Cara Mengatur Kontributor WordPress Bisa Mengupload File/Gambar

7 Januari 2017

Halo sobat MUHRID. Pada kesempatan ini saya akan berbagi bagaimana cara agar anggota dengan status “Kontributor” atau “Contributor” bisa mengupload file/gambar pada saat membuat postingan. Seperti kita ketahui bersama, CMS wordpress memiliki fitur yang mendukung untuk membuat website dengan multi-author atau banyak penulis. Role atau peran yang ada meliputi administrator, editor, author (penulis), contributor (kontributor), dan subscriber (pelanggan). Nah, bagi pemilik website (admin) dengan multi-author biasanya memberikan hak akses author (penulis) pada penulis yang baru. Namun sayangnya, jika admin memberikan hak akses author, maka setiap artikel yang ditulis oleh si penulis baru tersebut akan langsung diterbitkan oleh wordpress tanpa harus melalui tahap review dari admin. Hal ini tentu menjadi masalah jika si penulis baru ini anggapannya masih belum memiliki kemampuan menulis yang baik, sehingga dapat mengurangi kualitas maupun kenyamanan pembaca website.

Cara Mengatur Kontributor WordPress Bisa Mengupload File/Gambar

Cara Mengatur Kontributor WordPress Bisa Mengupload File/Gambar

Solusi untuk permasalahan tersebut adalah memberikan hak akses kontributor kepada penulis baru, karena setiap artikel yang ditulis oleh penulis harus mendapat persetujuan terlebih dahulu oleh admin sebelum diterbitkan. Namun sayangnya lagi, wordpress memberikan batas kepada hak akses kontributor yaitu tidak bisa mengupload file/gambar. Inilah permasalahan barunya, dan saya akan memberikan cara agar si penulis dengan hak akses kontributor dapat mengupload file/gambar pada postingannya dan setiap postingan tetap harus melalui tahap review sebelum diterbitkan. Caranya ada 2, yaitu ada cara yang menggunakan plugin dan ada cara yang tanpa menggunakan plugin. Namun, pada artikel ini saya hanya akan berbagi Cara Mengatur Kontributor WordPress Bisa Mengupload File/Gambar tanpa menggunakan plugin.

Jika kalian tidak ingin ribet dan yakin hosting yang kalian gunakan aman saja untuk menggunakan plugin, silakan gunakan plugin User Role Editor.

Cara Mengatur Kontributor WordPress Bisa Mengupload File/Gambar

Cara mengatur agar kontributor bisa mengupload file/gambar tanpa menggunakan plugin adalah sebagai berikut:

1. Buka halaman dashboard website kalian.

2. Buka menu Tampilan, kemudian buka sub menu Penyunting. (Silakan disesuaikan jika dashboard kalian menggunakan bahasa selain bahasa Indonesia).

3. Buka functions.php (Fungsi tema) kemudian tambahkan kode berikut:

function muhrid() {
$role = get_role( 'contributor' );
$role->add_cap( 'upload_files' );
}

register_activation_hook( __FILE__, 'muhrid' );

4. Simpan dan silakan coba membuat postingan menggunakan akun dengan hak akses kontributor. Jika langkah yang kalian lakukan benar, maka akun kontributor sudah bisa mengupload file/gambar pada halaman editor artikel.

Sekian yang bisa saya bagikan. Jika ada kendala/kebingungan, silakan tanyakan via kolom komentar di bawah atau cari kontak saya yang lain pada halaman Kontak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.