Perbedaan Akun Google Adsense US dan Indonesia

4 Juni 2016 © Protected by COPYSCAPE
Perbedaan Akun Google Adsense US dan Indonesia

Perbedaan Akun Google Adsense US dan Indonesia

Hai hai kalian sobat MUHRID. Selamat pagi/siang/sore/malam dan salam #kadamanahan. Bisa dilihat pada judul, tujuan artikel ini adalah untuk memberikan informasi tentang perbedaan antara akun Google Adsense US dan Indonesia.

Perbedaan Akun Google Adsense US dan Indonesia

Sebelum membahas tentang perbedaannya, saya akan mencoba memberikan sedikit gambaran tentang kedua akun Google Adsense (GA) ini. Akun GA US adalah akun google adsense yang didaftarkan oleh seseorang yang menurut Google berlokasi di Amerika Serikat, dan akun GA Indonesia adalah akun google adsense yang didaftarkan oleh seseorang yang menurut Google berlokasi di Indonesia. Jadi yang menentukan tipe akun GA adalah Google dengan berdasar pada lokasi kalian (bisa dilihat melalui data email atau yang lain). Oleh karena itu, meskipun kalian berada di Indonesia, kalian tetap bisa membuat akun GA US (ataupun sebaliknya), karena sejauh pengetahuan saya, lokasi dalam dunia internet bisa dimanipulasi.

Oke, selain yang saya sebutkan di atas, ada beberapa perbedaan lain yang mungkin bisa kalian pertimbangkan pada saat mendaftar di Google Adsense.

1. Bayaran per klik iklan

Berdasarkan beberapa literatur yang saya dapat menyebutkan bahwa bayaran per klik iklan antara akun GA US dan GA Indonesia berbeda. Sumber menyebutkan bahwa biaya per klik iklan untuk akun GA Indonesia hanya berkisar Rp600 dan untuk akun GA US bisa mencapai $3. Selisihnya lumayan jauh, kenapa? Saya juga kurang tahu, mungkin bisa tanyakan ke pihak Google.

2. Mata Uang yang Digunakan

Mata uang yang digunakan untuk akun GA US adalah dolar dan untuk akun GA Indonesia adalah rupiah, jelas sekali. Tapi pada beberapa kasus, ada akun GA Indonesia yang menggunakan mata uang dolar, sebagai contohnya akun GA saya. Iya, saya, mungkin ini disebabkan karena saya mendaftar akun GA sebelum November 2013, karena kebijakan akun GA Indonesia baru ada setelah bulan November 2013. Meskipun begitu, ada beberapa blog yang menyebutkan bahwa mata uang yang digunakan sebenarnya bisa diganti, tapi saya kurang berminat, jadi yasudahlah, tidak perlu saya bahas di sini, hehe

3. Kemudahan Mendapatkan Akun

Pada beberapa artikel, saya menemukan informasi bahwa akun GA US lebih mudah didapatkan dibandingkan akun GA Indonesia. Pada beberapa forum saya juga sering mendapat keluhan dari teman-teman yang merasa kewalahan ketika mencoba mendaftarkan blog mereka di Google Adsense, kemudian beberapa teman ada yang menyarankan untuk mendaftar akun GA US saja. Jujur saja, saya kurang tahu apa penyebabnya, padahal jika kita mencoba membandingkan bayaran iklan per klik pada poin 1, antara kedua tipe akun GA ini, harusnya akun GA US lebih sulit untuk didapatkan. Tapi, ketika saya mencoba untuk berspekulasi, kemungkinan penyebabnya adalah karena seringnya terjadi pelanggaran kebijakan Google Adsense untuk pengguna di Indonesia.

4. Metode Pembayaran

Sejauh yang saya ketahui, pembayaran untuk akun GA US bisa menggunakan Western Union dan rekening bank, sedangkan akun GA Indonesia hanya bisa menggunakan rekening bank.

5. Pihak yang Menaungi

Untuk akun GA US, pihak yang menaunginya adalah Google. Ink., sedangkan akun GA Indonesia dinaungi oleh Google Asia Pasific Pte. Ltd.

Cara Mengetahui Tipe Akun Google Adsense

Berdasarkan pada poin 5 di atas, yaitu pihak yang menaungi, kalian bisa mengetahui tipe akun google adsense kalian dengan cara buka Dashboard akun GA kalian, kemudian pilih klik pada Terms & Conditions atau Syarat & Ketentuan. Kalian akan melihat halaman Peraturan Online Google AdSense seperti gambar:

Peraturan Online Google AdSense

Peraturan Online Google AdSense

Perhatikan tulisan yang saya beri kotak merah, jika tertulis Google Asia Pasific Pte. Ltd, berarti akun GA kalian adalah akun GA Indonesia. Jika tidak, berarti bukan akun GA Indonesia, hehe

Nah, itulah beberapa Perbedaan Akun Google Adsense US dan Indonesia dan Cara Mengetahui Tipe Akun Google Adsense yang bisa saya bagikan. Sebagai penutup, saya ingin menyampaikan, pertimbangkan lagi jika kalian ingin mendaftar akun GA US, karena pada proses payout akan memerlukan verifikasi pin yang akan dikirim ke alamat kalian di Amerika Serikat. Jika tidak ada, kalian bakal ribet. Kenapa? Hmm, insyaAllah saya akan membahasnya di lain kesempatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.