Tanya Kenapa #15: Kenapa Pesawat Memiliki Warna Dominan Putih?

3 September 2016

Halo sobat MUHRID. Selamat datang kembali di posting kategori Tanya Kenapa, sebuah kategori yang mencoba untuk menjelaskan kenapa sesuatu bisa terjadi dan menegaskan bahwa sesuatu terjadi karena suatu alasan dan bukan terjadi secara kebetulan. Kali ini kita sudah memasuki Tanya Kenapa yang ke-15 dan pertanyaannya adalah Kenapa Pesawat Memiliki Warna Dominan Putih?

Kenapa Pesawat Memiliki Warna Dominan Putih

Kenapa Pesawat Memiliki Warna Dominan Putih

Mungkin sebagian dari sobat MUHRID juga menyadari bahwa sebagian besar pesawat yang ada di dunia didominasi oleh warna putih? Ya memang ada beberapa pesawat yang memiliki warna lain sebagai ciri khas maskapainya, namun bisa dikatakan bahwa warna dominan pesawat di dunia adalah warna putih. Lalu muncul pertanyaan kenapa bisa? Apakah ada alasan dibalik penggunaan warna dominan putih tersebut? Jawabannya tentu ada. Berikut beberapa alasan kenapa pesawat memiliki warna dominan putih.

Kenapa Pesawat Memiliki Warna Dominan Putih?

Berikut alasan ilmiah kenapa pesawat memiliki warna dominan putih:

1. Warna Putih Memantulkan Panas

Seperti yang kita ketahui bersama, warna putih memiliki sifat memantulkan panas yang lebih baik jika dibandingkan dengan warna lain. Keuntungannya adalah warna putih dapat mencegah panas pada badan pesawat. Ketika kita menggunakan warna lain pada pesawat –warna yang menyerap panas– maka kemungkinan badan pesawat menjadi panas akan semakin cepat.

2. Mempermudah Proses Inspeksi Adanya Penyok atau Retak pada Badan Pesawat

Jelas sekali, ketika ada penyok atau retak pada badan pesawat yang memiliki warna putih akan lebih mudah terlihat dibandingkan dengan pesawat yang memiliki warna non putih. Hal ini dikarenakan warna penyok dan retak akan sangat kontras dengan warna putih.

Selain karena alasan ilmiah, ada juga beberapa alasan non ilmiah kenapa pesawat memiliki warna dominan putih:

1. Biaya yang Mahal

Biaya mengecat pesawat tentu sangat berbeda dengan biaya mengecat pagar, haha, tentunya setiap perusahaan akan berpikir ulang untuk mengeluarkan biaya berlebih untuk setiap pesawatnya.

2. Menurunkan Harga Jual

Logikanya seperti ini, jika Anda ingin membeli sebuah pesawat –mempertimbangkan 2 alasan ilmiah di atas-, apakah Anda ingin membeli pesawat yang memiliki warna dominannya menyerap panas dan sulit untuk menginspeksi adanya retak atau penyok pada badan pesawat?

Nah, itulah 4 alasan kenapa pesawat memiliki warna dominan putih. Apakah ada alasan lain yang bisa kalian tambahkan? Silakan tuliskan di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.