Cara Mengatasi Ukuran Print Out Tidak Sesuai dengan Tampilan Microsoft Office Word

11 April 2016 © Protected by COPYSCAPE

Bagaimana cara print menggunakan kertas A4 agar tidak terpotong di aplikasi Word? Itulah pertanyaan yang sering kali saya terima dari beberapa teman angkatan dalam beberapa minggu belakangan ini. Jika Anda adalah salah satu yang juga sering menanyakan pertanyaan ini, maka beruntunglah, saya akan berbagi cara dan solusi kepada Anda agar bisa mencetak dokumen Word penuh (full page) di berbagai ukuran kertas (A4, A4s, F4, dan lainnya) tanpa terpotong.

Cara yang akan saya bagikan ini bisa Anda terapkan pada berbagai versi Microsoft Word, hanya saja mungkin akan ada perbedaan letak menu pada gambar jika Anda menggunakan versi Microsoft Word 2007 ke bawah.

Dasar dari permasalahan ini sebenarnya ada 2 penyebab kenapa hasil print tidak sesuai ukuran kertas, yaitu (1) pengaturan kertas di aplikasi Microsoft Word tidak sesuai atau (2) ukuran kertas pada pengaturan printer tidak sesuai. Maka dari itu, cara untuk mengatasi masalah print out tidak sesuai dengan tampilan Microsoft Office Word adalah dengan memperbaiki 2 penyebab masalah tersebut.

Cara Mengatasi Ukuran Print Out Tidak Sesuai dengan Tampilan Microsoft Office Word

1. Menyesuaikan ukuran kertas pada aplikasi Ms. Word

Kesesuaian pengaturan ukuran kertas pada aplikasi Word dengan kertas yang digunakan adalah hal yang paling penting agar hasil print sesuai dengan ukuran kertas yang digunakan. Pada beberapa kasus saya sering menemukan teman saya yang ingin mencetak menggunakan kertas A4s, tetapi menggunakan pengaturan kertas A4 pada aplikasi Word. Hal ini tentunya akan menyebabkan hasil print menjadi tidak sesuai dengan tampilan yang ada di aplikasi Word.

Ukuran kertas A4s adalah 21,5 x 29,7 cm, sedangkan ukuran kertas A4 adalah 21 x 29,7 cm. Ada perbedaan lebar sebesar 0,5 cm pada kedua kertas tersebut, sehingga jika pengaturan kertas pada aplikasi Word menggunakan ukuran A4 dan mencetak menggunakan kertas A4s, maka akan ada bagian yang kosong sebesar 0,5 cm yang membuat margin pada kertas menjadi tidak sesuai tampilan di aplikasi Word.

Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu kesesuaian antara ukuran kertas pada pengaturan Word dan ukuran kertas yang digunakan sebelum mencetak. Caranya adalah membuka tab Layout -> Size -> Pilih ukuran kertas yang sesuai dengan yang digunakan untuk mencetak.

Penyesuaian Ukuran Kertas Cara Mengatasi Ukuran Print Out Tidak Sesuai dengan Tampilan Microsoft Office Word

Penyesuaian Ukuran Kertas

Pada kasus lain, saya juga sering menemukan saat teman saya ingin mencetak menggunakan kertas F4 (21,5 x 33 cm), tetapi menggunakan pengaturan kertas Legal (22 x 36 cm) pada aplikasi Word. Perbedaan pengaturan ini akan menyebabkan adanya bagian dokumen yang terpotong karena ukuran kertas Legal lebih panjang 3 cm dibandingkan ukuran kertas F4. Mereka beralasan karena tidak ada ukuran kertas F4 pada pengaturan ukuran kertas di aplikasi Word. Pada kasus seperti ini, Anda harus membuat ukuran sendiri melalui menu More Paper Size.

Informasi ukuran kertas yang sering digunakan pada perkuliahan atau perkantoran:

  • Ukuran kertas A4 adalah 21 x 29,7 cm.
  • Ukuran kertas A4s adalah 21,5 x 29,7 cm.
  • Ukuran kertas F4 adalah 21,5 x 33 cm (Ingat, ukuran kertas F4 berbeda dengan ukuran kertas Legal).

2. Menyesuaikan ukuran kertas pada pengaturan printer

Setelah melakukan penyesuaian antara ukuran kertas di pengaturan Word dan ukuran kertas yang digunakan, jika hasil cetak masih tidak sesuai, maka Anda juga perlu melakukan penyesuaian ukuran kertas pada pengaturan printer yang digunakan. Caranya adalah dengan membuka menu Printer Properties yang ada di bagian bawah menu pilih printer. Aturlah Ukuran Kertas Pencetak sesuai dengan ukuran kertas yang akan Anda gunakan. Jika tidak ada jenis kertas yang digunakan pada opsi yang tersedia, maka pilih Serasikan atau Custom Size dan buatlah pengaturan kertas sesuai ukuran kertas yang Anda gunakan.

Pengaturan Ukuran Kertas Cara Mengatasi Ukuran Print Out Tidak Sesuai dengan Tampilan Microsoft Office Word

Pengaturan ukuran kertas pada printer

Setelah itu, buka tab Pengesetan Halaman, hilangkan ceklis pada Otomatis kurangi dokumen besar yang tak dapat dikeluarkan pencetak (H), kemudian klik OK.

Pengesetan Halaman Cara Mengatasi Ukuran Print Out Tidak Sesuai dengan Tampilan Microsoft Office Word

Pengesetan Halaman

Nah, itulah cara mengatasi ukuran print out yang tidak sesuai dengan tampilan Word yang bisa Anda terapkan agar bisa print (full page) menggunakan kertas A4 tanpa terpotong. Sekian, semoga bermanfaat 🙂

3 komentar pada artikel "Cara Mengatasi Ukuran Print Out Tidak Sesuai dengan Tampilan Microsoft Office Word"

  1. ansaf berkata:

    yang jadi masalah cek listnya selalu muncul, biar tidak bolak balik ngatur lagi gimana, soalnya sering lupa???

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Coba hapus ceklis pada tab Pengesetan Halaman, lalu buka tab Pengesetan Cepat, ceklis pada “Selalu Cetak dengan Setelan Sekarang (P)”, kemudian klik OK.
      Sebenarnya langkah menghapus ceklis pada tab Pengesetan Halaman bisa dilewati jika pengaturan ukuran halaman pada aplikasi word dan pengaturan printer sudah sesuai mas Ansaf.

  2. Anonim berkata:

    terima kasih ilmunya, problem solved

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.