Cara Mengatasi Ukuran Print Out Tidak Sesuai dengan Tampilan Microsoft Office Word

, 11 April 2016 © Protected by COPYSCAPE

Halo sobat MUHRID. Saya ingin bertanya, apakah diantara sobat ada yang pernah mencetak dokumen di Microsoft Word (Ms. Word) lalu ukuran print out-nya tidak sesuai dengan tampilan yang ada pada Ms. Word-nya? Entah itu kekecilan ataupun terpotong? Kalau ada, berarti nasib kalian sama dengan teman seangkatan saya yang menghubungi saya malam-malam untuk menanyakan tentang print out yang tidak sesuai dengan tampilan Ms. Word, hihihi. Tapi tenang, jangan bersedih, gundah gulana, apalagi sampai bunuh diri, jangan jangan. Kali ini saya akan share cara mengatasi permasalahan ukuran print out yang tidak sesuai dengan Ms. Word-nya.

Oke. Pertama yang harus kalian tahu, penyebab dari ukuran print out tidak sesuai dengan tampilan Ms. Word ada 2. Yaitu, (1) pengaturan kertas di aplikasi Ms. Word-nya yang salah dan (2) pengaturan kertas di printer-nya yang salah. Salah di sini maksudnya ukuran kertas yang kalian setting di Ms. Word atau pengaturan printer tidak sesuai dengan ukuran kertas yang kalian gunakan untuk memprint. Cara menyesuaikannya?

Cara Mengatasi Ukuran Print Out Tidak Sesuai dengan Tampilan Microsoft Office Word

1. Menyesuaikan ukuran kertas pada aplikasi Ms. Word

Lihat gambar:

1

Cara mengatur ukuran kertas pada Ms. Word, klik tab Layout -> Size -> Pilih ukuran kertas. Kalau tidak ada opsi ukuran kertas yang kalian gunakan, coba costum sendiri pada menu More Paper Sizes…

FYI:
Ukuran kertas A4 adalah 21 x 29,7 cm.
Ukuran kertas A4s adalah 21,5 x 29,7 cm.
Ukuran kertas F4 adalah 21,5 x 33 cm (Ingat, kertas F4 beda dengan Legal).

2. Menyesuaikan ukuran kertas pada pengaturan printer

Lihat gambar:

2

Cara mengatur ukuran kertas pada pengaturan printer, klik Ctrl+P, lalu klik Printer Properties. Atur ukuran kertas pencetak sesuai ukuran kertas yang kalian gunakan. Kalau tidak ada opsi, pilih Serasikan atau Costum Size. Setelah itu, buka tab Pengesetan Halaman, hilangkan ceklis pada Otomatis kurangi dokumen besar yang tak dapat dikeluarkan pencetak (H). Lihat gambar:

3

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.