5 Tips Backpacker-an Murah ke Malang

29 Desember 2016 © Protected by COPYSCAPE

Libur telah tiba. Bertepatan dengan tibanya libur akhir tahun, jalan-jalan atau travelling bisa jadi opsi untuk mengisi liburan ini. Oleh karena itu, pada tulisan ini saya akan berbagi tips backpacker-an murah ke Malang, Jawa Timur yang bisa dipertimbangkan sobat MUHRID sebelum memutuskan berwisata ke kota Apel ini.

5 Tips Backpacker-an Murah ke Malang

5 Tips Backpacker-an Murah ke Malang

5 Tips Backpacker-an Murah ke Malang

1. Tentukan waktu yang tepat

Hal yang paling penting sebelum memutuskan untuk travelling sebenarnya adalah pertimbangan waktu. Namun, karena topik kita pada artikel ini adalah travelling ke kota Malang untuk mengisi akhir tahun, maka mari kita abaikan tips yang pertama ini.

Sekedar informasi, untuk menekan biaya transportasi yang dikeluarkan kalian bisa merencanakan backpacker-an pada waktu low season, bukan pada waktu high season seperti liburan akhir tahun atau liburan sekolah. Kenapa? Karena pada saat low season kalian akan lebih mudah mendapatkan Tiket Pesawat Murah dibanding pada saat high season yang biasanya harga tiket transportasi, sewa penginapan, dan tiket masuk obyek wisata lebih mahal.

2. Tentukan mode transportasi yang digunakan

Sebagai akibat dari pemilihan waktu backpacker-an pada waktu liburan, maka semua biaya transportasi akan lebih mahal dari biasanya. Oleh karena itu, silakan pertimbangkan untuk menggunakan mode transportasi termurah dibandingkan mode transportasi lain. Untuk perjalanan darat, kalian bisa menggunakan bus atau kereta api. Namun, jika kalian berasal dari luar pulau Jawa, tidak ada pilihan lain selain transportasi udara atau laut.

Berdasarkan pengalaman, karena saya berasal dari Kalimantan Selatan, saya menggunakan mode transportasi udara terlebih dahulu ke Surabaya, baru kemudian dari Surabaya naik kereta api menuju Malang. Hal ini dikarenakan tiket pesawat dari Banjarmasin ke Malang langsung lebih mahal dibandingkan total tiket pesawat dari Banjarmasin ke Surabaya dan tiket kereta api dari Surabaya ke Malang.

3. Tentukan penginapan

Jangan selalu berpikir bahwa untuk liburan kalian harus menginap di hotel. Untuk menekan biaya penginapan, kalian bisa memilih homestay atau kost harian saja. Kisaran harga penginapan di Malang mulai dari Rp80.000 sampai Rp150.000 per malam.

Berdasarkan pengalaman, saya hanya mengeluarkan biaya Rp50.000 per malam untuk biaya penginapan. Meskipun fasilitas yang saya dapatkan hanya tempat tidur dan kamar mandi, serta 1 kamar isinya maksimal 4 orang, tapi lumayan lah, toh saya liburan untuk jalan, bukan untuk tiduran 😀

4. Tentukan mode transportasi untuk jalan-jalan

Selama berada di Malang, tentunya kita akan menggunakan waktu semaksimal mungkin untuk mengeksplorasi kota Apel ini. Oleh karena itu, pilihlah mode transportasi yang praktis dan  murah, kalian bisa menyewa motor dengan biaya sekitar Rp50.000 per hari.

Sesuai pengalaman, saya lebih memilih ojek online dibanding menyewa motor karena pertimbangan saya kurang tahu rute-rute di kota Malang dan hanya backpacker-an seorang diri. Namun, biaya untuk ojek online bisa saya tekan dengan menerapkan tips kelima di bawah ini.

5. Atur waktu jalan-jalan

Untuk jalan-jalan, sebaiknya kalian terlebih dahulu buat daftar tempat tujuan yang akan dikunjungi. Usahakan ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi dalam sekali jalan. Hal ini untuk mengurangi biaya transportasi yang kalian gunakan.

Berdasarkan pengalaman, saya menggunakan ojek online selama berada di Malang, jadi saat ingin mengeksplorasi Malang, saya pilih lokasi wisata yang paling dekat dengan penginapan. Sesampai di tempat tujuan baru saya eksplorasi tempat tujuan tersebut dan tempat wisata sekitarnya seharian penuh dengan jalan kaki (kebetulan jaraknya tidak terlalu jauh).

Nah, 5 Tips Backpacker-an Murah ke Malang berdasarkan pengalaman saya sendiri. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi pertimbangan bagi kalian yang ingin jalan-jalan ke kota Malang 😀

4 komentar pada artikel "5 Tips Backpacker-an Murah ke Malang"

  1. Ima berkata:

    Halo, kalau boleh tau penginapannya di mana ya? Karena saya juga mencari yang murah, terima kasih.

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Halo Ima. Nama penginapannya Tya Backpacker, bisa search di google terlebih dahulu. Jangan lupa reservasi dulu kalau mau nginap di sana 😀

  2. rinny berkata:

    Hai ka, sama2 dr banjarmasin nih.. Boleh tau gak kaka habis brpa duit kesana? Brpa hari? Dan kemana saja kaka selama disana? Thanks ?

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Hai Rinny, salam kenal. Selama di sana aku cuman sempat jalan-jalan ke Museum Angkut, Jatim Park 1, Jatim Park 2, Alun-Alun Kota Malang sekalian shalat Jumat di masjid Agung, sama BNS. Kalau yang murni jalan-jalan, kalau tidak salah cuman 4 hari. Kalau biaya (hitung kasar) di sana penginapan 4 hari 300rb, jalan-jalan 300rb, sama transportasi sekalian coba-coba naik kereta api total 200rb. Biaya pulang pergi Banjarmasin-Malang 700rb-an. Jadi totalnya 1,5jt (mungkin kamu bisa lebih hemat lagi), tergantung harga promo tiket pesawat sama kalau backpackernya bareng teman-teman mungkin bisa lebih murah dalam hal transportasi di sana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.