MUHRID

Cara Cek 3uTools iPhone Bekas: Apakah Masih Original?

Smartphone dengan logo apel digigit (iPhone) hingga saat ini memang masih banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, tidak hanya untuk iPhone baru, tapi juga iPhone bekas. Hal ini terbukti dari masih ramainya grup dan akun jual beli iPhone yang saya ikuti di media sosial, mayoritas diantaranya melakukan jual beli iPhone second, baik secara online atau juga melayani transaksi offline. Dari sekian banyak penjual iPhone bekas yang saya tahu, semuanya mengklaim bahwa barang yang mereka jual anti rekondisi dan bukan refurbish (semua komponen di dalamnya masih original), tetapi tanpa adanya pembuktian. Oleh karena itu, di dalam artikel ini, saya akan bagikan bagaimana cara cek iPhone bekas, apakah masih original atau refurbish dengan aplikasi 3uTools.

Sebelum lanjut ke cara untuk mengecek iPhone bekas menggunakan 3uTools, berikut saya sampaikan beberapa informasi terkait 3uTools yang sering teman-teman tanyakan:

Apa itu 3uTools dan apa fungsi 3uTools pada iPhone?

3uTools adalah aplikasi all-in-one tool untuk perangkat iPhone (iOS) sejenis iTunes, tetapi dengan fitur yang lebih lengkap. Aplikasi 3uTools bisa digunakan untuk pembaruan iOS (termasuk jailbreak iOS), backup/restore data, import/export foto, dan masih banyak lagi. Salah satu fitur andalan -bagi saya- dari 3uTools adalah fitur pembaca kode pabrik dari setiap komponen iPhone, sehingga bisa digunakan untuk mengecek apakah iPhone tersebut masih original atau sudah refurbish.

Bagaimana cara cek 3uTools iPhone lewat hp?

Singkat saja, sejauh ini belum ada cara yang bisa digunakan untuk cek 3uTools lewat hp. Bahkan, di website resmi 3uTools pun, aplikasinya hanya tersedia untuk sistem operasi Windows. Hingga saat ini belum tersedia aplikasi 3uTools untuk sistem operasi MacOS dan Linux, apalagi untuk sistem operasi di hp atau smartphone seperti Android atau iOS.

Apakah 3uTools akurat?

Berdasarkan pengalaman pribadi dan informasi dari beberapa teman, 3uTools memang tidak 100% akurat, tetapi bisa menjadi salah satu acuan yang bisa digunakan untuk menilai apakah hardware atau perangkat di dalam iPhone tersebut masih original atau sudah diganti.

Cara Cek 3uTools iPhone Bekas: Refurbish atau Masih Original?

Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan pengecekan apakah iPhone bekas yang ingin Anda beli atau yang sudah Anda miliki saat ini masih original atau refurbish:

  1. Download software 3uTools di situs resminya 3uTools, kemudian install seperti biasa di laptop/PC yang menggunakan OS Windows (hingga artikel ini ditulis, aplikasi 3uTools belum tersedia untuk sistem operasi Mac dan Linux).
  2. Buka aplikasi 3uTools.
  3. Sambungkan iPhone ke laptop/PC menggunakan kabel lightning (usahakan menggunakan kabel original).
  4. Jika sudah terhubung, aplikasi 3uTools akan menampilkan informasi device iPhone Anda seperti gambar di bawah ini.

    Informasi iDevice di 3uTools

  5. Klik View Verification Report. Jika muncul jendela Permission Reminder, maka pilih Authorize to View. Pastikan laptop/PC yang Anda gunakan terhubung ke internet karena fitur View Verification Report ini memerlukan koneksi internet agar bisa digunakan.
  6. Jika fitur berfungsi dengan normal, maka akan muncul pop up 3uTools iDevice Verification Report. Berikut hasil verifikasi untuk iPhone 6 dan iPhone X yang saya miliki.

    3uTools iDevice Verification Report iPhone 6

    3uTools iDevice Verification Report iPhone X

    Nilai Normal dengan centang berwarna hijau menunjukkan bahwa komponen yang diuji merupakan komponen original dan belum pernah diganti (value sama dengan value keluaran pabrik).
    Nilai may be assembled atau may be changed dengan tanda silang berwarna merah menunjukkan bahwa komponen yang diuji sudah pernah diganti atau bukan bawaan pabriknya lagi (value berbeda dengan value keluaran pabrik).
    Nilai How to judge dengan tanda tanya berwarna biru menunjukkan bahwa penilaian keaslian komponen harus dari pengguna sendiri. Test result ini bisa Anda temukan pada hasil test item Screen Serial Number karena sejauh ini 3uTools belum bisa melakukan pengecekan keaslian layar secara langsung.

Test Result pada hasil pengecekan iPhone X memberikan nilai Normal pada semua test item, sedangkan pengecekan iPhone 6 memberikan hasil may be assembled dan may be chaged pada test item baterai dan kamera depan.

Hasil tersebut dapat saya katakan akurat karena memang benar adanya bahwa saya pernah melakukan penggantian baterai dan layar pada iPhone 6 yang saya miliki.

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari grup pengguna iPhone, hasil tidak normal atau may be changed pada test item kamera depan menunjukkan bahwa layar sudah pernah diganti.

Itulah kiranya cara cek 3uTools iPhone untuk menilai apakah iPhone masih original atau sudah refurbish (rekondisi) dengan menggunakan bantuan aplikasi 3uTools. Saya harapkan kepada Anda yang berencana untuk membeli iPhone bekas agar bisa lebih berhati-hati dengan cara meminta penjual untuk memperlihatkan hasil screenshot pengecekan menggunakan aplikasi 3uTools untuk meminimalkan kemungkinan risiko salah beli iPhone refurbish atau iPhone rekondisi.

Perlu saya tekankan bahwa aplikasi 3uTools memang tidak sepenuhnya bisa dijadikan patokan karena bukan aplikasi resmi dari Apple. Namun, berdasarkan pengalaman saya pribadi dan pengalaman teman saya yang sudah bergelut di dunia jual beli iPhone selama 6 tahun, akurasi hasil pengecekan 3uTools bisa dikatakan 90% akurat. Jika ada pengguna lain yang tidak percaya dan mengatakan bahwa 3uTools tidak akurat atau “jangan terlalu mendewakan 3uTools”, bagi saya itu adalah hak mereka masing-masing untuk percaya atau tidak.

Menurut saya pribadi, tidak ada salahnya untuk mengecek atau meminta hasil pengecekan 3uTools setiap ingin membeli iPhone bekas. Jika penjual bersikeras tidak ingin melakukan pengecekan menggunakan 3uTools, silakan cari penjual lain saja.

Aplikasi 3uTools dibuat untuk memudahkan, bukan untuk membuat polemik. Selain itu, tentunya juga usahakan untuk melakukan pengecekan fisik secara kasat mata jika memungkinkan.

Penjelasan Hasil Pengecekan iPhone Bekas Menggunakan 3uTools

Berikut ini saya tambahkan sedikit penjelasan terkait hasil pengecekan yang sering ditanyakan teman-teman di kolom komentar.

1. Hasil terkait warna device

Untuk mengecek apakah housing iPhone sudah pernah diganti atau belum, Anda bisa membandingkan warna housing iPhone yang ada miliki dengan hasil pengecekaan warna bawaan iPhone yang dibaca oleh 3uTools pada test item device color.

2. Hasil terkait kapasitas penyimpanan

Capacity-upgrading device pada test item hard disk capacity menunjukkan bahwa kapasitas penyimpanan internal (ROM) dari iPhone telah ditingkatkan (diperbesar). Misalnya, iPhone 6 Plus dengan kapasitas penyimpanan 16GB dapat ditingkatkan menjadi 128GB.

3. Hasil terkait sales model

4. Hasil terkait layar

Salah satu item yang tidak bisa dibaca oleh 3uTools adalah nomor seri layar yang mencakup layar LCD, sehingga 3uTools tidak dapat memverifikasi secara langsung apakah layar perangkat pernah diganti atau tidak. Anda perlu melakukan pengecekan sendiri dengan memperhatikan kecerahan layar untuk menilai apakah layar yang digunakan masih original atau sudah pernah diganti. Sebagai pendukung kesimpulan, rakitan aksesori layar pada iPhone tergabung dengan kamera depan. Kebanyakan teknisi tidak akan mengganti kamera dari rakitan lama ke rakitan baru karena dapat dengan mudah rusak saat membongkar rakitan. Singkatnya, jika tukang reparasi ingin mengganti rakitan aksesori layar, mereka mungkin perlu mengganti rakitan tersebut secara keseluruhan. Oleh karena itu, jika nilai pabrik kamera depan tidak sesuai dengan nilai yang terdeteksi, maka layar iPhone yang dicek kemungkinan sudah pernah diganti.

5. Hasil terkait abnormal test result

Jika hasil pengujian nomor seri baterai, kamera depan, kamera belakang atau nomor seri Touch ID tidak normal, mainboard atau hard disk perangkat mungkin sudah pernah diganti.

Nah, itulah informasi tentang cara menggunakan 3uTools untuk mengecek iPhone bekas yang bisa saya bagikan. Jangan sampai kalian tertipu oleh seller iPhone bekas yang nakal. Semoga bermanfaat 🙂

Exit mobile version