Tips Liburan ke Kota Batu Malang dengan Budget Rp500.000

2 Agustus 2017 © Protected by COPYSCAPE

Di Pulau Jawa, Kota Malang khususnya Batu salah satu incaran favorit para pelancong untuk menjajal objek wisata sekaligus kulinernya saat liburan. Kota Malang menjadi destinasi favorit karena memiliki sejuta alasan yang dicintai para traveler. Masyarakatnya yang ramah, objek wisatanya yang beragam, transportasinya yang mudah, dan harga kulinernya yang cocok di kantong backpacker.

Tips Liburan ke Kota Batu Malang dengan Budget Rp500000

Tips Liburan ke Kota Batu Malang dengan Budget Rp500000

Meskipun Malang berada di Jawa Timur yang pastinya lebih jauh dari Yogyakarta tapi biaya berlibur ke Malang bisa dengan Rp500.000,- selama tiga hari dua malam, lho! Wah, menyenangkan bukan? Penasaran bagaimana caranya? Di bawah ini panduan backpacker tiga hari dua malam ke Malang dengan budget Rp500.000,- yang bisa kamu tiru dengan mudah.

1. Pilih dan Pesan Transportasi dari Jauh Hari

Mari kita sebut satu per satu, transportasi apa sajakah yang bisa digunakan ke Malang? Kereta api, pesawat, bus, ataupun kendaraan pribadi. Dari semua transportasi tadi, sesuaikan budget dan kebutuhan kamu. Jika solo traveler, kamu bebas menentukan transportasi mana yang diinginkan. Namun jika pergi berkelompok lebih baik lakukan musyawarah terlebih dulu. Umumnya transportasi yang dipilih adalah transportasi umum seperti kereta api. Setelah itu carilah harga tiket promo yang bisa kamu temukan di layanan online atau dengan menggunakan rewards kartu kredit. Kemudian yang paling penting, booking minimal tiga bulan sebelum keberangkatan antisipasi tiket habis. Apalagi waktu yang digunakan saat long weekend atau libur nasional.

Total biaya tranportasi menggunakan kereta api kelas ekonomis = Rp109.000 x 2 = Rp218.000,-

2. Booking Hotel Backpacker

Jika kamu sudah menentukan lokasi untuk berlibur di Malang misalkan di daerah Batu, lebih baik cari hotel atau penginapan di sekitaran Batu. Hotel di Batu Malang tersedia mulai dari Rp125.000,- tapi harga tersebut bisa sewaktu-waktu berubah dan bisa jadi kamu mendapatkan harga termurah. Kamu dapat mencari hotel di kota Batu Malang termurah melalui Reservasi.com, gunakan bantuan filter berdasarkan harga terendah agar hotel yang dicari segera ditemukan. Agar lebih hemat, kamu bisa cost sharing dengan backpacker lainnya misalkan satu kamar berdua atau tiga orang. Jika beruntung mendapatkan kamar, kamu bisa menginap di Oma Backpacker tanpa dipungut biaya apapun hanya cukup memberikan buku layak baca. Satu buku per malam, lebih banyak lebih baik.

Total biaya hotel 2 malam Rp125.000 x 2 = Rp225.000/2 orang = Rp125.000,-

3. Sewa Motor untuk Bepergian

Agar lebih mudah dan hemat untuk bepergian ke objek wisata, kamu bisa sewa motor. Rata-rata sewa motor di Malang Rp50.000 per hari diluar biaya bensin.

Total biaya sewa motor: Rp50.000 x 2 hari = Rp100.000/2 orang = Rp50.000,-

Total bensin Rp30.000 / 2 orang = Rp15.000,-

4. Menentukan Objek Wisata

Waktu kamu untuk menjajal objek wisata di Malang dua hari. Hari pertama sebaiknya gunakan untuk ke tempat jauh terlebih dulu. Baru di hari akhir kamu bisa melancong di Kotanya sekalian pulang menuju statsiun. Referensi objek wisata yang sebaiknya kamu kunjungi adalah Tanah Lot-nya Malang, Pantai Balekambang. Meskipun jaraknya lumayan jauh kurang lebih 60 kilometer dari kota Malang dan dapat ditempuh sekitar dua jam dengan berkendara, asa lelah akan hilang seketika saat sampai. Lebih baik berangkat di pagi hari supaya terhindar dari terik matahari. Gak mau dong gosong duluan di jalan bukan di pantai! Pantai Balekambang juga berdampingan dengan Pantai Regent. Di Pantai Regent kamu dapat melihat danau yang dihimpit oleh gunung karang dan pepohonan yang rindang.

Hari selanjutnya, cukuplah mencari objek wisata yang bebas biaya alias gratis misalkan Museum Musik. Kamu bisa belaja bagaimana perjalanan musik di tanah air. Museum Musik terletak di deretan perumahan Griyashanta.

Tiket masuk Pantai Balekambang = Rp15.000,-

5. Cari Makanan Bukan Cemilan

Malang pun memiliki kuliner yang beragam dan menggiurkan. Namun, jika dana terbatas sebaiknya fokus untuk mencari makanan berat dibandingkan mencicipi kudapan-kudapan di Kota Malang. Biaya hidup di Malang tergolong tidak terlalu mahal. Jadi, masih aman untuk backpacker mencari makan. Hore! Sebaiknya cari makan di daerah kawasan kampus atau sekolah. Biaya Rp12.000 kamu udah bisa makan dengan ayam juga sayur, lho!

Total biaya makan Rp12.000 x 6 hari = Rp72.000,-

Semua selesai, total keseluruhan Rp495.000. Meskipun anggaran berlibur mencapai Rp500.000 kamu harus persiapkan biaya-biaya tidak terduga ya! Dari semua pos pengeluaran, pos yang masih bisa diperkecil adalah biaya hotel. Kamu masih bisa mencari hotel termurah di Kota Batu Malang melalui www.reservasi.com karena harga hotel-hotel yang berubah-ubah, kamu dapat memantaunya lewat aplikasi reservasi. Sehingga saat menemukan harga hotel yang sanga bersahabat, kamu bisa langsung memesannya.

2 komentar pada artikel "Tips Liburan ke Kota Batu Malang dengan Budget Rp500.000"

  1. Amengan kota berkata:

    Wah bisa ya liburan budget 500rb keren-keren

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Bisa banget Kak, asal semuanya sudah terencana dengan baik 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.