD/DVD Blank Tanpa Software

  3. Pilih With a CD/DVD player jika tipe CD/DVD blank Anda adalah CD/DVD-R dan pilih Like a USB  flash drive jika tipe CD/DVD blank Anda adalah CD/DVD-RW, kemudian klik Next.
    Tipe CD/DVD-RW artinya setelah proses burning, isi CD/DVD masih bisa ditambah/dihapus/diedit, sedangkan tipe CD/DVD-R artinya setelah proses burning, isi CD/DVD tidak bisa ditambah/dihapus/diedit lagi, khusus R (Read) dibaca saja.
  4. Salin (copy) file yang ingin Anda burning ke dalam local disk CD/DVD-nya. Kemudian klik kanan, dan pilih Burn to disc.
  5. Akan muncul tampilan jendela seperti di bawah ini.
  6. Masukkan judul disk pada kolom Disc title. Untuk kecepatan burning (recording speed) pilih 8x saja, kemudian klik Next saja hingga Finish.

    Cara Burning File ke CD/DVD Blank Tanpa Software

    Cara Burning File ke CD/DVD Blank Tanpa Software

  7. Selesai.

Nah, itulah Cara Burning File ke CD/DVD Blank Tanpa Software. Semoga informasi yang saya tuliskan bisa membantu Anda 😀

2 komentar pada artikel "Cara Burning File ke CD/DVD Blank Tanpa Software"

  1. Melisa berkata:

    Wah, patut dicoba nih Mas caranya.
    Biar gak kocar kacir lagi nyari Nero
    Apa semua file bisa di-burn dengan cara gini ya? 🙂

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Iya mba, praktis tanpa instal aplikasi apapun.
      Berdasarkan pengalaman saya untuk burning file selama ini menggunakan cara di atas selalu work. Hanya saja saya belum pernah memburning file musik/video agar bisa digunakan di dvd player menggunakn cara ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.