Cara Cek Kesalahan Penulisan di Microsoft Word 2016

5 April 2016 © Protected by COPYSCAPE

Sebagai mahasiswa, tentu tidak menyenangkan jika setiap bimbingan skripsi selalu ditegur oleh dosen karena ada kata yang typo (salah ketik). Parahnya lagi, terkadang ada beberapa typo yang bisa membuat arti lain -bahkan- terkesan tabu, pastinya akan menjadi canggung sekali jika hal tersebut terjadi saat bimbingan (bukan pengalaman pribadi). Dalam artikel ini saya akan membagikan tutorial cara cek kesalahan penulisan di Microsoft Word 2016. Tutorial ini tentunya tidak hanya berlaku bagi mahasiswa saja. Jika Anda bekerja sebagai pegawai kantor atau sering beraktivitas menggunakan Microsoft Word, maka Anda juga bisa menerapkan cara ini untuk mencegah adanya kesalahan penulisan pada dokumen yang sedang ditulis. Silakan disimak 🙂

Cara Cek Kesalahan Penulisan di Microsoft Word 2016

  1. Buka file word (dokumen apapun) yang ingin Anda cek kesalahan penulisannya di aplikasi Microsoft Office 2016. Sebagai contoh, saya menggunakan file catatan penelitian.

    Dokumen Catatan Penelitian di Microsoft Office Cara Cek Kesalahan Penulisan di Microsoft Word 2016

    Dokumen Catatan Penelitian di Microsoft Office

  2. Buka tab Review -> Language -> Language Preferences.

    Language Preferences Cara Cek Kesalahan Penulisan di Microsoft Word 2016

    Review -> Language -> Language Preferences

    Akan muncul jendela baru dengan tampilan seperti di bawah ini:

    Jendela Pengaturan Bahasa di Microsoft Office Cara Cek Kesalahan Penulisan di Microsoft Word 2016

    Jendela Pengaturan Bahasa di Microsoft Office

  3. Lihat pada gambar di atas pada bagian Proofing (Spelling, Grammar, …).
    Jika bagian Proofing untuk bahasa Indonesia tertulis Not Installed, maka Anda harus mendownload file bahasa Indonesia terlebih dahulu melalui halaman Language Accessory Pack for Office atau link Download (32-bit) | Download (64-bit), kemudian instal. Cara menginstal sangat mudah, Anda hanya perlu mengklik tombol Next-Next saja.

    Mohon maaf, saya tidak menyediakan gambar screenshot terkait cara menginstal file bahasa Indonesia karena file tersebut sudah terinstal di laptop saya.

  4. Jika sudah terinstal, maka tampilan yang semula bertuliskan Not Installed akan berubah menjadi Installed seperti gambar screenshot di atas.
  5. Setelah proofing bahasa Indonesia terinstal. Buka tab Review -> Language -> Set Proofing Language. Akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini:

    Set Proofing Language Cara Cek Kesalahan Penulisan di Microsoft Word 2016

    Set Proofing Language

  6. Buatlah pengaturan persis seperti gambar di atas, (1) Indonesia; (2) Centang pada Detect language automatically; (3) Klik Set As Default; dan (4) Klik OK.

Jika berhasil, tampilan dokumen Anda pada Microsoft Word akan menjadi seperti gambar di bawah ini. Tulisan yang tidak ada di dalam kamus bahasa Indonesia akan memiliki garis bawah berwarna merah.

Tampilan Word Setelah Pengecekan Ejaan Diaktifkan

Tampilan Word Setelah Pengecekan Ejaan Diaktifkan

Sekian cara cek kesalahan penulisan pada microsoft word 2016 yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat dan mari kita galakkan generasi anti typo (pada tugas atau skripsi) 😀

2 komentar pada artikel "Cara Cek Kesalahan Penulisan di Microsoft Word 2016"

  1. Nadia pinkyana berkata:

    Thanks awan, berguna banget infonya buat gw yang tiap kali konsul dimarahinnya cuma gara2 typo 😀

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Haha, iya alhamdulillah, senang kalau artikelnya bisa bermanfaat Nad 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.