Tanya Kenapa #11: Kenapa MotoGP Menggunakan Ban Gundul?

16 Agustus 2016
2.228 views

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh. Selamat malam :D.

Hai sobat MUHRID. Selamat datang kembali di posting kategori Tanya Kenapa, sebuah kategori yang mencoba untuk menjelaskan kenapa sesuatu bisa terjadi dan menegaskan bahwa sesuatu terjadi karena suatu alasan dan bukan terjadi secara kebetulan. Kali ini kita sudah memasuki Tanya Kenapa yang ke-11 dan pertanyaannya adalah Kenapa MotoGP Menggunakan Ban Gundul?

Kenapa MotoGP Menggunakan Ban Gundul

Kenapa MotoGP Menggunakan Ban Gundul. Foto: pixabay.com – dannymoore1973

Bagi kalian para penggemar MotoGP mungkin pernah bertanya-tanya kenapa motoGP menggunakan ban gundul pada saat race? Apakah sebenarnya ban yang mereka gunakan adalah ban bekas? Kata bekas memiliki kedekatan dengan kata mantan. Dan tiba-tiba kalian baper, haha. Terlepas dari kalian baper atau tidak, saya akan mencoba menjawab pertanyaan Kenapa MotoGP Menggunakan Ban Gundul yang sering menghantui pikiran kalian dengan sedikit ilmiah.

Kenapa MotoGP Menggunakan Ban Gundul?

Setelah menelusuri beberapa literatur, akhirnya saya menemukan jawaban. Alasan dari penggunaan ban gundul pada motoGP adalah untuk meningkatkan trace atau daya cengkeram ban terhadap aspal. Selain itu, kita juga melihat permukaan ban motoGP lebih lebar dari ban motor yang ada di pasaran. Alasannya masih sama, dengan permukaan ban yang lebih lebar, otomatis daya cengkeram ban dengan aspal juga akan semakin besar.

Baca juga: Tanya Kenapa #10: Kenapa Garis Jalan Putus-Putus?

Jika kita berpikir secara sepintas, tentu ada keanehan pada alasan di atas. Jika ban gundul dapat meningkatkan daya cengkeram ban terhadap aspal, kenapa motor sehari-hari kita menggunakan ban yang memiliki alur? Malahan kita diharuskan mengganti ban motor jika ban telah gundul/aus?

Sebentar sob, jangan samakan ban motoGP dengan ban motor kita yang telah gundul. Menurut beberapa referensi, ban yang digunakan pada motoGP adalah ban tipe slick yang memang dirancang khusus agar memiliki daya cengkeram yang tinggi terhadap aspal. Jelas sangat berbeda jika dibandingkan ban motor yang telah aus karena pemakaian. Kalau gundul karena aus mah gundul aja, jangan dibanding-bandingkan dengan ban motoGP 😀

Lalu muncul pertanyaan:

Bagaimana jika ban motor di pasaran diganti menggunakan ban motoGP?

Jawabannya bisa-bisa saja, tapi yang perlu diperhatikan adalah risiko ditanggung penumpang, haha. Meskipun jawabannya bisa, bukan berarti boleh ya sobat MUHRID. Penggunaan tipe ban seperti motoGP memang bagus karena memiliki daya cengkeram yang kuat terhadap aspal. Sayangnya, tipe ban gundul hanya cocok untuk aspal yang kering. Kenapa? Karena pada ban tipe ini tidak memiliki alur layaknya ban motor di pasaran yang berfungsi mengalirkan air ketika jalanan basah. Makanya, ketika cuaca hujan di tengah race, para pengendara motoGP akan mengganti tipe ban mereka untuk menyesuaikan ban yang digunakan dengan kondisi aspal.

Berikut gambar ban tipe slick dan ban tipe hujan:

tipe ban

Tipe ban slick tyre (kiri) dan tipe ban rain tyre (kanan). Foto: wikipedia.org

Oleh karena itu, dengan alasan keamanan dan kenyamanan, motor di pasaran tidak menggunakan ban seperti yang digunakan pada motoGP. Jadi, bagi kalian yang gemar memodifikasi motor, jangan coba-coba mengganti tipe ban standar yang telah diberikan pabrik, apalagi berpikir tidak mengganti ban motor yang telah aus dengan alasan agar memiliki feel layaknya pengendara motoGP ketika mengendara di jalanan. Kan ribet misalnya di tengah-tengah perjalanan terjadi hujan, kita harus mencari bengkel terdekat untuk mengganti ban 😀

Sekian, semoga bermanfaat :D

1 komentar pada artikel "Tanya Kenapa #11: Kenapa MotoGP Menggunakan Ban Gundul?"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+