Cara Bermain Harvest Moon Back To Nature di PC

28 Oktober 2015
1.359 views

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh. Selamat siang :D.

Halo sobat MUHRID. Alhamdulillah bisa posting lagi. Kali ini saya akan membagikan tutorial Cara Bermain Harvest Moon Back To Nature di PC/laptop/komputer sesuai request sobat saya. Oke, kalau saya bertanya apakah kalian tahu dengan game Harverst Moon Back To Nature? Sepertinya, semua anak angkatan 90-an pasti akan menjawab Ya. Tidak heran, karena game ini adalah salah satu game fenomenal pada masanya.

Sedikit penjelasan tentang game ini, Harvest Moon adalah game yang menceritakan tentang seorang karakter yang mendapatkan warisan kebun (lahan) dari kakeknya yang telah meninggal. Pada game ini, kita disuruh untuk mengurus segala macam hal seperti mengurus kebun, beternak ayam, domba, sapi, dan merawat kuda. Kita juga diharuskan menjalin hubungan baik dengan para penduduk desa, mengikuti even yang diselenggarakan di desa. Selain itu, kita juga bisa menikah dengan karakter perempuan yang ada di desa, bahkan bisa menghasilkan keturunan dari pernikahan. Jatah si karakter untuk memperbaiki kondisi perkebunan dan peternakan peninggalan kakeknya adalah selama 3 tahun (waktu di dalam game). Jika selama 3 tahun kalian tidak becus mengurus kebun, maka walikota (pemimpin desa) akan mengusir kalian dari desa tersebut. Tapi, jika kalian berhasil mengurus kebun, kalian bisa tinggal di desa selamanya.

FYI, cara memainkan game ini adalah dengan menggunakan emulator, jadi format game ini bukan .exe layaknya game-game komputer lain. Tapi konsepnya adalah game ini untuk PS1, kemudian file yang ada di dalam kaset gamenya diconvert menjadi sebuah file, yang nantinya akan bisa dijalankan oleh suatu aplikasi emolator PS1.

Oke, tidak usah banyak banyak basa-basi, saya akan menjelaskan tutorialnya, tapi sama seperti artikel tutorial saya yang lain. Sebelum menjelaskan tutorial, saya akan menjelaskan peralatan tempur yang harus disiapkan:

  1. Komputer, notebook, atau netbook.
  2. Emulator PS1. Saya menggunakan PSX 1.13. Kalian bisa mendownload di sini (size: 1,96 MB).
  3. File ISO Harvest Moon Back To Nature (size: 25 MB-an) – Cari di mbah google.
  4. Teh poci bagi yang kehausan 😀

Tutorial Cara Bermain Harvest Moon Back To Nature di PC

Kalau peralatan tempur sudah siap, sekarang saya akan memberikan tutorialnya.

1. Ekstrak file emulator PS1 yang sudah kalian download. Terserah kalian ingin meletakkan filenya dimana. Kalau saya meletakkannya di dalam folder Emulator PS1 yang saya buat sendiri.

2. Ekstrak file ISO Harvest Moon BTN yang sudah kalian download. Terserah kalian ingin meletakkan filenya dimana. Kalau saya meletakkannya di dalam folder cdimages yang ada di dalam folder Emulator PS1 sebelumnya sudah saya buat.

3. Buka file psxfin.exe.

4. Klik menu File -> Insert CD image -> Pilih file Harvest Moon – Back to Nature.cue yang kalian ekstrak dari file ISO Harvest Moon BTN yang sudah kalian download tadi. Sebenarnya terserah saja kalian ingin membuka file yang format .cue atau .bin, sama saja.

Pilih menu File -> Insert CD image

Pilih menu File -> Insert CD image

Pilih Harvest Moon – Back To Nature.cue

Pilih Harvest Moon – Back To Nature.cue

5. Setelah di open, kalian akan mendapatkan tampilan seperti ini:

Familiar dengan gambar ini?

Familiar dengan gambar ini?

6. Dan, taraaaaaa:

Tampilan awal game Harvest Moon BTN

Tampilan awal game Harvest Moon BTN

Silakan bermain sobat MUHRID 😀

Eh tunggu, mengontrol permainannya menggunakan apa? Kalian punya joystick? Kalau tidak punya, ya tidak papa. Kalian tetap bisa memainkan game ini menggunakan keyboard. Sebelum bermain, mari kita atur dulu joystick dan keyboardnya.

7. Klik menu File -> Configuration,

File -> Configuration

File -> Configuration

kemudian pilih tab Controllers.

Pengaturan Controllers

Pengaturan Controllers

Pilih jostick yang kalian gunakan pada menu device. Bagi yang pakai keyboard tidak perlu memilih joystick. Buat apa coba? Hehe

Silakan setting tombol yang akan kalian gunakan untuk bermain.

8. Selamat bermain dan bernostalgia 😀

Tambahan:

Kalau ada yang kurang jelas dan terasa membingungkan, silakan tanyakan di kolom komentar.

Sekian, semoga bermanfaat :D


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.