MUHRID.com di Deface

8 Maret 2016
1.407 views

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh. Selamat pagi :D.

Halo sobat MUHRID. Beberapa hari yang lalu tepatnya tanggal 5 Maret 2016 (bertepatan dengan hari bahagia saya karena sticker line saya di approve pihak line). Website muhrid.com dideface oleh seorang defacer lokal yang menamakan dirinya sebagai Penyair.Khan yang tergabung dalam grup Sec70r Team. Kenapa saya menyebutkan identitas si defacer? Karena saya tahu setiap hacker (dan sejenisnya) ingin dikenal oleh semua orang untuk mendapatkan suatu pengakuan.

Jika sobat MUHRID yang mengunjungi muhrid.com sekitar pukul 13.00-15.00 WITA pada tanggal 5 Maret kemarin, mungkin kalian sempat melihat tampilan muhrid.com berubah. Berikut tampilannya:

MUHRID.com di Deface

MUHRID.com di Deface

MUHRID.com di Deface

Awalnya saya berasa sedih ketika tahu bahwa website saya telah dideface. Kok ada yang tega-teganya mengganggu ketentraman muhrid.com? Padahal selama ini saya tidak pernah melakukan cyber crime pada website apapun di internet. Tapi setelah dipikir-pikir, daripada saya bersedih hati, mending saya ambil hikmahnya seperti yang selalu saya ingatkan di setiap posting kategori Shit Happens. Tidak ingin berlarut dalam kesedihan, saya langsung beraksi memperbaiki muhrid.com yang diobrak-abrik oleh si defacer. Setelah sekitar 30 menitan menganalisis apa saja yang diobrak-abrik. Alhamdulillah akhirnya website muhrid.com sudah pulih dan bisa diakses lagi.

Pelajaran dari si Defacer

Memang suatu pengalaman menyakitkan yang diberikan oleh di defacer, tapi saya coba ambil positifnya saja. Kadang peringatan harus TEGAS agar lebih berkesan bagi pihak yang diberi peringatan. Dan, melalui postingan ini, saya mengucapkan terimakasih lagi (setelah gue beri ucapan terimakasih secara private) kepada sang defacer MUHRID.com, Penyair.Khan karena sudah memberi peringatan yang berkesan ini. Semoga ke depannya saya bisa meningkatkan sistem keamanan website muhrid.com. Meskipun saya tahu no system is safe, tapi tentu ada satu sistem yang lebih aman dari sistem yang lain.

Sekian, semoga bermanfaat :D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+